Breaking News

Intip 7 Peluang Bisnis 2022 yang Lagi Happening!

Bisnis di Indonesia: 5 Sektor Paling Menjanjikan

makaryo.net Pesatnya perkembangan media digital dan sosial telah memfasilitasi munculnya bisnis baru.
Banyak dari perusahaan ini menjual produk yang sudah ada yang laris manis di pasar. Bahkan, konsumen sudah masuk ke ribuan orang dengan perubahan yang signifikan.

Hanya saja, produk yang laris manis tidak membutuhkan banyak uang. Anda juga bisa menjualnya dengan jumlah kecil tetapi mendapat untung besar. Kuncinya adalah bisa memanfaatkan setiap kesempatan yang ada di media sosial sebaik mungkin.

Bisnis sederhana seperti menjual aneka makanan modern bisa menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat. Kalaupun ada, beberapa perusahaan pembuat virus akhirnya kembali. Ketika dipromosikan dengan benar, bisnis tersebut kemungkinan besar akan dihargai untuk waktu yang lama.

Setiap tahun selalu ada peluang bisnis baru yang menarik untuk dicoba. Di tahun ini juga terdapat berbagai peluang bisnis 2022 yang muncul dan layak untuk dikejar. Apa saja peluang bisnis 2022? Simak daftarnya di bawah ini!

Ada beberapa peluang bisnis 2022 yang bisa kamu coba. Berikut penjelasannya, catat, ya!

1. Jual Basreng (Baso Goreng)

Peluang bisnis 2022 yang pertama berasal dari ketegori camilan. Produk yang satu ini adalah bakso goreng atau basreng.

Jajanan yang satu ini memang selalu berhasil memanjakan semua orang. Cita rasanya yang gurih dan pedas cocok untuk teman nonton, belajar, atau sambil bekerja.

Berdasarkan data Google Trends di bulan Februari 2022 lalu, menunjukkan skor kata kunci tersebut 100 (100/100). Angka ini mengindikasikan persentase ketertarikan publik terhadap sebuah topik.

Semakin tinggi angkanya, maka semakin viral produk yang dimaksud. Tercatat, sejak setahun lalu topik pencarian tentang basreng memang selalu meningkat.

2. Bisnis Tanaman Hias

Selama pandemi, usaha tanaman hias memang menunjukkan tren yang positif. Banyak orang membutuhkan hiburan di antara padatnya rutinitas pekerjaan.

Apalagi, selama pandemi kebanyakan dari kita harus duduk berjam-jam di depan monitor untuk bekerja atau belajar.

Hal ini membuat bisnis tanaman hias kian subur. Banyak pecinta tanaman hias dadakan yang menjadikannya sebagai hobi baru.

Harga beberapa jenis tanaman pun naik tinggi! Ditambah lagi, beberapa waktu ke belakang bisnis tanaman hias sedang happening.

Hobi bercocok tanam dan berkebun nampaknya kini sudah menjadi kebiasaan baru masyarakat. Tentunya, tanaman hias menjadi peluang bisnis 2022 yang tetap menjanjikan.

Baca Juga  Menguntungkan!! Bisnis Franchise Kopi Kekinian Paling Laris

3. Menjadi Dropshipper

peluang bisnis 2022

Peluang bisnis 2022 selanjutnya yang bisa kamu coba adalah menjadi dropshipper. Saat memilih usaha ini, kamu tidak perlu memiliki produk sendiri.

Dropshipper adalah perantara antara pembeli dengan pemasok. Artinya, bisnis ini akan menjualkan barang milik pemasok kepada pembeli.

Sistem dropship ini sebenarnya sudah tersedia di beberapa e-commerce. Kamu hanya perlu membuka toko sendiri dan mendaftar sebagai dropship.

Selain mudah dan menguntungkan, usaha dropshipper ini juga tidak kenal tren dan tidak membutuhkan modal sama sekali. Kecuali modal untuk menalangi pesanan pembeli.

4. Jasa Social Media Management (SMM)

Menurut Emplifi, SMM adalah proses menganalisis audiens media sosial dan mengembangkan strategi yang sesuai untuk membuat dan mendistribusikan konten, memantau percakapan, bekerja sama dengan influencer, menyediakan layanan konsumen, serta mengukur kinerja media sosial dan ROI.

Peluang bisnis 2022 ini sangat menjanjikan dan semakin dibutuhkan. Sebab, era digital mendorong banyak perubahan dalam pemanfaatan media sosial untuk promosi. Untuk melakukannya, dibutuhkan analisa yang baik dan kreativitas.

Bisnis SMM adalah bisnis yang mengandalkan keterampilan menggunakan media sosial. Nantinya, kamu akan menjual jasa untuk merencanakan dan membuat konten, mengatur jadwal unggahan, menganalisis hashtag dan performa konten, serta meningkatkan performa media sosial.

5. Bisnis Franchise

Peluang bisnis 2022 berikutnya adalah membuka franchise. Tahukah kamu apa itu?

Menurut Investopedia, franchise adalah usaha yang dijalankan dengan menjual produk atau layanan dengan nama bisnis atau merk milik perusahaan lain. Jadi, kamu akan terdaftar sebagai penjual resmi dari produk suatu perusahaan.

Ada beberapa contoh bisnis franchise yang ramai diburu banyak orang. Beberapa di antaranya, yaitu franchise Teh Poci, Haus!, Kopi Janji Jiwa, Es Teh Indonesia, Chatime, dan masih banyak lagi. Bahkan, Indomaret, KFC, dan McDonald juga termasuk bisnis franchise!

6. Menjual Aneka Gorengan

Gorengan adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Semua kalangan baik tua maupun muda, laki-laki atau perempuan, pasti menyukai kudapan yang satu ini.

Jualan gorengan sebenarnya memang bukan bisnis yang happening. Namun, bisnis ini selalu laris manis dan keuntungannya semakin renyah! Gorengan tak mengenal tren, sehingga sampai di 2022 pun bisnis ini akan sangat diminati

Baca Juga  Simak Informasi Tentang Ekspedisi

Jika bosan dengan gorengan yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba mengkreasikan menu baru. Misalnya, onde-onde isi durian, susu goreng, salad goreng, oreo goreng, es krim goreng, atau donat goreng. Menarik bukan?

7. Jasa Titip

Peluang bisnis 2022 berikutnya adalah jasa titip atau jastip. Ide bisnis ini tampaknya tak pernah sepi peminat, apalagi dalam situasi pandemi ini.

banyak orang yang enggan pergi ke luar rumah sehingga membuka kesempatan yang baik untuk usaha jastip.

Bahkan, data dari Google Trends menunjukkan bahwa topik pencarian jastip tak pernah kurang dari nilai 50. Pada bulan maret 2022, bahkan mencapai angka sempurna, yaitu 100!

Menjalankan usaha jastip bisa dilakukan dengan sangat mudah. Misalnya, bisa menawarkan tetanggamu untuk menitipkan belanjaannya padamu.

Kamu bisa meminta daftar belanjaan dan uangnya. Bahkan, dapat mematok berapa biaya jasa yang kamu harapkan. Untuk skala yang lebih luas, kamu bisa menawarkan jasamu di media sosial.

Tips Memanfaatkan Peluang Bisnis 2022

peluang bisnis 2022

Setelah mengetahui beberapa peluang bisnis 2022 yang bisa dicoba, kamu perlu mengetahui tips memulainya. Berikut tips memulai bisnis yang bisa kamu terapkan, yaitu:

1. Tentukan Masa Depan Usaha

Sebelum mulai berjualan, pastikan kamu ingin menjual produk viral saja atau produk yang dapat bertahan dalam waktu lama.

Jangan sampai kamu mengeluarkan banyak biaya untuk produk yang viral dalam waktu pendek. Sebaliknya, gunakanlah modalmu untuk bisnis yang disukai sepanjang waktu.

2. Perhatikan Pola Pergeseran Permintaan

Melihat peluang bisnis 2022, berarti kamu perlu melihat pergeseran permintaannya. Satu produk yang sama di tahun 2021 bisa saja mengalami modifikasi di tahun 2022 ini.

Misalnya, di tahun 2021 hanya ada satu varian rasa, kemudian di 2022 ada permintaan varian rasa baru.

3. Jangan Takut Menjadi Pembeda

Jika kamu bingung menentukan jenis produk, maka cobalah menjual produk baru hasil inovasimu. Bila dilakukan dengan tepat, kamu bisa menjadi pelopor dan pemimpin pasar dari produk baru.

Bila sudah tahu produk yang ingin dijual, jangan lupa untuk memasarkanmu di media sosial hingga e-commerce. Kamu bisa menjual produkmu di berbagai saluran e-commerce sekaligus dengan fitur SIRCLO Store.

Dengan fitur tersebut, kamu bisa terhubung dengan semua e-commerce besar di Indonesia, terintegrasi dengan beberapa e-commerce sekaligus dalam satu dasbor, mengelola pesanan dalam satu tempat, dan menerima laporan penjualan.

 

Check Also

Mengenal Istilah Resesi, Depresi, dan Krisis Ekonomi

makaryo.net Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan kuartal III tahun ini pertumbuhan ekonomi nasional telah pulih …