Breaking News

8+ Contoh Bisnis Digital yang Meraup Keuntungan

6

makaryo.net Di era digital saat ini, memulai bisnis memiliki tantangan tersendiri. Banyak pengusaha memasuki pemasaran digital untuk menjangkau pasar yang lebih besar,

Jadi bisnis digital seperti apa yang bisa Anda pilih? Sebelum memilih bisnis digital untuk dilakukan, Anda harus mengetahui pengertian, manfaat dan langkah-langkah yang harus dipersiapkan sebelum melakukan bisnis digital.

Apa Itu Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah jenis bisnis yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menciptakan atau memasarkan produk atau jasa. Digital marketing juga dapat meningkatkan pengalaman pelanggannya (user experience). Pada dasarnya, bisnis menggunakan pemasaran digital untuk menciptakan nilai dan minat pelanggan.

Apa yang Perlu Disiapkan untuk Merambah Bisnis Digital?

Untuk memulai bisnis digital, pengusaha setidaknya perlu mengetahui bagaimana memanfaatkan teknologi digital dan proses yang telah dikembangkan. Hal ini agar tidak terjadi error saat dijalankan. Berikut langkah-langkah yang harus disiapkan sebelum memasuki bisnis digital.

1. Belajar Bisnis Digital

Bagi yang baru mengenal digital marketing, tidak ada salahnya untuk mempelajarinya. Kesempatan belajar juga beragam, seperti ikut komunitas bisnis digital terpercaya, UKM Government Services, dan pakar yang sudah paham bisnis digital.

2. Mengenali Opportunity (Peluang)

Pertumbuhan bisnis jenis lain tentunya akan datang dengan banyaknya peluang bisnis yang ada. Anda harus memanfaatkan kesempatan ini.

Mulailah dengan membuat observasi seperti membuat to-do list, lalu atur dengan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu.

3. Melakukan Survei Kebutuhan dan Kemampuan Konsumen

Pemasaran digital juga membutuhkan penelitian. Ini bertujuan untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang saat ini diminati dan untuk mengidentifikasi teknologi yang tersedia bagi pelanggan.

4. Membuat Business Plan

Seperti halnya bisnis pada umumnya, jika tidak memiliki business plan yang baik, maka akan sulit bagi Anda untuk mencapai tujuan dan menjaga keberlangsungan bisnis digital Anda ke depannya.

Baca Juga  Update Link Https Twitter Com Iamhoon365 Status 1484200268879495169 T 2leynvwnft45a tzwfgxjq&s 19

Dengan membuat rencana bisnis, Anda dapat menemukan cara untuk memperoleh produk dan layanan, berbisnis, dan mengatur keuangan bisnis.

5. Mengatur Strategi yang Tepat

Pastikan Anda telah mengambil langkah yang tepat untuk mengelola pasar. Dengan menggunakan metode yang tepat, tujuan bisnis Anda akan tercapai dengan mudah.

6. Mengoptimalkan Teknologi

Pastikan bisnis digital Anda dapat diakses perangkat pintar. Menurut hasil survey, penggunaan smartphone digital saat ini paling marak. Meningkatkan teknologi ini akan membuat bisnis Anda lebih mudah bagi konsumen.

Menjalankan bisnis digital berpeluang besar untuk mendapatkan banyak pemasukan.

Kelebihan Bisnis Digital

Jika Anda masih ragu untuk memulai di dunia bisnis digital, berikut beberapa manfaat bisnis digital yang bisa Anda pertimbangkan, antara lain:

1. Jangkauan Market yang Luas

Dengan terlibat dalam pemasaran digital yang dikelola secara online, pangsa pasar akan meningkat. Tentu saja, Anda tetap bisa berbisnis dimanapun Anda berada.

2. Pilihannya Beragam

Perkembangan teknologi diperkirakan tidak akan berhenti dalam beberapa dekade mendatang. Oleh karena itu, masih banyak inovasi bisnis yang bisa diciptakan sebagai peluang untuk mendapatkan keuntungan. Yang harus Anda lakukan adalah melihat kebutuhan pasar dan menciptakan produk atau layanan yang diinginkan audiens atau pelanggan Anda.

3. Memberikan Kenyamanan kepada Customer

Pemasaran digital dapat menawarkan kemudahan kepada pelanggan ketika mereka tidak dapat membeli barang dari toko offline. Berikan layanan yang baik sehingga mereka akan membeli kembali produk atau layanan yang Anda jual.

4. Menghasilkan Penghasilan Tanpa Batas

Bisnis digital yang Anda jual online memiliki potensi penghasilan tak terbatas. Bisnis Anda akan mendapatkan pelanggan dari seluruh dunia berdasarkan target pasar Anda. Tentunya ekspansi bisnis digital ini akan menghasilkan banyak uang bukan?

Jenis Bisnis Digital

Bisnis digital terbagi menjadi beberapa jenis. Dalam model ini, dapat dikembangkan menjadi bisnis digital secara khusus. Berikut jenis bisnis digital yang bisa Anda jelajahi.

1. E-Commerce

E-commerce adalah jalan satu arah. Artinya tidak ada orang lain yang menjual produk melalui platform tersebut. Korporasi hanya menjual saham mereka sendiri. Amazon adalah contoh bisnis e-commerce yang sukses.

2. Marketplace

Jenis bisnis digital ini sangat populer karena bekerja dengan orang yang berbeda untuk menghasilkan penjualan di platformnya. Model bisnis digital seperti marketplace memiliki pendekatan peer-to-peer atau dua arah.

Baca Juga  Update_an Video Link Bokeh Chrome Pake Angka 2021

Situs belanja yang sering digunakan masyarakat Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, dll.

3. On-demand

Permintaan adalah bentuk bisnis digital yang menawarkan barang virtual untuk dijual dan dapat digunakan oleh pengguna dalam jangka waktu tertentu. Contoh format digital ini adalah Apple TV+, Google Play Movies, Amazon Video, dll.

4. Jenis Bisnis Digital Free

Anda dapat menawarkan produk atau layanan yang dapat Anda gunakan secara gratis. Namun, pendapatan Anda akan berasal dari iklan yang tidak memerlukan promosi dari paket premium. Contoh dari jenis bisnis digital ini adalah Google.

5. Freemium

Freemium merupakan gabungan dari kata free dan premium. Oleh karena itu, perusahaan ini menggabungkan paket gratis tetapi menawarkan paket premium untuk pengguna yang ingin meningkatkan pengalamannya. Umumnya, aplikasi atau produk ini dapat digunakan secara gratis tanpa iklan di sampingnya.

Untuk menghapus iklan dan menambahkan fitur yang tidak ada dalam paket gratis, pelanggan perlu membeli paket premium untuk menikmatinya. Contoh jenis bisnis digital ini adalah Spotify.

6. Sharing Model

Model bisnis berbagi digital adalah layanan yang menawarkan produk yang dapat dihubungkan bersama. Contoh bisnis ini adalah Airbnb atau bisnis persewaan yang bisa dipesan melalui aplikasi.

7. Ecosystem

Jenis bisnis digital ini sangat menguntungkan. Jenis bisnis digital ini menawarkan layanan yang berbeda kepada konsumen dan semuanya dapat terhubung menjadi satu. Akhirnya akan membangun lingkungan yang canggih. Contoh perusahaan yang sudah melakukan bisnis digital ini adalah Tesla, Amazon, Google, Apple, Xiaomi, dll.

8. Experience

Jenis bisnis digital ini adalah tentang menciptakan produk yang akan menghadirkan pengalaman (pengalaman) baru bagi perusahaan yang tidak memasukkan unsur teknis (teknologi) sebagai bagian dari pengalaman penggunanya.

Tesla adalah salah satu perusahaan yang menerapkan model bisnis digital ini. 9.

9. Subscription (Langganan)

Perusahaan-perusahaan ini menawarkan biaya berlangganan. Ini semua tentang menikmati semua konten yang disajikan dalam fitur tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Contoh dari perusahaan ini adalah Netflix dan Microsoft.

10. Open Source

Bagi developer dan yang paham teknologi, isu ini bisa didengarkan. Perusahaan ini menyediakan barang dan material secara gratis, bahkan di komunitas yang dibangun secara gratis. Modal perusahaan berasal dari sponsor, royalti dan kemitraan. Contoh perusahaan yang mengimplementasikan layanan ini adalah Linux dan Firefox.

 

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …