Breaking News

5 Contoh Usaha Kecil-kecilan Mulai dari Rumah

makaryo.net Memulai bisnis kecil harus bergantung pada tujuan dan keinginan Anda untuk memulai bisnis Anda sendiri. Konon, peluang usaha kecil ini cukup menjanjikan. Bahkan bagi yang sudah memiliki pekerjaan dan ingin menambah penghasilan, bisa mencoba membuka usaha kecil-kecilan ini. Berikut beberapa contoh usaha kecil yang bisa Anda coba untuk memulai dan tentunya contoh usaha kecil ini menjanjikan keuntungan yang besar.

1. Bisnis Dropshipper atau Reseller

Contoh bisnis kecil pertama yang bisa Anda coba adalah menjadi tukang ledeng atau grosir. Kedua jenis bisnis ini berbeda satu sama lain. Dropshipper adalah bisnis online di mana Anda bertindak sebagai agen penjualan untuk pembeli. Jadi bisa dibilang cairan ini tidak ada produknya, hanya berperan sebagai agen untuk mendapatkan produk dari supplier atau distributornya.

Sedangkan penjual adalah agen atau pelaku yang menjual produk yang dibeli dari pemasok atau distributor. Jadi bisa dibilang reseller adalah seseorang yang menjual produk dari supplier atau distributor produk tersebut. Perbedaan Dropship dan Reseller hanya bisa dilihat dari produknya saja. Dropshipper tidak memiliki inventaris produk yang dijualnya, sedangkan reseller memiliki daftar produk yang dijualnya.

Oleh karena itu, keduanya merupakan contoh usaha kecil yang menjanjikan. Modal yang Anda miliki tergantung dari jenis usaha yang ingin Anda coba. Namun yang jelas, kunci sukses dalam bisnis jualan ini tergantung dari bagaimana Anda mempromosikan produk tersebut. Karena sebagian besar bisnis dropship dan reseller ini dilakukan secara online dan melalui jalur penjualan.

2. Usaha Thrift Shop atau Jual Pakaian Bekas

Diambil secara rutin, ternyata baju bekas juga bisa menghasilkan banyak uang. Sedangkan jual beli pakaian bekas merupakan bisnis yang sangat menggiurkan bagi usaha kecil. Contoh usaha kecil-kecilan ini benar-benar dibuat oleh mereka yang antusias dan ingin terlibat. Ada juga generasi milenial yang mulai tertarik dengan produk yang dijual di pasar vintage. Karena itu, toko barang bekas, istilah yang digunakan untuk menjual pakaian bekas, mulai bermunculan di mana-mana.

Sebuah toko ritel dikatakan sebagai contoh bisnis rumahan kecil yang menjanjikan. Hanya dengan kearifan Anda dalam memilih pakaian bekas, lalu mencucinya dan memasangnya secara online di channel-channel yang mendukung pasar tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan banyak keuntungan. Harga yang Anda beli pertama kali dan harga setelah dicuci akan sangat berbeda. Bahkan, Anda bisa membeli baju bekas yang Anda dapatkan dengan harga tiga kali lipat.

Baca Juga  Hukum Bisnis Dropship Dalam Pandangan Islam

Oleh karena itu, usaha kecil toko retail atau penjualan pakaian bekas ini menjadi sesuatu yang tumbuh bak jamur di dunia bisnis. Tidak sedikit orang yang berhasil meraup untung besar dengan menjual pakaian orang lain. Contoh usaha kecil ini bisa dimulai di rumah sendiri, tidak perlu biaya banyak untuk menyewa rumah, usaha kecil ini tetap bisa dijalankan dari kamar sendiri.

3. Laundry Kiloan

Contoh usaha kecil selanjutnya adalah Kilo Laundry Services. Tidak dapat dipungkiri bahwa mencuci pakaian adalah pekerjaan yang sangat menuntut. Kebanyakan orang sibuk dan memiliki banyak pekerjaan kantor, yang menjadikan mencuci pakaian sebagai penyelamat hidup. Oleh karena itu, mereka yang memiliki waktu lebih dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membuka usaha kecil-kecilan.

Modal buka jasa laundry kiloan tidak ribet. Dengan modal sekitar 7jt anda sudah bisa membuka usaha laundry kiloan dari rumah anda. Modal ini digunakan untuk membeli peralatan kamar mandi dan membayar gaji staf untuk mendukung usaha Anda. Dengan modal yang tidak besar, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Kebutuhan tenaga laundry atau mahasiswa sangat tinggi. Jadi manfaatkan kesempatan itu dan ciptakan lapangan kerja untuk orang lain.

4. Bisnis Kuliner Homemade

Bisnis kuliner masih memiliki daya tarik tersendiri di dunia bisnis. Saat ini, hanya sedikit orang yang memulai bisnis di dunia makanan. Bagi Anda yang memiliki keahlian memasak profesional, jangan ragu untuk memulai bisnis katering rumahan sendiri. Menjual dapur Anda sendiri adalah contoh bisnis kecil yang menjanjikan. Jika menurut Anda makanan yang Anda siapkan enak, coba ubah menjadi peluang bisnis. Ada banyak layanan memasak rumahan yang tersedia sekarang. Bahkan, bisnis ini sedang menjadi tren yang mulai tumbuh bak jamur. Misalnya seperti jualan puding, sambal, sop buah, pempek, dan bisa juga jualan makanan berat seperti nasi ayam geprek, dll. Anda dapat menemukan keuntungan besar dengan bisnis kecil ini. Contoh usaha makanan kecil-kecilan ini juga tidak perlu menyewa tempat, hanya perlu modal untuk jualan makanan atau minuman yang enak.

Baca Juga  Simak 5 Peluang Usaha Pariwisata yang Bakal Diburu Wisatawan Menurut Riset

5. Kreasi Mahar, Hantaran, dan Souvenir Nikah

Mempersiapkan pernikahan bukanlah tugas yang mudah. Apalagi saat ini banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk merencanakan pernikahan. Dengan persiapan aplikasi dan penerimaan, banyak hal, dari yang kecil hingga yang besar, telah diselesaikan. Salah satu hal kecil yang harus dipersiapkan adalah hantaran, bingkisan dan souvenir pernikahan. Hal-hal kecil itulah yang terkadang tidak bisa dilakukan sendiri oleh calon pengantin. Oleh karena itu, munculnya contoh usaha kecil berupa jasa dekorasi pengiriman uang atau souvenir pernikahan. Bagi yang kreatif dan rajin, usaha kecil-kecilan ini bisa Anda coba. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar dan tidak perlu menyewa tempat usaha. Kamar yang sempurna atau bahkan rumah sebagai tempat kerja.

Contoh usaha kecil di bidang jasa kosmetik untuk delivery, payment dan souvenir adalah sistem lama yang akhir-akhir ini mulai dikenal kembali melalui media sosial. Sebelumnya, layanan pesan antar ini hanya tersedia di beberapa tempat di Jakarta, termasuk Pasar Cikini. Namun seiring berjalannya waktu, banyak orang yang memanfaatkan peluang bisnis online ini. Oleh karena itu, Anda dapat menemukan layanan pengiriman online untuk layanan perhiasan, hadiah finansial, dan souvenir pernikahan. Mereka diberi harga dan diberikan dan tidak mahal. Jadi, Anda dapat menggunakan media sosial Anda untuk mempromosikan dekorasi layanan pengiriman, hadiah uang tunai, dan souvenir pernikahan.

Kunci sukses dalam bisnis kecil ini adalah kepercayaan diri. Memulai dari yang kecil bisa menjadi hal yang besar bagi hidup Anda. Selain itu, ketika Anda memulai bisnis kecil ini, Anda harus meneliti dan mengevaluasi setiap bisnis kecil di atas. Periksa dengan cermat dan sesuaikan dengan kemampuan dan keinginan Anda.

Bagi yang ingin memulai usaha seperti contoh usaha kecil di atas namun terkendala dana yang tidak sedikit, tidak perlu bingung lagi. Saat ini CIMB Niaga KTA atau pinjaman tanpa agunan tersedia dalam program CIMB Niaga Xtra Fund untuk pinjaman KPR yang memiliki berbagai keuntungan. Manfaat pinjaman yang ditawarkan oleh CIMB Niaga dapat Anda gunakan sebagai cara untuk memulai bisnis. Jika Anda tertarik, klik KTA untuk informasi lebih lanjut.

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …