Breaking News

5 Cara Efektif untuk Memulai Bisnis Online Shop

Cara Mengelola Bisnis Online Agar Panen Cuan

makaryo.net Sekarang, memulai toko online seringkali membutuhkan pedagang kaki lima.

Bahkan, banyak orang percaya bahwa pemasaran online lebih efektif daripada penjualan fisik. Karena menjual produk secara online dapat menekan pengeluaran dibandingkan dengan menyewa ruang retail.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk berjualan secara online, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Ini adalah cara yang efektif untuk memulai bisnis toko online Anda

1. Perhatikan Produk Apa yang Akan Dijual 

Ingatlah bahwa banyak risiko yang bisa muncul saat menjual produk secara online, terutama saat proses pengiriman.

Ingatlah bahwa Anda perlu memutuskan apakah produk yang Anda jual akan dalam kondisi baik saat sampai ke tangan pembeli. Anda juga perlu mengetahui operator mana yang tepat untuk produk Anda.

Misalnya, jika Anda menjual pakaian, idealnya menggunakan jasa kurir dengan pengiriman dua hari. Namun berbeda jika Anda menjual makanan yang mudah rusak.

Anda perlu mencari kurir yang bisa mengantarkan makanan Anda dengan cepat dalam beberapa jam, agar saat sampai ke pembeli, nilai gizi dan tampilan makanan tidak rusak dan Anda tetap bisa menikmatinya.

Sekarang ini memulai bisnis online shop lebih banyak diminati oleh para pebisnis jalan sekarang.

Hal ini dikarenakan banyak yang merasa jualan dengan sistem online lebih efektif dibandingkan dengan jualan secara konvensional.

Karena dengan menjual barang secara online dapat menghemat pengeluaran dibandingkan dengan menyewa sebuah tempat untuk berjualan.

Namun sebelum kamu memutuskan berjualan secara online, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Berikut adalah cara efektif untuk memulai bisnis online shop kamu


 

1. Perhatikan Produk Apa yang Akan Dijual

Ingatlah terdapat beberapa resiko yang akan terjadi ketika kamu berjualan barang secara online, terutama dalam proses pengiriman.

Ingat kamu harus mempertimbangkan apakah barang yang kamu jual akan aman ketika sampai ke tangan pembeli.

kamu pun harus mengetahui kurir mana yang cocok dengan produk kamu.

Misalkan saja kamu menjual baju, menggunakan jasa kurir dengan pengiriman selama dua hari tentu saja akan aman.

Baca Juga  Inspirasi Usaha Kopi Unik

Namun berbeda halnya  ketika kamu menjual makanan yang memang tidak tahan lama.

kamu harus mencari kurir yang dapat mengantar makanan kamu secara cepat dalam waktu beberapa jam, agar ketika sampai ke tangan pembeli rasa dan bentuk makanan tidak rusak dan masih dapat dinikmati.


2. Tentukan Platform Penjualan Bisnis Online Shop

Anda perlu memutuskan platform mana yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda.

Dengan cara ini Anda dapat membuat strategi yang tepat untuk produk Anda. Jangan menjual diri Anda pada platform yang tidak tepat untuk pembeli Anda. Dan pastikan platform tersebut dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan Anda. Misalnya, jika Anda menjual barang elektronik yang harganya jutaan rupiah, Anda bisa memilih platform yang sudah menawarkan sistem pembelian pulsa.

3. Foto Produk Secara Menarik

Karena Anda menjual produk Anda secara online, Anda perlu membuat foto produk Anda semenarik mungkin. Hal ini dilakukan untuk menarik pembeli. Sebelum membuat foto produk, Anda bisa mereview foto produk yang menurut Anda cocok untuk menarik pembeli.

Tidak ada salahnya mengikuti ide foto ini, namun ingat bahwa Anda perlu menyertakan foto tersebut dalam produk Anda.

4. Berikan Promosi Berupa Reward

Siapa pun yang tidak menyukai pengurangan harga atau promosi, beli satu, dapatkan satu gratis.

Dengan cara ini tentunya akan menarik pembeli, tapi setidaknya mereka akan melihat produk Anda, mengenal brand Anda. Ada orang yang tidak bisa menahan diri ketika melihat atau mendengar tentang diskon.

5. Perhatikan Kualitas Produk

Berjualan online artinya pembeli hanya bisa menemukan produk Anda melalui foto dan informasi produk yang Anda berikan. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kepercayaan pelanggan dengan memperhatikan kualitas produk yang Anda jual. Ingatlah bahwa menarik pelanggan tidak hanya melalui platform Anda, tetapi juga dari mulut ke mulut.

Ketika produk yang Anda tawarkan bagus dan tidak mengecewakan pelanggan, maka pelanggan Anda memiliki kesempatan untuk memberitahu rekannya untuk membeli produk yang Anda jual. Juga ketika barang yang sampai di tangan pembeli tidak baik.

Karenanya, nama merek Anda bisa rusak dan bisa merugikan Anda. Nah berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat memutuskan untuk membuka toko online yang kini sedang populer di kalangan pengusaha.

Siap Memulai Bisnis Online? Eits, Jawab dulu 4 Pertanyaan Ini

1. Apakah produk kamu memiliki market sendiri?

Sebelum Anda menjual produk, Anda perlu tahu kepada siapa Anda menjual produk Anda. Nyatanya, banyak perusahaan internet melewati proses ini. Akibatnya, mereka akhirnya menyadari bahwa bisnis mereka tidak menguntungkan.

Baca Juga  Simak Inspirasi Usaha Kreatif di Era Digital tanpa Memerlukan Biaya Besar!

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki pasar untuk menjual produk Anda. Ingat, bangun merek Anda agar produknya dapat dikenali.

Untuk memulainya, Anda tidak membutuhkan pasar yang besar. Selama sekelompok orang puas dengan produk yang dijual, itu pertanda baik.

2. Kepada siapa kamu akan menjual produk dan bagaimana membangun brand?

Ini adalah pertanyaan selanjutnya yang harus Anda jawab sebelum membuat toko online.

Anda harus ingat bahwa Anda tidak akan berhasil dalam bisnis tanpa mengetahui siapa audiens Anda. Mengapa? Dengan mengetahui kepada siapa produk Anda akan ditawarkan, Anda dapat lebih fokus pada memuaskan pelanggan, dan mempertahankan pelanggan setia Anda. Selain itu, Anda juga akan lebih fokus pada bagaimana menerapkan strategi pemasaran yang efektif yang dapat menjangkau pelanggan Anda. Dengan cara ini, Anda akan bisa mendapatkan banyak penjualan.

3. Apakah produk yang dijual secara konsisten nantinya memiliki arti? 

Setiap hari Anda duduk, menggambar, mewarnai, dan mengemas bantal yang sudah jadi. Anda masih menyadari bahwa Anda masih bekerja berulang kali.

Masalah yang tidak Anda sadari adalah sepertinya Anda baru belajar melukis sejak membuka toko online. Aku merasa kamu tidak tumbuh dewasa.

Tentu saja, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara membangun brand awareness dengan membuka booth di berbagai pameran, Anda dapat mempelajari strategi pemasaran, dan lainnya. Dengan mempelajari ini, Anda harus bisa menciptakan produk yang sangat Anda sukai, meski harus melakukannya terus menerus dalam waktu yang lama. Atau, Anda juga bisa mempekerjakan orang lain untuk membuat bantal, misalnya saat Anda melakukan marketing plan.

4. Apakah kamu siap belajar bagaimana memasarkan produk secara online?

Sekalipun produk Anda sangat bagus, tetapi tidak ada yang tahu tentang produk Anda, bagaimana bisnis ini akan berjalan?

Ini adalah tujuan pemasaran dan kesuksesan bisnis. Jika Anda tidak tahu cara menjual produk, Anda harus mempelajarinya.

Tentu saja, tidak semua pencapaian perdagangan dapat dilakukan secara gratis. Ketika bisnis Anda sudah berjalan selama 2 tahun dan Anda membutuhkan dana lebih untuk mengembangkan bisnis Anda, cobalah mengajukan pinjaman usaha melalui KoinBisnis dari KoinWorks.

Dengan KoinBisnis, Anda bisa mendapatkan pinjaman usaha mulai dari Rp5 juta hingga Rp2 miliar, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan. Selain itu, jika ingin membayar tagihan dengan cepat, tidak ada aturan atau biaya tambahan, lho.

KoinWorks sendiri, sebagai pemodal bisnis, merupakan alat keuangan yang hebat yang dapat menjadi solusi untuk perbankan pribadi dan pengembangan bisnis.

 

 

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …