Breaking News

10 Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula

 

makaryo.net Kesuksesan adalah keinginan semua orang. Salah satu cara yang dilakukan banyak orang adalah dengan memulai bisnis. Ide menjadi pengusaha sudah menjadi tren di segala kalangan, terutama di kalangan anak muda. Sehingga saat ini banyak orang yang berhasil menjadi pengusaha di usia muda. Hal ini tidak mengherankan, karena banyak orang yang mulai merasa lelah dan lelah hanya dengan menjadi seorang karyawan, sehingga ide memulai bisnis menjadi pilihan mereka.

Memulai bisnis yang sukses tidak selalu mudah, membutuhkan banyak keterampilan dan teknik untuk menjadi sukses. Bahkan ada teori yang mengatakan bahwa tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Tapi jujur ​​saja, siapapun bisa menjadi pengusaha jika mau belajar dan bekerja keras. Scott Gerber adalah pengusaha, penulis, dan investor muda Amerika. Berikut 10 tips memulai bisnis sukses untuk pemula menurut Scott Gerber.

1. Fokus pada satu peluang bisnis

Seiring dengan berkembangnya dunia maya, saat ini apapun bisa menjadi peluang bisnis. Dengan banyaknya peluang yang tersedia, Anda mungkin bingung untuk memilih peluang pengembangan yang mana. Sebaliknya, banyak orang mencoba menciptakan banyak peluang pada saat yang bersamaan

. Atau apakah itu benar? Tidak ada yang benar atau salah, karena semuanya bergantung pada kemampuan masing-masing orang, namun akan lebih baik jika fokus pada satu kesempatan. Dengan fokus pada satu peluang, maka semua pemikiran dan ide Anda untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah. Ini akan memudahkan Anda untuk menerapkan semua ide ini. Menjalankan bisnis itu sulit, apalagi jika jumlahnya banyak, bukan?

2. Lakukan hal yang kamu sukai

Dalam segala hal, jika kita mencintai apa yang kita lakukan, maka kita akan melakukannya dengan sepenuh hati. Bukan karena paksaan sehingga bisa meningkat. Jika Anda melakukan semua pekerjaan dengan sepenuh hati, maka akan membuahkan hasil yang maksimal, karena itu banyak pekerjaan yang tidak normal sekarang.

Namun bagi yang ingin berwirausaha, jangan memulai bisnis hanya karena melihat keuntungan besar, daya tarik, atau karena disuruh orang. Seringkali hal yang benar untuk dilakukan saat memulai bisnis didasarkan pada kesenangan. Jika hobi Anda adalah fotografi, Anda bisa mulai menjual aksesoris kamera. Dengan cara ini hobi Anda terpuaskan dan impian membuka usaha menjadi kenyataan.

Baca Juga  2 Contoh Bisnis Plan Sederhana Untuk Mahasiswa

3. Kuasai segalanya tentang bisnis kamu

Saat memulai bisnis, pengusaha tidak berani menginvestasikan uangnya di dalamnya. Namun kesempatan ini bisa datang kapan saja, jadi Anda harus pandai dalam segala hal tentang perusahaan tempat Anda bekerja dan selalu siap untuk menjelaskannya sejelas mungkin. Ini agar Anda dapat menipu investor untuk percaya bahwa mereka menginvestasikan uangnya di tangan yang baik, yaitu Anda yang mengetahui bisnis ini dengan baik.

4. Selalu mau belajar dari orang lain

Masing masing punya kelebihan dan kekurangan. Tidak ada yang tahu segalanya, jadi sangat penting untuk terbuka terhadap ide atau pendapat lain. Dengan menjangkau orang lain seperti mentor, teman atau orang sukses lainnya, Anda bisa belajar dari apa yang telah mereka lakukan. Pilih mentor, teman, atau calon mentor yang sukses, sambil mendiskusikan langkah-langkah yang akan diambil untuk sukses. Lebih baik mendengarkan daripada berbicara.

5. Hiduplah dengan sederhana

Lupakan semua pesona menjadi pengusaha. Mobil bagus, restoran bagus, rumah besar, atau apapun yang menunjukkan kemewahan. Hiduplah dalam pola pikir bahwa Anda adalah startup yang membutuhkan uang untuk sukses. Dengan cara ini, Anda akan menikmati proses yang sukses dan semua yang Anda impikan akan terjadi pada waktu yang tepat.

6. Belajar dari kegagalan

Tidak ada yang pasti di dunia ini. Begitu juga dengan dunia bisnis. Ada 2 pilihan dalam hidup yang menentukan kesuksesan kita, yaitu maju atau tetap tenang. Jika Anda ingin maju, Anda juga harus siap menghadapi kegagalan. Karena semua yang kamu rencanakan tidak selalu berjalan seperti yang kamu inginkan. Justru kegagalanlah yang harus mengajari Anda dan mempersiapkan Anda menjadi orang yang sukses nantinya. Ketika gagal, jangan menyerah, berusaha keras untuk belajar dari pengalaman. Kegagalan adalah guru terbaik!

7. Tunjukkan bahwa konsep bisnis kamu yang terbaik

Pastikan tidak ada investor yang mau berinvestasi dalam bisnis Anda karena mereka tidak mengetahui prinsip ide bisnis Anda. Jadi, buktikan bahwa ide bisnis ini akan sangat menguntungkan bagi investor. Lengkapi ide bisnis Anda dengan sejumlah kecil uang untuk memberikan kesaksian kepada investor. Ketika Anda membuktikan bahwa ide Anda adalah yang terbaik, percayalah bahwa investor akan menginginkan Anda.

Baca Juga  4 Keuntungan Menggunakan Fitur COD Tokopedia yang Penting Diketahui

8. Jagalah kesehatan

Untuk menjadi sukses, Anda harus bekerja keras, tetapi jangan lupa bahwa menjaga kesehatan juga merupakan tanggung jawab Anda. Dengan menjaga kesehatan, percayalah, semua yang Anda lakukan akan lebih produktif. Rencanakan makanan Anda, berolahraga secara teratur, dan luangkan waktu untuk istirahat setelah bekerja. Bayangkan jika Anda sakit, tidak ada yang dapat Anda lakukan dengan baik. Kesehatan memberdayakan Anda untuk berbuat lebih baik. Sebisa mungkin seimbangkan pekerjaan dan jaga kesehatan.

9. Buktikan dengan tindakan, bukan dengan kata-kata

Hati-hati dengan apa yang kamu katakan. Katakan apa yang kamu bisa, jangan terlalu banyak bicara tapi kamu tidak bisa berbuat apa-apa. Tunjukkan apa yang bisa Anda lakukan dengan tindakan, bukan kata-kata, karena saat Anda melakukan sesuatu, orang akan bisa menilai pekerjaan Anda dengan lebih baik. Kurangi bicara, lakukan lebih banyak, bukan?

10. Tahu kapan harus berhenti berusaha

Seorang kapten yang bijaksana tidak mengemudikan kapalnya. Kata itu menjelaskan bahwa orang bijak adalah orang yang tahu kapan harus mencoba dan kapan harus berhenti. Berhenti tidak selalu merupakan bentuk berhenti, terkadang ada hal-hal yang membuat Anda berhenti atau Anda menjadi lebih buruk.

Sama halnya dengan memulai bisnis. Terkadang bisnis yang kita mulai tidak membawa kesuksesan bagi Anda, tetapi memperburuk keadaan Anda. Ketika situasi ini muncul, Anda perlu tahu kapan harus berhenti. Pengetahuan dan kesadaran situasional akan membantu Anda menghindari kesulitan. Nah berikut ini adalah 10 tips bagi mereka yang ingin sukses memulai bisnis

. Jangan takut untuk memulai walaupun anda baru pemula, teruslah belajar dan coba keberuntungan anda. Tidak ada yang tidak mungkin selama kamu bermimpi dan mau berusaha. Jalani semua yang kamu mau dan selalu berikan yang terbaik karena percayalah proses tidak akan mengecewakan. Selamat mencoba dan semangat!

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …