Breaking News

Terbaru Simak strategi bertahan bagi UKM hadapi krisis akibat Covid-19

 Terbaru Simak strategi bertahan bagi UKM hadapi krisis akibat Covid-19

makaryo.net Terbaru Simak strategi bertahan bagi UKM hadapi krisis akibat Covid-19. Pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap keberlangsungan usaha kecil dan menengah (UKM). Menurut hasil survei, bahkan 96% UKM mengaku pernah merasakan dampak negatif Covid-19 terhadap proses bisnis mereka. Bahkan 75% di antaranya mengalami penurunan penjualan yang signifikan.

Selain itu, 51% UKM percaya bahwa bisnis mereka kemungkinan hanya akan bertahan satu bulan hingga tiga bulan ke depan. Sebanyak 67% UKM tidak yakin akan akses ke pendanaan darurat, dan 75% UKM percaya bahwa mereka tidak memahami bagaimana mengembangkan kebijakan selama krisis. Pada saat yang sama, hanya 13% UKM yang percaya bahwa mereka memiliki rencana manajemen krisis dan telah menemukan solusi untuk mempertahankan bisnis mereka. Di sisi pemerintah, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah telah membuka hotline 1500 587 untuk usaha kecil dan menengah yang terkena dampak pandemi Covid-19 mulai pertengahan Maret hingga pengaduan. Pendataan ini nantinya akan menjadi acuan bagi pemerintah dalam menyusun rencana prediksi dampak Covid-19, antara lain usulan untuk mendorong daya beli UMKM dan koperasi, penataan program belanja di kios-kios lingkungan untuk merangsang ekonomi lokal. pinjaman berbunga termasuk kartu pekerjaan awal untuk program sektor mikro, bantuan tunai langsung, insentif pajak untuk UKM. Pemerintah berharap program tersebut dapat membantu koperasi dan usaha kecil dan menengah mengatasi pandemi.
Di sisi lain, pemilik bisnis juga perlu menggunakan otak mereka untuk memastikan bisnis mereka tetap sehat secara finansial dan mampu melewati masa-masa sulit ini. Beberapa waktu lalu, Denny Simano, pendiri DSC.ID, membagikan pengetahuannya tentang solusi bagi UKM untuk tetap bertahan di masa sulit ini dalam webinar Jurnal Masterclass dengan topik “Strategi Manajemen Keuangan Bisnis” selama krisis.
Dalam webinar yang menampilkan pemilik UKM dan pelaku keuangan ini, Danny menjelaskan tiga strategi yang harus digunakan UKM untuk mengatasi krisis ini, antara lain:

Baca Juga  Usaha Yang Naik dan Turun Selama Pandemi Covid19

Perbaiki kualitas produk dan layanan

Masa krisis ini adalah waktu yang tepat bagi pemilik UKM untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan mereka dan menghentikan sementara strategi untuk menyediakan produk atau layanan yang menjadi basis bisnis mereka. Seringkali, perusahaan tidak menyadari perbedaan antara peningkatan produk dan pengembangan produk. Pada dasarnya, produk adalah barang atau jasa yang dijual dalam bisnis. Penawaran merupakan cara suatu badan usaha untuk memasarkan suatu produk. Oleh karena itu, pelaku usaha perlu membedakan antara produk dan produk dari sudut pandang konsumen.

“Strategi penyampaian produk bukan tentang mempromosikan keunggulan produk itu sendiri, tetapi tentang membuat konten iklan yang menarik perhatian, minat, keinginan, dan tindakan,” kata Denny dalam keterangan tertulis, Sabtu, 4 November. Selain itu, UKM perlu meningkatkan strategi untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dengan tim. Penggunaan teknologi yang tersedia saat ini dan alat khusus dapat menjadi cara bagi anggota bisnis untuk memprioritaskan pekerjaan, memantau, dan mengevaluasi pekerjaan yang dilakukan selama periode waktu tertentu.

Manfaatkan teknologi dengan optimal

Pelaku usaha juga disarankan untuk mengotomatisasi proses bisnisnya. Pada dasarnya, ada tiga jenis bahan bakar utama untuk menjalankan bisnis, yaitu waktu, tenaga, dan uang. Sebagian besar pengusaha memiliki uang tetapi tidak memiliki waktu dan energi karena dihabiskan untuk entri manual dan metode tradisional. Hal ini seringkali menghambat perkembangan bisnis. Oleh karena itu, unit bisnis perlu memperbaiki proses bisnisnya, seperti mengubah pencatatan manual menggunakan software akuntansi online, mengubah proses penggajian karyawan yang sebelumnya manual menjadi sistem penggajian otomatis, atau menggunakan software untuk mengubah sistem pembayaran pajak tradisional.

Baca Juga  Tips Baru 9 Peluang Usaha Rumahan di Desa, Ada Budidaya hingga Jasa

Misalnya, pelaku usaha dalam pemasaran juga dapat memanfaatkan teknologi secara optimal melalui pemasaran digital dan media sosial. Dalam hal penjualan, UKM juga bisa mendapatkan keuntungan dari layanan pengiriman online yang sekarang populer.

 Terbaru Simak strategi bertahan bagi UKM hadapi krisis akibat Covid-19

Persiapkan bisnis untuk lebih berkembang

Pengusaha juga harus menggunakan waktu ini untuk meningkatkan keterampilan mereka untuk pengembangan bisnis lebih lanjut. Misalnya, menggunakan pemasaran digital atau keahlian dalam mengembangkan platform e-commerce Anda sendiri. Dengan cara ini, operasi bisnis dapat berjalan lebih cepat dari sebelumnya ketika perusahaan beroperasi secara normal.
Denny menilai krisis yang terjadi saat ini tidak sedramatis krisis keuangan 2008 yang menyebabkan daya beli masyarakat turun tajam. Saat ini, lebih karena krisis kesehatan, masyarakat hanya bisa membatasi daya beli, bukan kemampuan membeli. Jika kesehatan penduduk dunia pulih dan pulih, ada kemungkinan perekonomian akan kembali normal dan daya beli kembali meningkat. “Ibarat kapal diterpa badai, kita tidak berlayar, kita tidak berlabuh, kita hanya membiarkan kapal itu mengikuti arus. Bukan berarti diam, ini tentang mempersiapkan usaha dan tim. Oleh karena itu, ketika ada keadaan darurat, kami siap bertindak dan dapat mempercepatnya jika itu normal. Kuncinya jangan diam di saat krisis,” kata Danny. Jadi, sebagai pengusaha UKM, Anda tidak perlu khawatir. Pastikan bisnis Anda tetap beroperasi dan bertahan dalam situasi pandemi saat ini. Strategi pengelolaan bisnis ini merupakan bagian dari gerakan #UKMTahanKrisis untuk mendorong para pelaku usaha agar dapat bertahan dari tantangan ekonomi akibat pandemi ini.
Diharapkan bahwa pendidikan dalam manajemen keuangan dan otomatisasi akan membantu pelaku bisnis membuat keputusan bisnis yang strategis dan berbasis data, serta secara hati-hati menjaga manajemen keuangan bisnis yang tepat.

Check Also

Simak Kuliner Yang Cocok Untuk Usaha

Simak Kuliner Yang Cocok Untuk Usaha

makaryo.net–Simak Kuliner Yang Cocok Untuk Usaha. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, toko roti online …