Breaking News

Simak Setrum Motor Listrik Bikin Cuan. Siapa Untung?

Simak Setrum Motor Listrik Bikin Cuan. Siapa Untung

makaryo.net Simak Setrum Motor Listrik Bikin Cuan. Siapa Untung?. Baru -baru ini, Komisaris PT PT Lostamina, Mr. Basuki Tjahaja Purnama, yang akrab, diprediksi bahwa akan ada ancaman nyata untuk penggantian sebagai pemasok bahan bakar untuk dua roda dan minyak roda empat. Ahok berkata: Saya yakin tidak hingga lima tahun, stasiun layanan akan tenang karena banyak orang akan menggunakan motor listrik. Meskipun sebagian besar operasi stasiun layanan diisi oleh dua kendaraan roda. Saya belum berbicara langsung dengan Tuan Ahok tentang ini. Tetapi menurut saya, prediksinya sangat masuk akal. Bagaimana? Kami sedikit bersama dalam artikel ini.

Benarkah motor listrik akan menjadi masa depan industri transportasi di Indonesia dalam waktu dekat? Dan apa kelebihan dan kekurangannya? Siapa pemain utama? Dan apa strategi komersial Anda untuk mengganggu industri sepeda motor konvensional? Melalui artikel ini saya akan menjelaskan.

Motor Listrik vs Motor Bensin

Pada 2017, penjualan rata -rata dua kendaraan roda per tahun adalah enam kali lebih dari empat roda. Kita akan melihat sendiri bagaimana sepeda motor yang mendominasi atau menjadi raja jalanan. Sekarang bicarakan tentang motor listrik apa keuntungannya dibandingkan dengan mesin biasa yang menggunakan bahan bakar bensin. Setidaknya ada empat keuntungan dari motor listrik.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

Berikut ini adalah keuntungan dan kerugian dari motor listrik yang dapat kita ringkas.

1. Konferensi Lingkungan

Jelas karena mengurangi emisi CO2 yang dilepaskan oleh sepeda motor yang diberi gas.

2. Di sisi biaya

Biaya beban baterai motor listrik juga lebih murah daripada biaya bahan bakar. Sebagai ilustrasi untuk memuat dua kWh ke baterai lengkap, lima jam diperlukan dengan laju listrik dasar sekitar Rp 1.444. Oleh karena itu, begitu konten totalitas hanya membutuhkan 2889 Rupiah, uang dapat digunakan untuk jarak 60 km. Nah, jika kita membandingkannya dengan bahan bakar bensin, harga bensin Ron 90 per liter sudah Rp 7.650. Tidak mungkin 60 km. Jadi saya sudah membayangkan perbandingannya.

3. Penggunaan suku cadang

Penggunaan suku cadang dalam motor listrik jauh lebih rendah dari mesin bensin. Tidak perlu mengganti oli mesin, oli transmisi atau pelumas lainnya. Layanan yang diperlukan hanya menggantikan lapisan rem atau cairan rem.

4. Ini tidak berisik

Akhirnya, motor listrik tidak berisik. Suara mesin kecil dan halus jauh dibandingkan dengan sepeda motor bensin.

Meskipun, di sisi lain, masih ada sejumlah hal yang menurut konsumen membeli motor listrik. Mesin listrik menggunakan energi baterai yang hanya dapat menyimpan energi selama beberapa jam. Jadi, jika Anda ingin bepergian jauh, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan jarak dan energi baterai. Ini melintasi kekurangan berikutnya, yang tetap kurang mudahnya mengisi ulang untuk baterai.

Faktanya, pemerintah saat ini bekerja sama dengan perusahaan besar untuk membangun stasiun beban atau penggantian baterai di beberapa wilayah Indonesia. Tetapi peningkatannya masih sangat kecil, terutama bagi mereka yang tidak tinggal di kota tentu lebih sulit untuk mendapatkan stasiun pengisian baterai ini. Satu hal lagi yang dianggap konsumen bahwa kondisi Indonesia rentan terhadap banjir.

Pada dasarnya, motor listrik dapat dan aman digunakan selama musim hujan karena pabrikan telah membuat komponen atau bagian dari motor listrik yang tahan air, tetapi belum disarankan bahwa pengguna motor listrik melebihi banjir seperti perilaku umum dari Pengendara sepeda motor di Indonesia saat ini.

Kecepatan motor listrik juga lebih lambat dari mesin konvensional, karena tenaga mesin hanya menyiratkan peningkatan listrik baterai. Oleh karena itu, tidak bisa secepat mesin konvensional. Jadi, bagi Anda yang suka mempercepat jalan, faktor ini bisa membuat Anda sedikit ragu untuk membeli motor listrik.
Selain itu, seperti yang umumnya produk baru, saat ini harga operasional motor listrik tetap relatif mahal.

Tidak ada banyak suku cadang yang tersedia. Perusahaan belum melakukan peningkatan infrastruktur besar -besaran karena mempertimbangkan bahwa penggunaan kendaraan listrik tetap kecil. Sementara, sebaliknya, pengemudi juga ragu untuk membeli mobil listrik atau motor listrik karena infrastrukturnya masih terasa tidak memadai. Oleh karena itu, ini adalah kontroversi khas untuk adopsi inovasi yang sering kita temukan di dunia bisnis. Itulah yang pertama -tama kita harus untuk ayam atau telur pertama.

Baca Juga  Simak Pentingnya Laporan Stok Barang

Setrum Pemerintah di Motor Listrik

Segera kami berharap harga motor listrik lebih terjangkau saat pengguna meningkat. Selain itu, pemerintah saat ini tanpa henti mendorong pengembangan kendaraan bermotor listrik di negara ini. Presiden Jokowi juga bertekad bahwa Indonesia dapat secara aktif berpartisipasi dalam rantai pasokan global. Yaitu, sebagai penyedia bahan baku utama untuk baterai mobil listrik atau motor listrik.

Kementerian Data BUMN menunjukkan bahwa Indonesia memiliki reservasi nikel, yang merupakan bahan baku utama untuk baterai mobil listrik terbesar di dunia, yaitu 21 juta ton. Presiden Jokowi mengeluarkan peraturan presiden nomor 55 tahun 2019 sehubungan dengan percepatan industri kendaraan bermotor dengan listrik berbasis listrik.

Perpressa ini, antara lain, membahas insentif fiskal dan non -fiskal dari pemerintah pusat dan daerah kepada para aktor industri. Ini juga menyediakan infrastruktur beban listrik. Setelah proses tersebut, pada tahun 2020 beberapa kementerian terkait, seperti industri, transportasi dan energi dan sumber daya mineral, telah mengeluarkan peraturan menteri untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik dalam kegiatan transportasi.

Direktur Umum Transportasi Darat, Buda Setiadi, mendorong skema pembelian kendaraan tanpa baterai, yaitu, dengan konsep pertukaran baterai atau pertukaran baterai. Saat ini, ada beberapa perusahaan yang terlibat di lapangan, termasuk PT Energi, yang selalu baru dan PT Swap Energi Indonesia. Jadi bayangkan di masa depan jika sepeda motor listrik Anda tahu Lowbat di tengah jalan, tidak perlu khawatir. Pergi saja ke pasar mini terdekat yang menyediakan slot baterai dan kemudian ganti baterai kosong dengan baterai yang sepenuhnya dimuat. Hingga tahun 2025, pemerintah bertujuan memproduksi hingga 600.000 mobil listrik dan 2,45 juta unit untuk motor listrik.

Persaingan Motor Listrik

Di Indonesia, produksi kendaraan listrik telah dimulai tahun ini. Untuk kendaraan listrik, manufaktur industri PT Wika atau WIMA memproduksi Gesit, motor listrik pertama di Indonesia. Wadah sepeda motor listrik Gesit telah diekspor ke Senegal. Kami juga bangga bahwa produk otomotif Indonesia dapat dipasarkan di luar negeri.

Pemain lain adalah pembuatan motor listrik Gogoro Taiwan, yang pertama kali memperkenalkan sistem baterai yang telah digunakan oleh Gojak dan merupakan mitra untuk menyediakan pasokan baterai. Mitra taksi sepeda motor online mengatakan bahwa daya tarik motor listrik lunak dan bahwa biaya operasi yang dikeluarkan untuk kendaraan juga menurun sekitar 30% per bulan. Cukup signifikan juga.

Sekarang ada salah satu motor listrik terbaru yang disebut Volta. Yang keuntungannya telah menerapkan sistem penggantian baterai, juga dikenal sebagai sistem penggantian baterai atau SGB dalam produknya. Baterai dijual dalam paket dengan sepeda motor atau ketika bermotor memiliki baterai di sana. Semua produk kendaraan listrik yang diproduksi atau ada di Indonesia saat ini cukup beragam dan bersaing satu sama lain.

Secara umum, apa yang membedakan antara produk adalah sistem pertukaran baterai dan tegangan baterai yang dimiliki sampai kecepatan yang dapat dilalui berbeda, disesuaikan dengan spesifikasi dan harga masing -masing merek. Proses beban atau beban juga berbeda untuk setiap merek. Motor listrik rata -rata menunda antara empat dan delapan jam.

Beberapa merek juga memberikan biaya cepat yang memakan waktu cukup setengah jam untuk setiap pengisian. Dan pengisian dapat dilakukan di rumah dengan ukuran tegangan yang benar. Atau juga dapat dilakukan di SPPRU, yang meluas di beberapa daerah di Indonesia, terutama di daerah perkotaan. Selain keraguan beberapa lingkaran, respons pasar Indonesia yang terkait dengan motor listrik adalah positif.

Volta yang Optimis

Sekarang mari kita lihat industri motor listrik dari sudut pandang pelakunya. Saya yakin Anda bisa belajar banyak darinya. Beberapa waktu yang lalu saya berbicara dengan pendiri dan direktur PT Volta Indonesia Semeta, Mr. Wilty Awan. Dia adalah seorang profesional yang telah memantapkan dirinya dalam karier di sebuah perusahaan otomotif, tetapi kemudian lulus dari Universitas Teknik Mesin Tarumanegara berani menyimpang dan memelopori bisnisnya sendiri.

Memilih seorang pengusaha yang tentu saja penuh dengan ketidakpastian, PT Volta Indonesia Semesta mulai membuka pabrik kendaraan listrik pertama di East Terboyo Industrial Estate, Semarang, Java Central pada Oktober 2017. Dan karena pada saat itu tidak ada regulasi presiden, TI, TI pada Oktober 2017. Belum diterbitkan, Volta dimulai ketika memproduksi sepeda listrik yang dipasarkan pada Februari 2018 sambil memelopori uji sepeda motor listriknya.

Ketika peraturan presiden akhirnya dikeluarkan pada Agustus 2019, Volta berhenti memproduksi sepeda listrik dan hanya berfokus pada memproduksi motor listrik. Volta 401 adalah motor listrik pertama yang dibuat oleh Volta dan dipamerkan di IIMS Motobike Hybrid Show 2020 di desa Yakarta Moto. Model Volta 401 dilengkapi dengan dinamo 1500 watt dengan jarak 60 km dalam satu beban. Dinamo ada dua baterai, sehingga mereka dapat membawa sepeda motor untuk menjelajahi hingga 120 km. Ini adalah keuntungan Volta, selain sistem penggantian baterai.

Baca Juga  Michael Bambang Hartono, Boss Djarum Foundation

Bayangkan, kenakan motor listrik dan baterai akan habis, tidak mungkin pulang untuk memeras atau bepergian di rumah orang lain. Dengan sistem penggantian baterai Volta ini, baru saja tiba di stasiun pertukaran baterai terdekat dan kemudian menukar baterai yang sudah rendah dengan baterai baru. Dan perjalanan Anda bisa berlanjut. Pada awal 2021, Volta menawarkan unit uji sepeda motor listriknya kepada perusahaan logistik Sicepat. Dan pada bulan April 2021, secepat grup MCS membentuk perusahaan baru yang disebut PT Sinegi, selalu baru atau ISB, yang kemudian bergabung dengan Volta.

Perkembangan Volta Indonesia

Pada bulan November 2021, Volta membangun pabrik khusus untuk sepeda motor listrik di perkawinan Industri Kuil Semarang. Yang menghasilkan dua motor listrik roda dan tiga roda. Sangat menarik, ada simbiosis mutualisme atau kepentingan strategis dari pertemuan 2. Perusahaan logistik Sicepat dengan puluhan ribu pengendara memiliki kebutuhan motorik yang hebat, sambil perlu mengurangi biaya operasi.

Sementara, di sisi lain, Volta memiliki produk energi yang efisien yang ingin dipasarkan. Synergy juga menyajikan konsep komersial baru di sektor energi di mana mereka mengembangkan bisnis stasiun baterai atau SGB. Stasiun SGB ini akan dibangun di titik penjualan secepat tersebar di kota -kota besar. Ada sekitar 100 tahun SGB di Soaptabek yang dapat digunakan. Oleh karena itu, pemilik motor listrik tidak perlu khawatir kehabisan baterai di tengah jalan.

Stasiun SGB ini tidak hanya untuk sepeda motor volta, tetapi juga produk lain atau sepeda motor lain yang kompatibel dapat menggunakannya. Ini menjadikan bisnis sumber baru yang sangat menjanjikan bagi Volta. Saat ini ada 10.000 unit sepeda motor volta yang beredar sebagai paket transportasi armada Sicepat. Kami membayangkan bahwa 10.000 unit sepeda motor yang melewati jalanan, memasuki rumah. Itu pasti akan menjadi promosi untuk setiap produk Volta.

Untuk memanfaatkan peluang ini, model penjualan Volta yang awalnya masih merupakan bisnis bagi perusahaan akan ditambahkan dengan B2C atau bisnis konsumen pada tahun 2022. Wilty optimis bahwa dalam dua atau tiga tahun ke depan, Volta dapat menjadi pemimpin pemimpin dari Pasar di ceruk motor listrik. Dengan sistem penggantian baterai yang dimiliki oleh Volta, terutama jika dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan, harga motor listrik Volta cukup kompetitif.

Kemudian optimisme Wilty beralasan, karena pada saat yang sama pertumbuhan motor listrik dianggap eksponensial. Sementara perusahaan Jepang mungkin tidak akan memasuki motor listrik. Kemudian, kompetisi terjadi dengan pemain baru, yaitu Gesit, Volta, Gogoro dan merek lain yang sama -sama baru. Sementara para pemain besar belum masuk, pertama -tama kita dapat pindah untuk mendominasi pasar, kata Wilty.

Simak Setrum Motor Listrik Bikin Cuan. Siapa Untung

Penutup

Dalam jangka panjang, kendaraan listrik akan lebih efisien secara ekonomi dan lebih ekologis. Dengan dukungan dan difasilitasi oleh pemerintah, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi produsen kendaraan listrik. Dan dari seorang pengusaha seperti Mr. Wilty, kami belajar cara membaca dengan cermat pengembangan industri di mana ia berpartisipasi. Dia adalah seorang visioner yang berpikir beberapa langkah ke depan. Sehingga dapat dimasukkan dalam mesin pertama atau pemain awal di pasar motor listrik yang masih baru dan par.

Volta juga dengan cepat menangkap peluang untuk kolaborasi dengan mitra strategis Sicepat. Dan bersama -sama mereka berinvestasi di stasiun konstruksi untuk sistem penggantian baterai. Strategi yang sangat menarik karena membuat motor listrik Volta selangkah lebih maju dari merek lain yang tidak memiliki stasiun serupa. Belajarlah dari sejarah Mr. Wilty dan gunung berapi -nya, mari kita berefleksi saat mereka membaca peluang di industri saat ini. Seberapa berani Anda beralih dari zona nyaman Anda untuk mengambil kesempatan itu? Berapa banyak yang dapat menenun sinergi untuk membuat lompatan bagi pelanggan Anda.

Selalu ada risiko menjadi pelopor, tentu saja, serta berisiko membungkam dan menunggu. Untuk memastikan bahwa mahakarya tidak lahir dari evaluasi komparatif. Masterpiece lahir dari sebuah visi, dibentuk oleh keberanian, dibuat oleh pertarungan. Apa yang bisa dilakukan oleh banyak orang, bahkan membuat pot. Oke, mereka tidak memahaminya. Yang penting adalah kita menyadari bahwa hidup hanya sekali, apa yang kita inginkan? Inovatif atau sutradara?

Check Also

Simak Kuliner Yang Cocok Untuk Usaha

Simak Kuliner Yang Cocok Untuk Usaha

makaryo.net–Simak Kuliner Yang Cocok Untuk Usaha. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, toko roti online …