Breaking News

Simak Contoh Ampuh Melamar Kerja Online agar Mudah Diterima

Simak Contoh Ampuh Melamar Kerja Online agar Mudah Diterima

makaryo.netSimak Contoh Ampuh Melamar Kerja Online agar Mudah Diterima. Saat ini, ketika Anda sedang mencari pekerjaan, Anda tidak perlu keluar rumah dalam cuaca yang panas dan lembap untuk pergi ke kantor perusahaan tempat calon karyawan ingin melamar. Cari pekerjaan online dari pekerjaan rumah dari waktu ke waktu. Tetapi bahkan secara online, pencari kerja perlu mengetahui isi lamaran pekerjaan mereka agar perusahaan tertarik untuk merekrut. Berikut beberapa contoh lamaran kerja online yang mudah diterima oleh pemberi kerja.Beberapa Contoh Melamar Kerja Online

1. Menyiapkan semua dokumen untuk melamar kerja

Sebelum Anda melamar pekerjaan secara online, pastikan Anda memiliki semua dokumen yang Anda perlukan untuk melamar pekerjaan. Setiap perusahaan biasanya memiliki persyaratan yang berbeda untuk dokumen yang dikenakan biaya tergantung pada posisi/jabatan yang dipegang. Namun, Anda tetap perlu mempersiapkan semua dokumen agar Anda siap untuk mengumpulkan dokumen-dokumen yang diperlukan saat Anda membutuhkannya. Dokumen yang perlu Anda siapkan antara lain:

Ada banyak contoh format surat lamaran di Internet. Anda dapat mencoba salah satu dari ini dan membuat Ms.Word Anda sendiri dan kemudian mengonversinya ke PDF jika diperlukan. Contoh lamaran kerja online beserta surat lamaran ini harus dalam bahasa resmi dan harus diketik atau ditulis tangan. Dokumen wajib yang harus disertakan saat melamar pekerjaan adalah CV/CV. Dokumen ini berisi data diri lengkap Anda berupa nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, golongan darah (opsional), riwayat pendidikan lengkap (pendidikan terakhir SD), pengalaman kerja. Ijazah hasil scan biasanya dikirim sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan. Misalnya perusahaan mewajibkan calon lulusan minimal D3, maka contoh lamaran kerja online cukup mengirimkan scan copy ijazah minimal D3. Seperti ijazah, salinan nilai yang dipindai juga disesuaikan dengan persyaratan yang dikeluarkan oleh perusahaan. Misalnya, jika Anda membutuhkan cetakan D3, kirimkan cetakan D3. Dokumen ini adalah contoh dokumen lamaran kerja online yang menunjukkan siapa pelamar sebenarnya. KTP berupa KTP yang digunakan sebagai dokumen wajib saat melamar pekerjaan secara online. Gambar yang dipindai juga harus disiapkan sesuai dengan persyaratan perusahaan. Pas foto yang dibutuhkan oleh masing-masing perusahaan biasanya memiliki persyaratan yang berbeda-beda, ada yang membutuhkan background biru/merah dan ada juga yang membutuhkan pas foto ukuran 3×4/4×6. Penting bahwa foto Anda formal dalam pakaian dan pose.

  • Scan sertifikat sesuai posisi/jabatan yang dilamar

Anda juga harus menyiapkan sertifikat yang Anda miliki sebagai dokumentasi tambahan keahlian Anda di bidang tertentu atau magang di perusahaan tertentu, kompetisi yang telah Anda ikuti sebagai penguat untuk diterima di perusahaan yang Anda lamar.

Baca Juga  Simak Lagi Tips Memulai Usaha Toko Kelontong

2. Menyiapkan alamat email yang formal

Saat melamar pekerjaan, pastikan Anda memiliki alamat email resmi. Misalnya, melamar pekerjaan secara online dengan alamat email resmi akan menarik minat perusahaan untuk menghubungi Anda untuk berpartisipasi dalam proses perekrutan. Gunakan alamat email yang baik dan jangan kaget. Anda dapat menggunakan nama lengkap Anda sebagai alamat email Anda. Jangan gunakan nama atau nama samaran yang unik, karena ini sebenarnya dapat menurunkan profil Anda di depan departemen SDM perusahaan Anda. Lebih buruk lagi, HRD tidak akan meminta Anda untuk berpartisipasi dalam proses perekrutan hanya karena alamat email Anda terlihat tidak profesional dan sepertinya Anda hanya bersenang-senang.

3. Membuat surat lamaran kerja

Surat pengantar pasti berbeda dari perusahaan ke perusahaan. Contoh saat melamar pekerjaan secara online adalah dengan mempersiapkan surat lamaran kerja Anda dengan cermat agar tidak terjadi kesalahan pada nama perusahaan atau posisi yang Anda lamar. Nama bisnis yang salah adalah kesalahan fatal dan menghalangi Anda untuk meminta pilihan berikutnya.
Saat membuat surat lamaran, gunakan format yang sama tetapi bidang yang berbeda seperti nama perusahaan, alamat perusahaan, tanggal pengiriman, jabatan, dll. Oleh karena itu, saat mengirim surat lamaran ke beberapa perusahaan, berhati-hatilah agar tidak melakukan kesalahan fatal.

4. Menggabungkan semua dokumen pendukung ke dalam 1 folder

HRD perusahaan lebih memilih untuk menerima lamaran pekerjaan yang hanya mengirimkan 1 lampiran tetapi berisi beberapa dokumen sekaligus. Gabungkan beberapa dokumen pendukung dalam satu folder dengan kapasitas maksimal 25 MB.

5. Membuat lamaran kerja yang benar

Contoh selanjutnya cara melamar pekerjaan secara online adalah dengan mengirimkan lamaran kerja yang benar. Masukkan nama alamat email perusahaan Anda dengan hati-hati, salinan penerima (jika ada), subjek email, isi email, dan lampiran. Ketika Anda sedang mencari pekerjaan, lakukanlah dengan benar dan jangan biarkan siapa pun melakukan kesalahan.
Ketelitian diperlukan saat melamar pekerjaan. Karena bahkan surat yang lebih sedikit tidak akan memberi tahu perusahaan yang ingin Anda lamar. Jadi silahkan baca lowongan yang didapat dengan seksama. Anda dapat mengisi konten email yang sama dengan surat lamaran dalam bahasa resmi.
Subjek email wajib diisi. Anda dapat memasukkan nama lengkap dan jabatan Anda di baris subjek email Anda. HRD Perusahaan tidak akan memberi tahu subjek email kosong. Juga, jangan lupa untuk menambahkan dokumen pendukung di bagian lampiran.

Baca Juga  Simak Ini!! Inspirasi Bisnis Masa Depan yang Cocok untuk Anak Muda

6. Waktu pengiriman lamaran kerja

Simak Contoh Ampuh Melamar Kerja Online agar Mudah Diterima

Adalah etis untuk mengirim lamaran kerja ke perusahaan secara online agar Anda dapat diundang untuk wawancara dengan perusahaan tersebut. Contoh cara melamar kerja secara online, Anda harus mengirimkan lamaran kerja sesuai jam kerja perusahaan (mulai pukul 08.00/09.00 s/d 12.00). 08.00/09.00-12.00 adalah waktu yang berlaku untuk pengiriman lamaran kerja.
Selama ini, HRD biasanya aktif mengecek dokumen lamaran kerja di email perusahaan. Namun yang perlu Anda ingat adalah memastikan bahwa lowongan yang Anda lamar masih terbuka untuk mengurangi penolakan dokumen lamaran kerja Anda oleh departemen HR perusahaan tersebut.

7. Menuliskan alamat email perusahaan dengan benar

Contoh cara melamar pekerjaan secara online, periksa kembali alamat email perusahaan yang Anda lamar sebelum mengirimkan lamaran kerja Anda. Jika Anda tidak menulis surat ke alamat email perusahaan yang Anda maksud, dokumen lamaran kerja Anda akan gagal dan tidak akan diterima. Periksa kembali dengan hati-hati membaca alamat email perusahaan di posting pekerjaan.

8. Mengecek semua isi email dan dokumen-dokumen pendukungnya

Selain memeriksa alamat email perusahaan, contoh nyata cara melamar pekerjaan secara online adalah Anda juga harus memeriksa seluruh isi email dan dokumen yang dilampirkan sebelum Anda benar-benar mengirimkannya. Pasalnya, HRD akan dengan cermat membaca semua yang Anda tulis di lamaran kerja Anda. Oleh karena itu, HRD tidak akan melakukan kesalahan sedikitpun. HRD membutuhkan kandidat yang teliti.

Check Also

Simak Kuliner Yang Cocok Untuk Usaha

Simak Kuliner Yang Cocok Untuk Usaha

makaryo.net–Simak Kuliner Yang Cocok Untuk Usaha. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, toko roti online …