Breaking News

Yuk Simak KIta Bedah Bisnis Rumah Makan Padang

Yuk Simak KIta Bedah Bisnis Rumah Makan Padang
makaryo.netYuk Simak KIta Bedah Bisnis Rumah Makan Padang. Restoran di Padang sering dapat ditemukan di berbagai sudut kota, masakan kabao minang, khususnya rendang, merupakan hidangan favorit orang Indonesia. Menikmati rendang membuatnya terkenal di luar negeri dan masuk dalam kategori makanan terenak di dunia. Maka tak heran jika banyak pengusaha memutuskan untuk membuka restoran padang belakangan ini. Peminatnya banyak sehingga makanan Padang dijual di berbagai daerah di Indonesia. Tertarik membuka usaha dapur padang? Mari kita lihat kunci sukses di bawah ini.

Rahasia sukses bisnis rumah makan Padang

Tidak ada salahnya berbisnis tanpa hanya makan nasi padang. Prospek bisnis dapur padang ini cukup menjanjikan bagi mereka yang mengikuti kunci sukses yang akan kita bahas di bawah ini.

1. Pilih Lokasi Strategi

Pastikan lokasi berada di daerah padat penduduk, jangan buka di tempat yang jauh dari pemukiman. Hal ini mempengaruhi tingkat penjualan komersial, biasanya pedagang makanan padang selalu ada di sepanjang jalan, terlihat jelas oleh banyak pengemudi. Makanan Padang sering menjadi pilihan pengemudi untuk mengisi perut yang lapar di siang hari. Pasang spanduk atau baliho dengan tulisan “Rome Makan Padang” atau “Kasian Padang” agar orang bisa melihat bisnis Anda dengan jelas. Catatan, masih banyak perusahaan masakan padang yang tidak kasat mata karena masih meremehkan pemasangan spanduk.

2. Pilihan Menu Masakan

Menu masakan Padang yang bervariasi lebih disukai pelanggan, karena mereka biasanya memilih lauk makanan lebih dari satu.

Pada umumnya lauk masakan nasi padang terdiri dari:

  • Rendang
  • Aneka ayam
  • Aneka gulai
  • Udang balado
  • Sambal hijau
  • Daun singkong,
  •  Aneka telur
  •  Kuah santan, dan lainnya.

Masakan padang disajikan dengan nasi hangat yang dilengkapi minuman teh hangat, jadi pastikan menu tersebut tersedia di rumah makan Padang Juragan.

3. Siapkan Peralatan Bisnis

Peralatan untuk membuka bisnis masakan Padang cukup banyak, pastikan modal bisnis cukup untuk membeli peralatan tersebut.

Peralatan bisnis yang diperlukan diantaranya:

  • Alat makan (piring, sendok, garpu)
  • Gelas
  • Mangkuk stainless
  • Etalase kayu
  • Kompor
  • Freezer
  • Meja dan kursi makan
  • Bak stainless, dan lainnya
Baca Juga  Simak Ide Usaha untuk Pensiunan

Semua peralatan tersebut adalah ciri khas rumah makan Padang, jadi pastikan modal Juragan cukup untuk membeli peralatan.

Jangan lupa untuk membuat perlengkapan usaha seperti meja kasir agar pembayaran pelanggan lebih tersusun rapi.

4. Riset Harga Pasar

Seperti diketahui, harga masakan Padang berbeda-beda di setiap daerah. Harga jual ditentukan oleh tempat penjualan, bahan baku dan tempat penyewaan. Masakan Padang sering dijual dengan harga murah karena tergolong kelas menengah, dan ada juga tempat yang menjualnya dengan harga tinggi karena ditujukan untuk kalangan menengah. Bahan baku masakan Padang juga mempengaruhi harga jual. Hal ini dikarenakan harga bahan baku yang berbeda-beda di setiap daerah, sehingga semakin rendah harga maka semakin rendah pula harga masakan Padang. Mirip dengan ruang sewa, kamar yang lebih besar biasanya menyewa lebih dari kamar yang lebih kecil. Pastikan harga jual tidak merugikan pekerjaan pemilik dan hitung semuanya sesuai dengan ketiganya.

5. Mencari Langganan Bahan Baku

Rasa masakan Padang menentukan tingkat penjualan, sehingga juragan harus berlangganan bahan atau bertanya langsung ke produsennya. Hal ini memudahkan untuk membuat banyak menu makanan. Untuk menemukan langganan produk, Anda dapat melakukan survei terlebih dahulu dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Pastikan harga bahannya bersaing dan berkualitas tinggi agar bisa menghasilkan cita rasa masakan Padang yang lezat.

6. Konsisten dalam Berjualan

Salah satu keberhasilan dalam membangun bisnis adalah konsistensi baik dalam rasa, kuantitas makanan maupun pelayanan. Bayangkan bahwa makanan pitcher hanya enak di awal promosi, tetapi datang ke sini tidak begitu bagus. Apa yang pelanggan katakan? Mereka mungkin juga kabur dan membeli makanan Padang di tempat lain. Jangan mengecewakan pelanggan Anda, lebih baik menaikkan harga 1000 atau 2000 daripada mengurangi porsi makan. Pelayanan prima juga menjadi nilai tambah. Pastikan staf pemimpin dilatih untuk memberikan layanan ala restoran Padang.

7. Perhatikan Kebersihan Tempat

Kebersihan tempat merupakan nilai plus dalam berbisnis, dan kapten sering menemukan restoran Padang kotor atau tidak terawat. Pastikan ruang makan bebas dari debu, ganggang, serangga, bahkan tikus yang suka merusak makanan. Hal ini akan membuat pelanggan tidak nyaman, jadi perhatikan kebersihan lingkungan sekitar.

Omset Rumah Makan Padang

Seperti disebutkan di atas, harga masakan Padang berbeda. Kini saatnya menganalisis rangkuman aktivitas rumah makan Padang yang selama ini menggelitik. Umumnya harga makanan Padang termurah mulai dari Rp 10.000 dan biasanya sudah termasuk lauk pauk. Pada harga tertinggi (biasanya Rp 30.000), harga ini biasanya terdapat di ibu kota Jakarta. Jika nakhoda menjual 20.000 rupiah per makan dan mendatangkan 50 pengunjung per hari, pendapatan hariannya adalah 1 juta rupiah. Pendapatan bulanan kapten bisa mencapai Rs 30 juta yang dipotong dari total biaya operasional yang sangat tinggi. Jika juragan telah melewati payback period (biasanya sekitar 3 bulan), penjualan bulanan bisa mencapai Rp 3 juta hingga Rp 5 juta. Tapi itu semua tergantung jumlah pelanggan, jumlah karyawan dan biaya pembuatan makanan Padang.

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Masakan Padang

Yuk Simak KIta Bedah Bisnis Rumah Makan Padang

Dalam dunia bisnis, di mana pendapatan tidak pasti, ada pro dan kontra. Setiap pedagang tidak bisa menghindarinya, pasalnya kapten harus mengambil risiko yang juga ingin dia hindari. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis rumah makan Padang:

Keuntungan:

  1. Hampir seluruh warga Indonesia menyukai masakan Padang, artinya bisnis Juragan akan selalu dicari dan dijadikan tempat berlabuh untuk mengisi perut yang lapar.
  2. Masakan Padang yang memiliki rasa enak, bisa menjadi langganan para pelanggan, pasalnya mereka sudah menemukan kecocokan rasa sehingga akan terus membelinya di tempat Juragan.
  3. Bahan baku mudah dicari, Juragan nggak perlu membeli bahan baku impor untuk dicampurkan ke bahan makanan, di Indonesia sendiri bahan baku mudah didapatkan entah itu di pasar atau di tempat produsennya langsung.
  4. Porsi yang besar menjadi salah satu andalan mengapa masakan Padang digandrungi oleh orang-orang yang suka makan banyak, sehingga seringkali orang tersebut memilih masakan Padang agar cepat kenyang.
Baca Juga  Cara Memulai Usaha Percetakan Sablon Kaos Untuk Pemula

Kerugian:

  1. Masakan Padang rata-rata menggunakan bahan baku santan dan berlemak, sedangkan banyak orang yang menghindarinya karena dapat membuat penyakit mereka kambuh.
  2. Penghasilan perbulan yang nggak menentu, maka nggak jarang banyak bisnis rumah makanan Padang yang tutup karena strategi yang salah, misalnya karena lokasi yang sepi atau riset harga yang salah.
  3. Koki yang berganti akan mempengaruhi citra rasa masakan, sehingga rasa menjadi nggak konsisten.
Inilah kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda sadari saat menjalankan bisnis memasak di Padang. Segera unduh aplikasi Bukuwarang agar bisnis Anda lebih hemat! BukuWarung dapat memajukan bisnis kapten dengan fitur-fitur menarik. Dengan sistem akuntansi digital ini, kapten dapat secara otomatis menemukan laporan keuangan harian mereka. Selain itu, Bukuwarung memiliki fungsi penjualan pulsa, elektrik dan pengisian e-wallet untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pelanggan Captain. apa yang kamu tunggu? Download sekarang aplikasi BukuWarung!

Check Also

Guide to Creating a Business Plan With Template

To turn your business plan real, you’ll require a business plan. These templates for business plans …