Breaking News

Yuk Kita Mengenal Model Bisnis Subscription

Yuk Kita Mengenal Model Bisnis Subscription
makaryo.netYuk Kita Mengenal Model Bisnis Subscription. Model bisnis berlangganan atau berlangganan saat ini sedang tumbuh dan mulai populer di Indonesia. Padahal, metode berlangganan atau berlangganan merupakan salah satu metode pemasaran yang sudah ada. Namun, dengan perkembangan teknologi dan digital saat ini, perusahaan berlangganan cenderung menghasilkan pendapatan lebih cepat. Apakah Anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan perusahaan berlangganan? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan semuanya, mulai dari manfaat bisnis yang mudah dipahami hingga kasus bisnis berbasis langganan agar lebih mudah dipahami. Ayo, lihat!

Pahami model bisnis berlangganan

Model bisnis berlangganan adalah bisnis yang menyediakan pelanggan dengan bisnis berlangganan. Ketika publik berlangganan layanan, itu Manfaatkan keuntungan yang ditentukan oleh perusahaan Anda. Untuk berlangganan dan menikmati layanan ini, Anda harus membayar biaya. Sederhananya, beberapa merek menawarkan layanan gratis, tetapi dengan fungsionalitas terbatas. Pelanggan yang menginginkan akses ke semua fitur harus membayar biaya berlangganan tertentu. Fitur berlangganan ini biasanya ditargetkan pada audiens target dan merupakan layanan premium yang diperlukan. Saat membangun model bisnis berlangganan ini, Anda perlu membangun kepercayaan dan loyalitas agar masyarakat umum mau berlangganan. Rahasianya adalah menghadirkan produk atau layanan yang benar-benar dapat menyelesaikan kebutuhan audiens target Anda. Perusahaan akan mendapat manfaat dari audiens yang lebih besar yang berlangganan.

Fokus dalam Model Bisnis Subscription

Bisnis subscription punya fokus bisnis yang agak berbeda dari jenis bisnis pada umumnya. Beberapa fokus penting dalam model bisnis subscription yaitu value, predictability dan customer relationship. Mari kita bahas faktor tersebut satu per satu.

Value

Nilai suatu produk atau layanan merupakan tujuan penting ketika mengembangkan model bisnis berlangganan. Bisnis perlu memikirkan bagaimana layanan atau produk menambah nilai signifikan bagi audiens target. Tanpa nilai yang signifikan, masyarakat tidak akan mau mengeluarkan sejumlah uang tertentu untuk berlangganan suatu layanan atau produk.

Predictability

Prediktabilitas terkait dengan perkiraan bisnis. Pada faktor kedua ini, perusahaan perlu melakukan riset untuk dapat memprediksi apa yang diminta pasar atas jasa mereka. Karena tanpa tinjauan bisnis yang tepat, produk dan layanan tidak akan berfungsi dan tidak berkembang di tempat. Di sisi lain, perusahaan lain terus memberikan layanan yang lebih baik. Tentunya hal ini akan menjadi ancaman bagi perusahaan yang tidak dapat memprediksi tren dan kebutuhan calon pelanggannya.

Customer Relationship

Ya, seperti yang disebutkan sebelumnya, bagian terpenting dari model bisnis berlangganan adalah pelanggan. Perusahaan harus fokus pada target pelanggan mereka untuk memberikan solusi layanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan mereka. Jika Anda tertarik untuk menguji model bisnis ini, cari tahu dulu siapa target pelanggan yang tepat untuk layanan atau produk yang ingin Anda kembangkan. Perusahaan perlu lebih banyak berkomunikasi dengan konsumen untuk menghasilkan inovasi produk yang tepat. Selain itu, pelaku bisnis harus dapat membangun hubungan dan keakraban yang baik dengan pelanggannya agar dapat terus berlangganan layanan tersebut.

Keuntungan Model Bisnis Subscription

Apa manfaat model bisnis berlangganan bagi perusahaan? Tentu saja, keuntungan utama adalah menghasilkan pendapatan bisnis. Tetapi manfaat dari model bisnis perusahaan Ini bukan satu-satunya pendaftaran, tuan. Berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh perusahaan dari model bisnis berlangganan.

1 Meningkatkan loyalitas pelanggan

Loyalitas pelanggan adalah kunci untuk membangun bisnis berlangganan. Selain itu, loyalitas pelanggan merupakan sumber kekuatan perusahaan. Jika bisnis Anda berhasil mendapatkan pelanggan untuk mendaftar, maka Anda selangkah lebih maju dari kepercayaan pelanggan.

2. Kecepatan pertumbuhan perusahaan

Perusahaan dengan pelanggan setia dapat menerapkan strategi pemasarannya dengan lebih mudah. Misalnya, ketika sebuah perusahaan meluncurkan produk atau layanan baru, audiens tidak ragu untuk memanfaatkannya. Hal ini harus menjadi nilai tambah perusahaan yang meningkatkan keuntungan perusahaan sehingga perusahaan dapat berkembang lebih cepat.

3. Basis data pelanggan yang akurat

Database pelanggan sangat penting dalam proses analisis bisnis. Model bisnis berlangganan secara otomatis menyediakan database pelanggan yang akurat setiap kali audiens Anda mendaftar. Perusahaan tidak perlu repot mengisi formulir atau apa pun untuk mendapatkan database pelanggan. Pelanggan dengan senang hati memberikan detail saat mendaftar untuk layanan tertentu.

4. Anda dapat dengan mudah memilih strategi pemasaran yang tepat.

Model bisnis berlangganan memungkinkan perusahaan untuk dengan mudah menganalisis tren dan prospek pasar. Database yang terkumpul dan tentunya beberapa di antaranya akan sangat membantu dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat. Dengan strategi pemasaran yang tepat, perusahaan akan lebih mudah menghasilkan produk baru yang lebih inovatif dan paling sesuai dengan kebutuhan audiens.

Contoh Bisnis dengan Model Bisnis Subscription

Yuk Kita Mengenal Model Bisnis Subscription

Sekarang mari kita lihat beberapa contoh bisnis yang dapat menggunakan perusahaan berlangganan. Secara keseluruhan, dalam hal platform hiburan digital, perusahaan ini merupakan model bisnis berlangganan paling populer di Indonesia.

1. Layanan Streaming Film

Ada banyak platform digital yang menawarkan layanan streaming film, Anda mungkin salah satu yang menggunakan layanan ini. Layanan streaming film atau serial TV semakin populer di masyarakat karena memberikan kemudahan yang dapat diakses melalui laptop, TV, atau ponsel. Penyedia layanan streaming film juga selalu up to date dan menawarkan berbagai macam film.

2. Layanan Musik/Podcast

Layanan musik atau podcast sangat populer, begitu juga layanan streaming film. Pengguna dapat dengan mudah menemukan musik favorit atau podcast populer mereka. Juga layanan Langganan menawarkan manfaat kepada pengguna karena tidak terpapar iklan dan memiliki pilihan musik yang lebih luas.

3. Layanan Video Premium

Model bisnis berlangganan populer berikutnya adalah layanan video premium. Video yang disajikan adalah video yang hanya dapat diakses melalui platform tertentu dan tidak dapat ditemukan di Internet. Penggemar beberapa artis akan dengan senang hati berlangganan karena mereka merasa bahwa mereka memiliki hak istimewa untuk menampilkan idola mereka.

4. Berlangganan koran digital

Selain media hiburan, model berlangganan berupa koran digital sudah lama ada. Beberapa outlet media menawarkan berita khusus yang hanya dapat diakses oleh pengguna terdaftar. Pemilik harus selalu mengikuti tren digital saat ini jika ingin mencoba model berlangganan. Jadi, fokuslah untuk membangun layanan populer dari perspektif audiens target Anda. Apa pun jenis bisnis yang Anda lakukan, aplikasi serbaguna memudahkan Anda mengembangkan bisnis. Klik tautan untuk mempelajari lebih lanjut tentang aplikasi ini!
Baca Juga  5 Kiat Jitu Memanfaatkan Peluang Usaha Dropship Bagi Pemula

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …