Breaking News

Usaha Dealer Motor

Usaha Dealer Motor
makaryo.netUsaha Dealer Motor. Apakah Anda ingin mulai menjual sepeda motor? Lihat kiat-kiat ini: Persyaratan Pembukaan Dealer, 8+ Tips Memulai Bisnis Dealer Motor Anda Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan pribadi yang paling populer di Indonesia. Dalam satu bulan, jutaan sepeda motor baru dan bekas terjual. Memiliki banyak sepeda motor untuk dijual bisa menjadi salah satu alasan bagus untuk memulai bisnis dealer sepeda motor. Sebelum memulai bisnis, sebaiknya pahami dulu persyaratan membuka dealer, tips dan trik memulai bisnis, serta potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Berikut ulasan lengkap Buku Warung yang bisa anda pahami.

Syarat Membuka Dealer Motor

Semua merek sepeda motor menawarkan kemungkinan membuka dealer untuk masyarakat umum. Ada banyak merek sepeda motor di Indonesia seperti Honda, Yamaha, Kawasaki dan VIAR. Untuk mendaftar sebagai reseller, Anda harus terlebih dahulu mengirimkan penawaran. Penawaran memiliki syarat-syarat tertentu yang harus dilampirkan. Berikut adalah contoh apa yang perlu diingat saat membuka dealer Honda. Persyaratan merek lain hampir sama, dan perbedaannya tidak terlalu besar.

1. Surat Permohonan

Persyaratan pertama yang harus dilampirkan di dalam proposal adalah surat permohonan untuk menjadi dealer. Semua brand memiliki aturan yang sama terkait surat permohonan ini.

Tujuannya adalah memperjelas maksud dan tujuan Anda mengirimkan proposal.

Surat permohonan menjadi dealer wajib memuat beberapa informasi:

  • Nama lengkap pemohon
  • Alamat dan domisili
  • Pekerjaan atau profesi
  • Alamat lengkap calon lokasi dealer
  • Luas bangunan yang akan dijadikan sebagai dealer

2. Foto Bangunan 

Distributor Utama tidak secara otomatis menerima pesanan. Proses seleksi juga harus dilakukan untuk menemukan agen yang tepat bagi konsumen. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses seleksi calon reseller adalah gedung yang digunakan. Kami menyarankan Anda mempersiapkan tempat sebelum melakukan pemesanan. Anda dapat menyewa dan menggunakan bangunan pribadi atau bangunan orang lain. Pelamar yang sudah memiliki bangunan akan dipertimbangkan oleh vendor asli. Lokasi bangunan Anda juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap diterima atau tidaknya bangunan Anda. Terdapat jarak minimal 10 km antara lokasi Anda dengan lokasi dealer lainnya. Mengapa harus ada celah seperti itu? Tujuannya untuk mengurangi perselisihan dan perselisihan antar konsumen. Jika jarak antar pemasok terlalu dekat, dikhawatirkan akan menimbulkan persaingan komersial yang tidak sehat. Keuntungan yang diperoleh kedua penjual juga kurang maksimal karena tidak banyak tersedia. Bangunan di lokasi strategis disukai oleh instansi besar. Jadi cobalah untuk memilih bangunan di tempat yang tepat. Contoh kawasan strategis adalah pusat perbelanjaan terdekat atau di pusat kota. Selain itu, bangunan yang digunakan sebagai pedagang harus panjangnya minimal 10 meter dan lebarnya minimal 8 meter. Sertakan foto bangunan dengan proposal Anda. Pastikan foto jelas dan Anda dapat melihat seluruh bagian termasuk lokasi kiri dan kanan.

3. Atur bangunannya

Selain lokasi dan ukuran, reseller utama juga sangat tertarik dengan denah bangunan saat memilih aplikasi pendaftaran reseller. Oleh karena itu perlu dilampirkan foto denah bangunan. Gambarlah sebuah ruangan di gedung dan dimensinya. Tetapi Anda tidak perlu menggambar terlalu banyak detail. Di atas segalanya, gambarnya tajam dan mudah dimengerti.

4. Perencanaan lokasi bangunan

Selain perencanaan penggunaan lahan atau tata letak bangunan, pengecer utama juga akan mempertimbangkan perencanaan lokasi pengecer. Pihaknya akan mempertimbangkan besar kecilnya potensi penjualan sepeda motor tergantung lokasi gedung. Denah ruang bangunan harus dilampirkan sehingga operator utama dapat dengan mudah menghitung dan mengevaluasinya. Uraikan dengan jelas lokasi di sekitar gedung yang Anda usulkan sebagai reseller.

5. Fotokopi KTP dan KSK

Persyaratan terakhir untuk dilampirkan adalah fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Anggota Keluarga (KSK). Kedua dokumen tersebut harus dilampirkan untuk memverifikasi identitas pemohon.

Tips Memulai Usaha Dealer Motor

Memulai bisnis penjualan sepeda motor tidaklah mudah. Selain modal yang besar, Anda juga membutuhkan tips dan trik yang tepat agar bisnis berjalan dengan baik.

1. Ingat pesaing

Trik pertama dalam memulai bisnis penjualan sepeda motor adalah dengan menciptakan pola pikir bahwa ada banyak pesaing di luar sana. Untuk terus bekerja, sebaiknya jangan mematok profit yang besar. Karena konsumen selalu mencari dealer murah.

2. Jangan Berpikir Untung Besar

Sepeda motor tidak murah. Namun, keuntungan jual beli sepeda bekas tidak begitu besar. Jangan berharap untung besar. Hal terpenting dalam menjual motor bekas adalah putaran modal yang lancar. Lebih baik mendapatkan 200.000 Toman sehari daripada menjual sepeda motor dan menunggu sebulan untuk mendapatkan 1.000.000 Toman.

3. Ketahui harga pasar

Sebelum Anda mulai menjual sepeda motor bekas, Anda perlu mengetahui jenis sepeda motor yang paling Anda butuhkan. Ketahui juga harga jual rata-rata di daerah Anda dan jangan menjual dengan harga lebih tinggi.

4. Beli motor dengan harga di bawah rata-rata

Temukan sepeda bekas dengan harga lebih rendah dari rata-rata pasar. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

5. Jangan membeli sepeda motor yang rusak parah

Sepeda motor rusak berat memiliki harga jual yang lebih rendah. Tapi membeli bukanlah ide yang bagus. Akan lebih sulit untuk menjual kendaraan seperti itu meskipun harganya rendah.

6. Periksa apakah pesan sudah selesai

Melengkapi surat adalah suatu keharusan dalam setiap pembelian dan penjualan kendaraan. Pastikan sepeda yang Anda beli memiliki STNK dan BPKB.

7. Perhatikan tingkat pengembalian

Jangan meraup banyak keuntungan atau keuntungan dari setiap unit sepeda motor. Selama unit terjual setiap hari, lebih baik untung 5% saja. Ini jelas lebih baik daripada mendapatkan keuntungan 20%, tetapi Anda harus menunggu lebih lama.

8. Akuntansi

Dealer sepeda motor dapat dianggap sebagai perusahaan yang cukup besar, sehingga akuntansi juga sangat diperlukan. Keuntungan akuntansi sangat banyak, terutama untuk pengembangan bisnis. Untuk memudahkan akuntansi bisnis untuk dealer sepeda motor. Aplikasi penerbitan keuangan dapat membuat pengelolaan keuangan perusahaan Anda lebih efisien dan transparan. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah BukuWarung. Aplikasi manajemen keuangan BukuWarung dapat diunduh gratis dari Play Store.

Keuntungan Membuka Usaha Dealer Motor

Usaha Dealer Motor

Dealer motor tidak dapat dipisahkan dari leasing yang menjadi perusahaan pembiayaan. Adanya leasing memudahkan masyarakat dalam membeli kendaraan secara kredit.

Baca Juga  6 Cara Investasi Reksadana Mudah Bagi Pemula
Baca Juga  Simak 6 Bisnis Franchise Es Kopi Susu yang Lagi Hits, Modal Mulai dari Rp 5 Jutaan

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis dealer motor dan bekerja sama dengan leasing.

  • Keuntungan dari setiap unit sepeda motor yang terjual, baik secara tunai maupun kredit.
  • Komisi dari leasing apabila ada konsumen yang membeli sepeda motor dengan sistem kredit.
  • Bonus ketika mencapai target penjualan. Misalnya main dealer memberikan target penjualan sepeda motor tipe A dalam waktu satu bulan. Ketika target tersebut tercapai, bonus tambahan akan diberikan kepada Anda.

Jika Anda memiliki modal yang cukup, usaha dealer motor menjadi salah satu peluang emas. Mulai saja dari jual beli motor bekas dalam skala kecil.

Seiring berjalannya waktu, Anda bisa mengembangkan usaha menjadi dealer yang jauh lebih besar.

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …