Breaking News

Tips Memulai Usaha Katering

Tips Memulai Usaha Katering
makaryo.net Tips Memulai Usaha Katering. Apakah Anda baru saja memulai bisnis restoran? Simak kiat-kiat berikut. 8+ Tips Memulai Bisnis Restoran Rumahan dengan Modal Kecil Salah satu kegiatan kuliner favorit wirausaha adalah katering. Selain manfaatnya yang besar, kegiatan ini juga menjadi “hobi berbayar” bagi yang hobi memasak. Tentunya setiap bisnis yang dikelola, besar atau kecil, selalu memiliki tantangan. Langkah awal yang salah dalam memulai bisnis katering ini bisa jadi tidak berujung pada pertumbuhan bisnis Anda, atau bahkan gulung tikar. Namun tidak perlu khawatir, Anda bisa simak tips di bawah ini untuk memulai bisnis katering dengan modal kecil.

1. Menentukan Jenis Katering

Tentu saja, sebelum Anda memulai bisnis katering, Anda perlu mengetahui katering apa yang relevan dan dipasarkan. Karena kami mempertimbangkan berbagai jenis profesi katering, kami perlu fokus pada satu jenis terlebih dahulu sebagai langkah pertama. Apa jenis profesi katering yang bisa saya pilih? .

A. Resepsi pesta Pernikahan

Sesuai dengan namanya, bisnis catering pesta ini berarti menawarkan pesanan makanan khusus untuk acara pesta besar. Contohnya adalah pesta pernikahan dan pesta ulang tahun. Jenis bisnis ini membutuhkan perencanaan dan manajemen yang cermat. Tidak ada lagi katering kecil, Anda perlu menyiapkan makanan dalam jumlah besar untuk prasmanan dan a la carte.

B. Katering Perusahaan / Kantor katering berkah

Target dari bisnis ini adalah perusahaan dengan jumlah karyawan yang banyak. Biasanya perusahaan membutuhkan katering yang berbentuk prasmanan untuk dihidangkan di kantor atau di pabrik-pabrik. Ada juga beberapa kantor yang membutuhkan katering dengan porsi besar untuk kebutuhan rapat dan gathering antar cabang.

C. Katering untuk Sekolahan

Hal yang menjadi tantangan dalam menjalankan usaha katering untuk anak sekolahan adalah jenis makanan yang dihidangkan. Mengingat anak-anak sekolah pasti membutuhkan gizi dan nutrisi yang baik, tentunya Anda sebagai penyedia katering juga harus mempersiapkan makanan yang bergizi. Tetapi keuntungannya adalah Anda tidak perlu khawatir tentang mempekerjakan karyawan. Bagaimana mungkin? Karena makanan biasanya dikirim dalam bentuk kotak dan menjadi tanggung jawab pihak sekolah untuk menyiapkannya.

D. Catering di rumah

Apakah Anda ingin memasarkan catering berupa nasi kotak kepada keluarga untuk acara-acara tertentu? Anda bisa memulai bisnis katering rumahan. Modal yang dikeluarkan tidak akan terlalu tinggi. Namun katering jenis ini umumnya bersifat “musiman”, sehingga omzet yang dihasilkan mungkin tidak terlalu tinggi. Di antara jenis restorasi, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan pelanggan Anda. Untuk sumber daya lainnya, lihat Ide Bisnis Kelontong.

2. Menentukan Nama Brand

Tentu saja, setiap bisnis membutuhkan nama merek, tidak terkecuali bisnis perhotelan. Setelah Anda memilih jenis katering yang ingin Anda lakukan, pilih nama merek Anda. Pilih nama merek yang mudah diingat, relevan dengan katering, dan bermakna. Tidak ada kesalahan! Memilih nama merek yang baik dapat membawa Anda keberuntungan! Jangan lupa untuk membawa logo Anda! Nama merek dan logo membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional. Logo atau merek yang dibuat akan dicetak sebanyak mungkin dan digunakan sebagai label makanan. Anda dapat melihat sampel label makanan untuk memberikan referensi label makanan yang menarik.

3. Temukan pemasok murah dan berkualitas

Harga bahan baku makanan di toko seharusnya tidak jauh berbeda. Tetapi jika Anda akan memulai bisnis restoran, Anda harus menyiapkan bahan baku dalam jumlah besar secara otomatis, bukan? Karena perbedaan kecil membuat aset Anda lebih kecil. Pilih toko yang menawarkan penyedia termurah. Jangan asal pilih yang kualitasnya bagus. Jangan menjual bahan mentah yang segar dan tidak rusak kepada pemasok. Sebaliknya, pergilah langsung ke “grosir” komoditas daripada membeli di pasar atau supermarket. Dengan begitu Anda pasti akan mendapatkan harga yang terjangkau.

4. Penciptaan modal kerja

Karena Anda telah membangun bisnis perhotelan ini dengan sangat matang, kini saatnya membangun modal kerja. Tentu saja, modal usaha tergantung pada jenis usaha hotel yang Anda pilih. Semakin banyak modal yang Anda keluarkan, semakin banyak keuntungan yang pasti akan Anda dapatkan. Sesuaikan modal dan kemampuan Anda, jangan dipaksakan. Jika skala usaha katering Anda masih pada skala usaha rumahan, sebaiknya jangan menggunakan modal yang banyak. Anda dapat secara bertahap mengembangkan bisnis dan modal Anda. Tapi ingat, Anda juga harus tepat ketika memikirkan modal yang digunakan dan keuntungan yang diterima, Anda bisa merujuk pada saran mengelola keuangan bisnis untuk mendapatkan gambaran bagaimana mengelola keuangan bisnis Anda. Untuk memudahkan pengelolaan keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan Bukuvarang.

5.Promosi

Salah satu tips terbaik untuk memulai bisnis restoran adalah merchandising. Bagaimana orang bisa memesan layanan katering jika mereka bahkan tidak tahu menu yang ditawarkan? Kami memulai promosi berdasarkan target pasar yang telah kami rencanakan dari awal. Jika Anda memilih jenis katering untuk bisnis Anda, bisnis Anda akan mendapatkan dorongan. Dengan memilih varian katering rumah, Anda bisa mulai mempromosikan tetangga di subdivisi Anda. Tidak seperti dulu yang sangat bergantung pada bahasa, kini digital marketing bisa digunakan untuk berpromosi di internet. Anda bisa memulai pemasaran melalui website, media sosial, dan iklan digital. Semakin luas kampanye, semakin tinggi peluang Anda untuk memenangkan pelanggan. Juga, ketika beriklan online, ingatlah untuk membuat produk Anda semenarik mungkin, baik melalui gambar atau kemasan, itu semua tentang membuat konten menarik. Untuk mempermudah jualan makanan secara online, jika menggunakan WhatsApp bisa menggunakan link WhatsApp BukuWarung. Fiturnya mengubah nomor Anda menjadi tautan, sehingga pembeli tidak perlu memasukkan nomor WhatsApp Anda nanti, cukup klik tautannya.

6. Perhatikan rasa makanan

Anda pasti ingin restoran ini terus beroperasi bukan? Apalagi jika ada langganan dari pelanggan yang sudah terlanjur memesan. Anda tidak hanya akan meningkatkan volume penjualan Anda, tetapi Anda juga akan memiliki hubungan bisnis yang cukup luas. Untuk mencapai hal tersebut tentunya Anda harus memperhatikan kualitas makanan yang ditawarkan di pasaran. Makanan yang disajikan harus rasanya enak, bergizi dan setidaknya masuk akal untuk harga yang ditawarkan. Padahal, makanan yang dipasarkan harus memiliki rasa yang khas. Karena ini mungkin unik untuk industri perhotelan tempat Anda bekerja.

7. Memberikan pelayanan yang optimal

Tips Memulai Usaha Katering

Tidak hanya memaksimalkan produk bisnis Anda, tetapi sebagai seorang pengusaha, Anda harus selalu memberikan layanan terbaik. Saat Anda mempekerjakan seorang karyawan, latih mereka terlebih dahulu. Jangan biarkan karyawan yang Anda sewa memberikan layanan pelanggan yang baik. Pelayanan yang buruk seperti staf yang tidak ramah, pesanan makanan yang salah, dan tidak datang tepat waktu pasti akan membuat konsumen memikirkan kembali penggunaan jasa tersebut. Jangan biarkan ini terjadi!

8. Akuntansi

Saat menjalankan bisnis katering, jangan lupa untuk mencatat pembukuan Anda dari waktu ke waktu. sangat penting. Dengan melakukan akuntansi, Anda dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis. Setiap transaksi yang dilakukan juga dapat tercatat dengan baik, sehingga memudahkan Anda dalam mengontrol perusahaan. Jangan heran, banyak pengusaha muda saat ini yang sering mengabaikan akuntansi, yang akibat akhirnya adalah pencatatan keuangan yang tidak benar, yang dapat menghancurkan bisnis yang sedang berkembang. Sekali lagi, akuntansi manual tidak diperlukan di era digital. Pembukuan bisa secara praktis dan cepat dilakukan melalui aplikasi BukuWarung. Anda juga bisa mendapatkan laporan harian hingga bulanan. Jangan khawatir, BukuWarung juga akan menyimpan data dengan aman, jadi tidak perlu takut catatan pembukuan akan hilang. Dengan mengetahui beberapa tips memulai usaha katering di atas, sudah seharusnya Anda tidak perlu ragu-ragu lagi untuk memulai usaha katering. Untuk strategi awal, intinya adalah perencanaan yang matang, diikuti dengan pelayanan maksimal untuk para konsumen, dan jangan lupakan pembukuan yang sangat penting.
Baca Juga  Simak Peluang Usaha Aksesoris Rambut
Baca Juga  Simak Informasi Tentang Distributor

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …