Breaking News

Tips Laporan Keuangan Sederhana

Tips Laporan Keuangan Sederhana
makaryo.netTips Laporan Keuangan Sederhana. Laporan keuangan singkat juga dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi perusahaan dan mengevaluasi perusahaan. Jika Anda baru memulai, Anda harus membuat laporan, apakah bisnis Anda kecil atau besar. mengapa? Tanpa pelaporan keuangan, akan sulit bagi perusahaan Anda untuk berkembang lebih jauh.

Fungsi pelaporan keuangan

Laporan keuangan sama dengan data keuangan seperti data laba rugi, data pendapatan, dan data pengeluaran. Anda memerlukan laporan agar bisnis Anda tetap berjalan. Berikut adalah beberapa fungsi laporan keuangan.

1. Tanggung Jawab Profesional

Perusahaan membutuhkan banyak orang untuk berpartisipasi, termasuk orang asing. Misalnya pajak bisnis untuk investor, pelanggan atau pemerintah. Semakin rinci laporan keuangan, semakin kredibel perusahaan Anda bagi orang luar. Laporan keuangan harus faktual dan rinci, tidak disusun sembarangan. Ini karena kami tidak dapat menjelaskan bisnis Anda dan ini mungkin menunjukkan bahwa masalah mungkin timbul di masa mendatang.

2. Bahan evaluasi

Kewirausahaan membutuhkan banyak evaluasi. Perusahaan dievaluasi dengan meninjau akun tahunan sederhana. Laporan keuangan ini dapat menjadi parameter keberhasilan, kemajuan, permasalahan dan solusi yang dicapai. Dengan melihat laporan keuangan tahunan, Anda menghilangkan penyebab masalah dengan solusi yang juga dapat diturunkan dari laporan keuangan tahunan. Dengan adanya laporan keuangan sebagai bahan evaluasi diharapkan permasalahan yang timbul dapat teratasi dan tidak terulang kembali.

3. Penilaian situasi kerja

Sebagai evaluator kesehatan bisnis Anda, tujuan dari laporan keuangan Anda adalah untuk memudahkan melihat apakah bisnis Anda untung atau rugi. Jika laporan keuangan terus memburuk, perusahaan mungkin berada dalam masalah dan di ambang kebangkrutan. Sebaliknya, jika laba dan keuntungan dalam laporan keuangan meningkat, maka perusahaan tersebut tumbuh. Di sini Anda bisa mendapatkan gambaran tentang keadaan bisnis dan memutuskan apa yang harus dilakukan jika perusahaan Anda berada di ambang kebangkrutan atau sedang berkembang pesat.

Cara membuat laporan keuangan sederhana

Laporan keuangan memiliki beberapa fitur yang disebutkan di atas yang sangat berguna untuk menjalankan bisnis Anda. Laporan keuangan juga merupakan informasi pengambilan keputusan perusahaan. Berikut beberapa cara membuat laporan keuangan sederhana.

1. Buat buku akhir tahun

Menangkap dan mengumpulkan dokumen keuangan seperti penjualan, pembelian atau penerimaan debit. Anda harus mencatat semuanya dan menyimpannya di buku catatan Anda. Dalam dunia akuntansi, pencatatan keuangan bisnis biasa disebut dengan buku besar. Isi buku laporan keuangan ini harus rinci dan lengkap. Dimulai dengan informasi seperti tanggal, nomor record, input/output, dll. Pembukuan laporan keuangan ini harus dicatat serta pendapatan, perhitungan, hutang, saldo dan keuntungan.

2. Catatan impor dan pengeluaran

Menyimpan pembukuan atas laporan keuangan saja tidak cukup. Setiap kali Anda memiliki pendapatan dan pengeluaran, bahkan dalam jumlah kecil, Anda harus mencatatnya. Selain pemasukan dan pengeluaran, Anda juga harus mencatat piutang. Ini juga mempengaruhi. Ini adalah catatan pendapatan dan pengeluaran sedikit demi sedikit yang membantu dalam menentukan untung dan rugi. Anda juga dapat mengukur gaji dan pendapatan karyawan secara harian, bulanan, atau tahunan.

3. Buat Buku Kas Master

Tips Laporan Keuangan Sederhana

Setelah Anda membuat buku catatan dan mencatat semua pendapatan dan pengeluaran Anda, Anda perlu membuat buku besar. Ini penting karena memungkinkan Anda untuk menggabungkan dua nada sebelumnya. Dengan buku besar utama ini, semua pendapatan, pengeluaran, dan catatan kredit Anda digabungkan menjadi satu. Buku kas utama ini adalah ukuran perbandingan pendapatan dan pengeluaran. Buku besar ini memungkinkan penerapan strategi baru berdasarkan perbandingan dengan buku besar utama.

4. Buat Buku Besar Saham

Selain mencatat keuangan, pemasukan dan pengeluaran, Anda perlu menyiapkan buku stok. Buku ini mungkin tampak kecil, tetapi sangat penting sehingga Anda tidak boleh melewatkannya. Buku stok yang mencatat barang-barang yang datang dan pergi setiap hari. Seperti halnya catatan keuangan, persediaan ini harus dicatat secara akurat. Untuk mengetahui jenis produk apa yang Anda miliki dalam bisnis Anda. 5. Buat buku investasi komoditas Tahukah Anda apa itu buku inventaris? Jika barang Anda, seperti meja dan jendela, bertahan lebih dari 3 bulan. Itu tidak termasuk dalam catatan buku inventaris, tetapi termasuk dalam buku inventaris ini. Buku ini digunakan untuk mendokumentasikan barang dagangan dalam jangka waktu yang lama, tetapi buku ini sangat penting. Buku inventaris ini juga digunakan untuk mencatat sumbangan dan hibah tetap.
Baca Juga  Trik Cerdas Menghindari Customer Php

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …