Breaking News

Tips Dan Cara Membuat Toko Online Cuma 15 Detik

Tips Dan Cara Membuat Toko Online Cuma 15 Detik
makaryo.netTips Dan Cara Membuat Toko Online Cuma 15 Detik. Laju digitalisasi dan mode saat ini mendesak banyak kegiatan sehari-hari berbasis digital. Jangan lupakan aspek kewirausahaan dari usaha kecil atau usaha kecil yang telah menerapkan cara membuat toko online. Toko online adalah toko virtual yang dibangun di atas platform digital. Menyiapkan toko ini sangat sederhana dan Anda dapat membuat toko online seluler atau membuat situs web belanja online secara gratis.

Permasalahan UKM Lantaran Belum Go Online

Masyarakat saat ini tergolong masyarakat modern yang hidup di era digital, namun masih ada masyarakat yang belum mengenal ekosistem ini. Banyak pihak, termasuk pelaku usaha kecil, belum mampu melakukan transisi dari gaya hidup tradisional ke gaya hidup digital. Beberapa tantangan atau rintangan yang dihadapi usaha kecil yang belum mencapai web meliputi:

1. Rendahnya Pemahaman Teknologi

Berdasarkan data per bulan Juli 2020 lalu, Kemenkop UKM atau Kementerian Koperasi dan UKM melaporkan bahwa hanya sekitar 13% pelaku UMKM saja yang sudah menggunakan sistem toko berbasis daring atau memiliki toko online di marketplace. Jumlah ini sangatlah kecil yakni hanya 8 juta usaha saja. Padahal total pemilik UMKM yang ada di negara kita ini ada sekitar 64,19 juta pelaku usaha. Alasan dari minimnya orang yang mampu menerapkan konsep toko online adalah karena rendahnya literasi teknologi pelaku UMKM saat ini. Hal ini sebagaimana telah disampaikan oleh Eddy Satriya, selaku Deputi Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM. Mereka menemukan bahwa UKM sendiri memiliki pemahaman yang sangat sedikit tentang teknologi, sehingga sistem Go Online Shop sangat sulit untuk diterapkan.

2. Kesulitan mengakses Internet

Masalah atau keterbatasan lain bagi usaha kecil dan menengah adalah terbatasnya akses internet. Internet telah menjadi fokus gerakan ekonomi digital, dan tanpanya, bisnis online tidak akan berjalan. Ketersediaan internet harus stabil agar Anda tahu cara membuat, membeli, dan menjual situs web toko online. Namun kenyataannya, banyak pelaku UMKM yang tinggal di daerah yang akses internetnya sulit.

3. Keraguan terhadap keamanan transaksi online

Alasan kedua adalah soal keamanan dalam bertransaksi. Menurut AD Satria, banyak konsumen UMKM di Tanah Air masih mengkhawatirkan keamanan bertransaksi online. Oleh karena itu, banyak pelaku UMKM yang belum tertarik dengan Go Online.

4. Modal

Akses internet merupakan syarat penting bagi sebuah bisnis digital, namun yang namanya memulai bisnis pun membutuhkan modal sebagai penyetelan awal. Selain internet yang handal, terutama dalam bisnis online, para pebisnis juga membutuhkan perangkat keras yang memadai. Namun sayangnya, sebagian besar pelaku usaha berasal dari usaha kecil dengan modal dan keahlian SDM yang sangat terbatas. Padahal, mendirikan toko online relatif sederhana. Akan sangat mengecewakan jika UKM lambat berkembang karena kekurangan modal.

Solusi Atas Pemasalahan UKM yang Belum Kunjung Go Online

Untuk mengatasi masalah di atas, pemerintah akan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa mereka diselesaikan. Eddy Satriya juga menjelaskan bahwa Kemenkop UKM akan terus bekerja sama dengan instansi daerah terkait untuk meminimalisir kendala di atas. Tindakan yang dilakukan UMKM untuk memberikan kursus dan menciptakan komunitas UMKM Go Online yang digerakkan secara digital antara lain menyediakan akses digital, pelatihan, pembiayaan, inkubator, dan dukungan kemampuan sistem informasi digital UMKM. .. Menurut Iskandar Simorangkir, Wakil Menteri Koordinator Perekonomian, Indonesia seharusnya menargetkan keuntungan sebesar Rp133 miliar atau Rp1862 triliun dalam ekonomi digital dengan nilai tukar Rp14.000 per dolar. .. Ini bukan hanya posisi pemerintah dan organisasi terkait. Upaya mengatasi permasalahan di atas juga harus dilakukan oleh semua pihak yang terlibat dalam pengembangan UKM online. Dengan kata lain, harus ada kemauan dari para pelaku ekonomi untuk memperjuangkan tujuan tersebut. Salah satu langkah sederhana untuk memulai SME Go online adalah dengan membuat toko online. Toko online dalam platform e-commerce yang dapat menjadi alat pemasaran yang efektif dan katalisator di UKM. Langkah pembuatannya sangat mudah, Anda bahkan bisa belajar cara membangun toko online secara virtual melalui handphone dan website toko online.

Cara Membuat Toko Online di TOKOKO.ID

Tips Dan Cara Membuat Toko Online Cuma 15 Detik

Apa itu TOKOKO.ID? Tokoko merupakan produk dari PT Buku Usaha Digital (BukuWarung) yang mempermudah perdagangan online bagi para pedagang. Anda dapat membuat toko online secara instan hanya dalam 15 detik. Selain itu, Anda dapat menggunakan semua layanan dan fungsi aplikasi secara gratis. Oleh karena itu, sejak dibuatnya toko online, Tokoko.id sudah menyediakan layanan pembuatan website toko online di ponsel secara gratis.

1. Mendownload Aplikasi TOKOKO.ID

Langkah pertama untuk membuat toko online gratis yang harus Anda lakukan adalah pergi ke Google Playstore dan ketik Tokoko di kotak pencarian atau Anda dapat mengunduhnya langsung di sini.

2. Bangun Toko Online

Anda Setelah menginstal aplikasi, langkah selanjutnya adalah membuat toko Anda di aplikasi Totoko. Yang harus Anda lakukan adalah mengatur nama perusahaan, logo perusahaan dan memasukkan alamat dengan benar. Ketika seluruh proses selesai, yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan tautan khusus toko sehingga dapat dibagikan dengan semua orang.

3. Tambahkan produk

Langkah selanjutnya adalah menambahkan produk yang dijual di toko online. Anda dapat membuat dan mengelola katalog item dan kategori produk, serta menetapkan harga produk dan biaya pengiriman. Caranya adalah dengan mengklik daftar produk di bagian bawah halaman. Kemudian klik Add Product untuk mengisi informasi produk yang ada dengan lengkap. Setelah Anda selesai memasukkan informasi yang diperlukan, klik Tambah untuk menyelesaikan proses.

4. Kirim tautan toko ke pembeli untuk dijual

Cara membangun toko online selanjutnya adalah dengan menjual produk Anda dengan membagikan link toko kepada target pasar Anda melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Twitter, Telegram dan platform lainnya. Cukup klik Share dari menu Home dan pilih Share dari menu produk yang diinginkan. Pilih kontak yang ingin Anda tuju dan tekan kirim.

5. Bagaimana cara mengonfirmasi dan menerima pesanan Anda?

Setelah membagikan tautan kepada calon pembeli, tunggu saja pesanan baru masuk ke akun Tokoko Anda. Semakin banyak tautan yang Anda bagikan, semakin banyak peluang bagi calon pembeli Anda untuk membeli produk Anda. Untuk melihat pesanan baru di aplikasi Tokoko, klik menu Pesanan atau tab Pesanan untuk melihat daftar pesanan yang aktif. Kemudian klik Terima Pesanan untuk memproses pesanan. Pelanggan secara otomatis diberitahu melalui WhatsApp.

6. Kembangkan toko online

Anda Iklankan toko online Anda menggunakan iklan media sosial atau berbagai alat seperti Google. Ini untuk memastikan bahwa toko Anda menarik banyak lalu lintas dan meningkatkan keuntungan bisnis kecil Anda. Saya ingin memperluas ke toko digital. Sangat mudah, bukan? Mendirikan toko online pasti akan membawa lebih banyak keuntungan karena jangkauan pasar diperluas. Hal penting lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah menyimpan catatan keuangan untuk menjaga kesehatan bisnis dan keseimbangan keuangan. Andalkan masalah akuntansi di BukuWarung dan lihat bagaimana keuangan bisnis Anda diatur.
Baca Juga  Simak Cara Screening Saham Untuk Swing Trading

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …