Breaking News

Simak Perbedaan Reseller dan Dropship

Simak Perbedaan Reseller dan Dropship
makaryo.net Simak Perbedaan Reseller dan Dropship. Bingung membedakan distributor dan dropship? Lihat perbedaannya di bawah ini. Perbedaan dan Kelebihan Dropship dan Reseller. Aktivitas belanja online di Indonesia semakin berkembang dari tahun ke tahun. Ini bertepatan dengan perkembangan alat dan Internet. Dalam bisnis toko online, ada dua kata penting yang mungkin sering Anda dengar yaitu reseller dan dropship. Kedua istilah tersebut mengacu pada aktivitas penjualan barang dari pemasok. Terlepas dari popularitasnya, masih banyak orang yang salah paham tentang arti reseller dan dropship. Baca artikel ini untuk memahami perbedaan antara keduanya dan mana yang lebih bermanfaat.

Pengertian Reseller

Pemasok adalah penjual yang menjual barang kepada orang lain. Penjual biasanya diminta untuk menyimpan barang-barang ini. Sebagai aturan, pemilik toko menawarkan harga khusus kepada penjual mereka. Kemudian penjual menjual kembali barang tersebut dengan harga baru. Tentu bisa menebak dari mana keuntungan distributor tersebut? Ya, ya, perbedaan antara harga pemasok dan harga beli pelanggan adalah keuntungan penjual. Oleh karena itu, untuk menjadi penjual toko, Anda harus terlebih dahulu mendaftar atau menandatangani kontrak dengan pemiliknya. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan harga khusus. Apakah Anda tahu apa itu distributor? Mari kita turun ke diskusi pengiriman drop.

Pengertian Dropship

Dropship adalah sistem penjualan online, tetapi sebagai dropshipper, Anda tidak harus menyimpan stok barang dagangan. Jadi Anda hanya perlu meminta supplier untuk mengirimkan barang yang dipesan oleh pelanggan kita. Pemilik toko akan mengirimkan produk kepada pembeli. Sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang pengepakan dan pengiriman barang. Kemungkinan besar, keunggulan sistem dropship lebih sedikit daripada keunggulan distributor. Perlu diperhatikan juga bahwa salah satu dari kedua perusahaan ini, dropship dan supplier, sangat cocok untuk Anda yang bingung mencari pekerjaan sampingan atau ide bisnis rumahan. Apakah Anda sudah memahami pengertian dropship dan distribusi? Mari kita lihat kelebihan dari kedua jenis bisnis ini.

Keuntungan Dropship

  • Stok produk atau barang dagangan ditangani langsung oleh supplier atau pemilik toko. Anda tak perlu pusing memikirkan kondisi stok dan lain sebagainya.
  • Pengemasan produk juga dilakukan oleh pemilik toko. Anda tidak perlu menyediakan alat dan bahan untuk mengemas produk. Anda juga tak perlu datang ke agen ekspedisi untuk mengirimkan produk kepada pembeli.
  • Apabila produk yang ditawarkan tidak laku terjual, Anda tak mengalami kerugian. Di sistem dropship, Anda hanya perlu menawarkan produk tanpa mengeluarkan modal. Sehingga Anda bisa terhindar dari kata rugi.
  • Sistem dropship tak mengharuskan Anda memiliki barang di tangan. Pemrosesan pesanan pembeli, pengemasan, dan pengiriman dilakukan oleh supplier. Oleh karena itu, Anda bisa mendaftar menjadi dropshipper di banyak toko sekaligus.
  • Transaksi berlangsung antara pembeli dengan supplier langsung. Dropshipper sama sekali tidak menangani masalah keuangan, sehingga tak perlu melakukan pembukuan atau pencatatan lainnya.
Baca Juga  6 Cara Agar Dagangan Laris Terus dan Mendapatkan Keuntungan

Keuntungan Reseller

  • Anda bebas mengatur harga jual sesuai dengan keinginan. Sehingga besarnya keuntungan atau profit bisa Anda atur sesuai keinginan.
  • Dapat menjual produk di luar marketplace atau toko online yang dimiliki oleh supplier. Anda bisa menjualnya secara langsung kepada kerabat dan teman di sekitar Anda. 
  • Sebagai seorang reseller, Anda diharuskan untuk memberi produk terlebih dahulu sebelum menjualnya kepada konsumen. Oleh sebab itu, Anda memerlukan catatan stok produk serta pembukuan keuangan.
Karena reseller harus memiliki catatan keuangan yang baik, Anda dapat merujuk ke artikel tentang cara mengelola keuangan usaha kecil. Dan untuk mempermudah pencatatan keuangan perusahaan, anda bisa menggunakan aplikasi BukuWarung Financial Records. Aplikasi ini sederhana dan sangat mudah digunakan, Anda dapat dengan mudah mencatat pengeluaran, pendapatan hutang hanya dengan smartphone. Suka tidak suka, Anda perlu mempelajari pembukuan sederhana untuk menjalankan bisnis ini. Jangan biarkan diri Anda menjalankan bisnis tanpa catatan seperti itu.
  • Terhindar dari komplain pembeli akibat kondisi barang yang tidak sesuai foto. Karena Anda sudah membeli barang terlebih dahulu, tentu Anda memiliki foto yang real. Jadi, sangat kecil kemungkinan Anda mendapatkan protes dari pelanggan.
  • Lebih memahami spesifikasi dan kondisi produk secara lebih detail. Lagi-lagi Anda bisa mendapatkan keuntungan seperti ini karena sudah membeli dan memegang produk sebelum menjualnya kembali.
Baca Juga  Bisnis Franchise Minuman Booming

Mana yang Lebih Menguntungkan?

Simak Perbedaan Reseller dan Dropship

Dilihat dari penjelasan di atas, reseller dan dropshipping memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Akan sangat sulit untuk menentukan mana dari keduanya yang lebih menguntungkan. Resiko yang harus ditanggung adalah sama. Kebanyakan orang lebih tertarik menjalankan bisnis online daripada menjadi dropshipper. Mengapa demikian? Ternyata alasannya sangat sederhana. Ini berarti Anda tidak perlu mengelola stok atau catatan keuangan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa bisnis dropshipping adalah bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Ini cenderung lebih sederhana dan tidak terlalu mengganggu, tetapi sabuk yang dijatuhkan harus dapat menarik pelanggan potensial. Anda harus memiliki strategi pemasaran yang sangat baik untuk membuat orang tertarik dengan produk Anda dan membelinya. Penghasilan dropshipper sangat bergantung pada jumlah produk yang terjual. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang digunakan harus baik. Jika Anda ingin memulai bisnis jualan tidak masalah karena Anda bisa menentukan sendiri besaran keuntungannya. Jangan lupa untuk membuat buku menggunakan aplikasi BukuWarung. Dengan program ini, Anda tidak perlu lagi membuat buku secara manual. Apakah Anda sudah membuat keputusan? Apakah Anda seorang reseller atau dropshipper, keduanya sama-sama menguntungkan. Pilihan ada padamu. Apapun pilihan yang Anda buat, Anda harus memulai bisnis Anda sekarang juga.

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …