Breaking News

Simak Pentingnya Pendaftaran Merek Dagang

Simak Pentingnya Pendaftaran Merek Dagang
makaryo.netSimak Pentingnya Pendaftaran Merek Dagang. Saat memulai bisnis atau bisnis, beberapa orang mungkin bingung tentang lisensi pendaftaran merek dagang. Biasanya ragu untuk mengambil langkah besar untuk memulai bisnis. Padahal, dengan niat dan usaha untuk mewujudkannya, Anda bisa melakukan itu semua. Pria dan wanita yang mencoba atau baru memulai harus mempelajari pentingnya mematuhi undang-undang lisensi pemasaran untuk mengembangkan bisnis mereka dengan cepat. Artikel ini menjelaskan definisi merek dagang, manfaat bisnis, dan cara mendaftarkan merek dagang. Tolong dengarkan baik-baik

Mengenal Merek Dagang

Seperti namanya, nama merek atau brand name adalah slogan, identitas suatu produk atau jasa untuk membedakannya dengan produk sejenis yang ada di pasaran. Selain melindungi hak milik industri, merek juga memiliki nilai pemasaran. Pelanggan akan merasa lebih nyaman Mereka mencari barang atau jasa dengan nama/merek agar bisa repeat order jika cocok dengan milik Anda. Pentingnya merek ini tidak boleh diabaikan, kekuatan hukum dapat melindungi produk atau layanan Anda dari ancaman orang yang tidak berwenang yang mencoba mencuri aset Anda. Banyak pengusaha baru yang kesulitan untuk mendaftar, meski dengan pencarian yang lebih banyak kini ada media online yang bisa digunakan untuk mendaftarkan merek.

Pentingnya Pendaftaran Merek

Era digitalisasi telah mempengaruhi banyak sektor, terutama bisnis kreatif. Ada banyak manfaat yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan diri dan menciptakan sesuatu yang berharga. Kesalahan memulai bisnis adalah menjual produk dan jasa yang penting untuk dijual tanpa mempertimbangkan pertumbuhan bisnis di masa depan. Memasukkan nama sebuah merek, produk atau jasa seringkali dianggap remeh. Padahal, sangat penting untuk mengembangkan bisnis Skipper nantinya. Biar lebih jelas, berikut info lengkapnya:

1. Identitas dan Kredibilitas

Identitas suatu produk atau jasa sangat tinggi asalkan termasuk dalam Merek Dagang dan Indikasi Geografis Nomor 20 Tahun 2016, yang mengatur bahwa merek/merek dagang ditampilkan sebagai indikator grafis yang terdiri dari gambar, kata dan huruf. ke. , Logo, angka, kombinasi warna. , Dimensi, suara, hologram atau komposisi grafis. Misinya adalah mengidentifikasi produk/jasa yang dihasilkan oleh orang perseorangan atau badan hukum di bidang kegiatan perdagangan. Oleh karena itu, identitas elemen tidak lagi sepele. Produk dan jasa yang Anda hasilkan lebih mudah dikenali oleh semua orang dan tidak dapat diklaim oleh orang lain. Kapten menerima semua hak untuk memproduksi sampai keuntungan habis. Merek juga dipandang sebagai media pemasaran, nama akan lebih mudah diingat oleh konsumen dan lebih mudah ditemukan pada saat barang/jasa tersebut dibutuhkan.

2. Perlindungan badan hukum

Hal ini sangat penting sebagai tameng utama ketika produk atau jasa yang Anda jual dan beli mulai mendapatkan banyak perhatian konsumen. Jika tidak ada pendaftaran merek, orang-orang yang tidak bertanggung jawab memiliki peluang besar untuk menyalin produk dan mengklaim merek Juragan hanya karena tidak ada perlindungan hukum yang kuat. Jika merek didaftarkan untuk barang atau jasa, penirunya dalam kesulitan dan dihukum. Juga, jika merek dagang terdaftar dan memiliki perwakilan hukum yang kuat, akan lebih mudah untuk mengajukan kasus ke pengadilan. Kapten bisa melakukan bisnis dengan lebih tenang!

3. Banyak peluang bisnis

Dengan menggunakan merek dagang, mudah untuk mengidentifikasi produk atau layanan Kapten. Peluang bisnis akan lebih mudah dengan bekerja sama. Aspek kedua memberikan peluang besar bagi merek dengan legitimasi dan identitas otentik yang bertujuan untuk saling menguntungkan di masa depan. Tentu saja, aktivitas kapten lebih berharga dalam hal keterlibatan media.

4. Mencegah Penggunaan Merek Dagang yang Tidak Sah

Seperti pada poin sebelumnya, merek dagang melindungi produk atau layanan dari risiko penggunaan merek yang tidak sah. Ini biasanya terjadi ketika sebuah merek mengklaim beroperasi di bawah merek Juragon, meskipun tidak ada izin tertulis sebelumnya. Jika ini terjadi, kepentingan kapten dapat dialihkan kepada orang lain. Tentu Anda tidak menginginkannya bukan? 5. Menambah nilai bagi perusahaan Selain kekuatan hukum dan alat periklanan, nama dagang juga digunakan sebagai merek perusahaan. Merek ini mengundang banyak investor untuk berinvestasi lebih banyak dan memungkinkan bisnis Captain lepas landas. Nilai jual ini bisa menjadi aset bisnis.

Prosedur Pendaftaran Brand Baru

Bagi Juragan yang baru launching usaha, ada baiknya melakukan pendaftaran nama dagang dengan mengikuti beberapa langkah bagaimana cara pendaftaran merek, berikut ini:

Baca Juga  Simak Ini Gampang, Begini Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju Bagi Pemula
  • Pertama, pengusaja wajib memesan kode billing atau nomor pembayaran di situs Simpaki sebelum beralih ke aplikasi Merek. Akses situs bisa langsung ke https://simpaki.dgip.go.id/
  • Kedua, lakukan pengisian data dalam kolom yang tersedia
  • Ketiga, lakukan pembayaran jika telah berhasil memesan kode billing
  • Keempat, login ke aplikasi Merek dan lakukan proses registrasi/ pendaftaram akun baru menggunakan e-filling lebih dulu
  • Setelah berhasil login ke aplikasi, lanjutkan dengan memasukkan data permohonan nama dagang, kemudian klik submit data permohonan secara online
  • Data merek yang sudah di-submit akan di-cross check oleh petugas.
Baca Juga  Cara Membangun Kepercayaan Dalam Bisnis Online

Kisaran Biaya Pendaftaran

Simak Pentingnya Pendaftaran Merek Dagang

Biaya pendaftaran merek dari lembaga yang berbeda memiliki nama yang berbeda tergantung pada layanan yang diberikan, bersama dengan kisaran biaya pendaftaran merek di Kekayaan Intelektual (HaI). Tugas usaha kecil: 500.000 rupee untuk media online dan 600.000 rupee untuk offline. Biaya Pedagang Umum: Rs 1.800.000 untuk media online dan Rs 2.000.000 untuk offline. Biaya pembaruan merek dagang adalah INR 5.000.000 hingga 6 bulan sebelum berakhirnya periode perlindungan merek dagang. Biaya pembaruan merek dagang setelah 6 bulan setelah berakhirnya masa perlindungan merek adalah INR 6.000.000. Biaya pengalihan merek adalah Rp 3.000.000. Tarif transfer untuk sertifikat merek adalah Rp 300.000.

Pendaftaran Merek Dagang

Agar Juragan semakin paham cara mendaftarnya, berikut cara lebih jelasnya untuk Juragan leewat website SIMPAKI, berikut ini:

  • Pertama, pesan kode billing di https://simpaki.dgip.go.id/
  • Pilih menu ‘Merek dan Indikasi Geografis’ di jenis pelayanan
  • Klik ‘Permohonan Pendaftaran Merek yang Diajukan Oleh’
  • Klik ‘Usaha Mikro dan Usaha Kecil’ atau ‘Umum’
  • Klik ‘Secara Elektronik (Online)’
  • Input atau masukkan data pemohon dan data permohonan, meliputi nama, alamat lengkap, email dan nomor ponsel yang dapat dihubungi
  • Kemudian lakukan pembayaran PNBP melalui internet banking/ ATM atau m-banking
  • Terakhir membuat akun di https://merek.dgip.go.id/, masukkan data yang dibutuhkan untuk mencetak draft tanda terima.
Informasi di atas bukan merupakan acuan tetap, karena bersifat sementara dan dapat berubah sewaktu-waktu dengan mengacu pada tarif nominal dan tata cara pendaftaran merek. Sekarang, Anda telah menyadari bahwa pendaftaran merek dagang penting untuk mengembangkan bisnis Anda dan menghindari kerugian besar di masa depan. Dalam mengelola keuangan bisnis Anda, Anda dapat mengandalkan program Bukuvarang, catatan transaksi yang sistematis, dan uangnya pasti besar!

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …