Breaking News

Simak Pembukuan Sederhana: Pengertian, Cara Membuat dan Contohnya

Simak Pembukuan Sederhana Pengertian, Cara Membuat dan Contohnya
makaryo.netSimak Pembukuan Sederhana: Pengertian, Cara Membuat dan Contohnya. Bisnis yang sukses dimulai dengan akuntansi terstruktur. Akuntansi atau pencatatan sangat penting untuk memantau perkembangan bisnis Anda. Anda dapat melacak keuntungan dan kerugian Anda dan semua transaksi Anda. Teorinya sederhana, tetapi ilmunya tidak bisa diabaikan. Apakah Anda berencana untuk memulai bisnis baru? Kami mendorong Anda untuk memahami teori akuntansi dan contoh yang diberikan dalam artikel ini.

Apa itu akuntansi?

Akuntansi sederhana adalah proses dokumentasi terstruktur untuk mengumpulkan data dan melaporkan transaksi keuangan. Dokumen keuangan yang dicatat meliputi kekayaan, pengeluaran, modal, pendapatan, anggaran, harga pendapatan yang masih harus dibayar, dan otorisasi barang atau jasa. Akuntansi selalu dilengkapi pada setiap periode dengan laporan. Berdasarkan laporan ini, saldo pendapatan dibuat yang mencerminkan keuangan perusahaan untuk periode tersebut. Ini disebut menutup buku. Di perusahaan besar, pendokumentasian pembukuan dilakukan oleh akuntan. Tidak mengherankan jika catatan keuangan perusahaan besar lebih terstruktur dan komprehensif. Karena usaha kecil sering diabaikan, catatan keuangan mereka tidak jelas. Inilah yang harus Anda harapkan dalam membangun bisnis.

Metode Umum dalam Pembukuan

Ada 2 metode umum untuk mencatat pembukuan dalam ilmu akuntansi yaitu sistem pembukuan input tunggal dan sistem berpasangan. Apakah perbedaan dua metode ini?

1. Sistem pembukuan masukan tunggal

Sistem ini banyak digunakan di perusahaan kecil dan menengah. Cara ini efektif untuk perusahaan yang melakukan transaksi sederhana dan huruf kecil. Sumber akuntansi yang digunakan adalah buku kas utama. Sistem single entry ini memiliki fitur yang sama dengan rekening giro. Tidak ada pengelompokan khusus untuk setiap item pendapatan dan pengeluaran.

2. Sistem Pemesanan Terhubung

Berbeda dengan cara sebelumnya, sistem double entry ini lebih umum digunakan oleh perusahaan besar. Entri berpasangan dianggap lebih baik daripada entri tunggal. Ada rekening khusus untuk pendapatan (debit) dan pengeluaran (kredit). Ini memudahkan akuntan dan perusahaan untuk melacak arus keuangan yang kompleks.

tipe akuntansi sederhana

Jika Anda memahami apa yang dimaksud dengan akuntansi, Anda akan memahami apa itu akuntansi. Dalam pembukuan, ada tiga jenis pembukuan dasar: persediaan, kas, dan persediaan.

1. Akuntansi Persediaan Produk

Akuntansi persediaan mencakup catatan semua aset perusahaan. Aset ini dapat diperoleh melalui pembelian atau hibah. Tujuannya untuk memudahkan pengawasan dan pencegahan penyalahgunaan aset perusahaan. Setiap barang yang dimiliki perusahaan diberi nomor dan kemudian dicatat dalam pembukuan.

2. Rekening Tunai Akuntansi

kas juga dikenal sebagai buku kas. Fungsinya untuk mendokumentasikan semua transaksi masuk dan keluar perusahaan. Sumbernya adalah bukti transaksi berupa invoice atau kwitansi. Ini adalah referensi buku kas ketika menyiapkan akun tahunan untuk periode tertentu.

3. Akuntansi persediaan

Akuntansi persediaan berguna untuk mencatat semua barang yang masih tersedia. Catatan ini sangat berguna untuk kegiatan penjualan perusahaan. Fungsi utama pembukuan persediaan adalah untuk memastikan bahwa persediaan barang masih aman. Dengan melihat catatan buku persediaan, perusahaan dapat mengetahui waktu restocking yang tepat. Selain itu, adanya pembukuan persediaan mencegah terjadinya kecurangan. Pelacakan lebih mudah jika Anda memiliki penjualan yang tidak tercatat.

Manfaat pembukuan untuk bisnis

Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan pembukuan dalam bisnis Anda.

1. Ketahui jumlah untung dan ruginya

 Tujuan utama bisnis Anda adalah untuk memaksimalkan keuntungan Anda. Akuntansi diperlukan untuk mencapai tujuan ini. Catatan buku memberi tahu Anda tentang jumlah keuntungan atau kerugian untuk periode tersebut. Jika saldonya positif, bisnis Anda dikatakan menguntungkan. Jika tidak, bisnis Anda akan menderita kerugian.

2. Memahami semua transaksi inbound dan outbound

 Untuk menjadi sukses dalam bisnis Anda, Anda harus mulai dengan transparansi keuangan. Semua transaksi penjualan harus dicatat secara rinci dan berurutan dari waktu ke waktu. Berkat akuntansi, ini mudah dicapai. Anda dapat dengan mudah memantau seluruh arus kas perusahaan Anda, termasuk penarikan dan penyetoran.

3. Materi penilaian pengembangan bisnis

 Salah satu manfaat pembukuan tersebut adalah mengetahui manfaat dan kerugiannya. Selain itu, akuntansi dapat digunakan sebagai dasar evaluasi. Pemilik bisnis seperti Anda pasti ingin bisnisnya berkembang dan menghasilkan lebih banyak keuntungan. Tinjau buku besar bisnis Anda dan bandingkan dengan strategi bisnis yang Anda kembangkan. Dengan mencerminkan data pada buku besar, perusahaan dapat menegosiasikan langkah-langkah strategis yang diperlukan untuk mencapai visi utama mereka. Jika kerugian setelah menerapkan strategi tinggi, perubahan diperlukan. Jika Anda mendapatkan banyak keuntungan dari strategi tertentu, kembangkan lagi.

Contoh akuntansi sederhana

Simak Pembukuan Sederhana Pengertian, Cara Membuat dan Contohnya

Berikut adalah beberapa contoh untuk membantu Anda lebih memahami akuntansi.

1. Pembukuan Inventaris Barang

Ini adalah contoh akuntansi persediaan dari PT Cahaya Terang Bright. Semua aset perusahaan diberi nomor dan didokumentasikan. Mereka terdaftar dalam urutan tanggal pembelian.

2. Akuntansi tunai

Ini adalah contoh buku kas atau buku kas umum milik CV Melati Mekar Mewangi. Semua pengeluaran dan pendapatan untuk tahun yang berakhir Maret 2020 tercantum dalam tabel.

3. Akuntansi persediaan

Tabel penerimaan/laporan pengeluaran barang milik Pom Mini Laju Prima memiliki contoh akuntansi persediaan. Apakah akuntansi tidak mudah dipahami? Sekarang saatnya mempraktikkan teori ini di organisasi Anda. Miliki bisnis yang lebih terorganisir dengan akuntansi sederhana. Semoga kamu berhasil.
Baca Juga  Memulai Bisnis Ayam Geprek? Simak Caranya!
Baca Juga  6 Tips Sukses Menjalankan Bisnis di Usia Muda, Bisa Raih Banyak Kekayaan!

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …