Breaking News

Simak Bedah Bisnis Kebab Baba Rafi & Hendy Setiono

Simak Bedah Bisnis Kebab Baba Rafi & Hendy Setiono
makaryo.netSimak Bedah Bisnis Kebab Baba Rafi & Hendy Setiono. Siapa yang tidak kenal dengan kebab Turki yang terkenal di sini? Sejak saat itu, bisnis kebab Baba Rafi menjadi perbincangan hangat di Indonesia karena sudah go internasional. Didirikan pada tahun 2003 oleh Hendy Setiono, perusahaan ini kini telah membuka 1.300 cabang di sepuluh negara. Meski dunia menghadapi pandemi covid-19 sejak awal tahun 2020, kedai Baba Rafi masih menjadi kebab yang digemari di Indonesia. Bagaimana tidak? Kebab yang ditemukan di seluruh Indonesia benar-benar enak dan akan membuat Anda kenyang. Penasaran dari mana kisah perjuangan Hendy Setiono membangun bisnis Baba Rafi dimulai? Sekarang simak pembahasan selengkapnya.

Kisah Sukses Bisnis Kebab Baba Rafi

“Setiap masalah adalah hadiah. Tanpanya tidak akan ada perkembangan.” -Antonio Robbins. Benar. Pendiri Baba Rafi mengalami hal ini di masa-masa awal perusahaannya. Dia gagal dan untuk beberapa alasan hampir bangkrut. Namun dengan kerja keras dan kesabarannya, Handy membuktikan bahwa kesuksesan pasti ada dibalik kegagalan.

1. Dengan rasa ingin tahu

Saya mulai dengan rasa ingin tahu tentang kebab saat mengunjungi ayah saya yang bekerja di Qatar. Saat itu, berjalan-jalan dan melihat beberapa toko kebab, rasa penasaran Hendy membuatnya membeli beberapa makanan oriental ini. Saat mengunyah doner kebab, rasanya sangat aneh di lidahnya, yang bisa dimaklumi karena dia yang pertama mencobanya. Namun tak disangka, seorang pria Surabaya menjadi kecanduan, pikiran bisnisnya berubah, dan dia melihat peluang bisnis jika kebab dijual di negara asalnya Indonesia.

2. Mulailah membangun bisnis

Anda Setelah Hindi kembali ke Indonesia, ia berencana bertemu kerabatnya Hasan Baraha yang berkecimpung di dunia kuliner. Mempercayai kerabat India mereka memungkinkan mereka untuk bereksperimen sampai mereka menemukan resep yang baik untuk bahasa orang Indonesia. Akhirnya, hingga tahun 2003, ia meminjam uang saudara perempuannya dan memulai sebuah perusahaan dengan modal 4 juta Rial. Di balik layar, Handy memutuskan untuk berhenti kuliah di Institut Teknologi Surabaya pada November untuk fokus pada bisnisnya. Akhirnya, toko pertama Hendy mulai dibuka di kawasan Jalan Nginden Semolo Surabaya.

3. Terobosan Baba Rafi Kebab

Pada usia 20 tahun, menjalankan perusahaan kebab, ia memutuskan untuk menikah dengan Neelam Sari dan mengembangkan bisnis kebab bersama. Setelah menikah, mereka memiliki seorang putra bernama Ravi Dharmawan. Sejak itu, ia mempertimbangkan untuk menamai perusahaan itu “Baba Ravi” dengan nama putranya. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Turki merupakan produsen kebab terkemuka, yang secara resmi mengambil nama perusahaan Turkish Kebab Baba Ravi.

4. Hits Barbara Ravi

Karena Hendy minim pengetahuan tentang dunia bisnis, ia harus selalu belajar secara otodidak, mulai dari pemasaran dan manajemen keuangan hingga perencanaan bisnis. Setahun kemudian, orang India membuka dan mengelola 6 kebab baba tipis, dan di tahun ketiga mereka bisa membuka 25. Hingga akhir tahun 2005, PT Baba Rafi Indonesia telah membuka waralaba di banyak pulau di Indonesia seperti Jawa, Bali, Sulawesi, Sumatera dan Kalimantan.

5. Utang miliaran rupiah

Seperti halnya pengusaha pada umumnya, bisnis selalu mengalami pasang surut. Pada usia 6 tahun, seorang India dan istrinya terjerat utang 14 miliar rupee dalam urusan Baba. Karena Hendy tidak mampu membayar pada saat itu, Hendy dan istrinya akhirnya mempertimbangkan untuk menjual bisnis yang telah mereka bangun selama bertahun-tahun kepada orang lain. Namun, karena keduanya memiliki pikiran yang kuat dan semangat untuk belajar bagaimana meningkatkan kinerja bisnis mereka, utang 14 miliar itu akhirnya dapat dilunasi. Handy dan istrinya sudah mulai membangun kembali dan mengembangkan bisnis rekreasi luar ruang Babara Fick Kebab.

6. Pengembangan Bisnis di Luar Negeri

Puas dengan menggenjot bisnis kebab dalam negeri, Handi mulai berekspansi ke luar negeri pada 2010. Dengan kesuksesan ini, Kebab Turki Baba Rafi mengubah slogannya dari “satu tidak pernah cukup” menjadi “rantai kebab terbesar di dunia”. Setelah sukses berekspansi ke 1.000 toko di Indonesia, Malaysia dan Filipina, Babarafi Turkish Kebab menjadi franchise kebab pertama yang merealisasikan ekspansi toko terbesar di dunia. Hingga Hendy menyebarkan Kebab Turki Baba Rafi pada tahun-tahun berikutnya ke Sri Lanka, Singapura, China, Brunei Darussalam, India, Bangladesh dan berbagai negara lainnya. Saat ini terdapat lebih dari 1.300 toko di Indonesia dan 68 toko di sembilan negara lainnya. Atas prestasinya, Baba Rafi’s Business menerima Penghargaan Kewirausahaan Indonesia 2006 untuk Usaha Kecil Menengah yang diserahkan pada saat itu oleh Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Selain itu, Hendy kerap menerima beberapa penghargaan bergengsi lainnya, hingga 2016, saat Kebab Baba Rafi meraih waralaba global pertama yang diberikan langsung oleh Joko Widodo, Presiden Indonesia.

Strategi Bisnis Kebab Baba Rafi

Kalau Juragan penasaran mengapa bisnis kebab Baba Rafi ini bisa laku dipasaran, kami merangkum bagaimana strategi Hendy dalam mengelola bisnisnya, ada beberapa hal yang mungkin bisa Juragan contohkan.

Baca Juga  10 Ide Kegiatan Positif Saat WFH Dadakan, Cobain yuk!

1. Membawa Sesuatu yang Baru

Ketika Hendy baru memulai bisnis kebab pada tahun 2003, hanya sedikit orang yang tahu tentang kebab. Banyak orang yang tertarik dengan rasanya yang disebut-sebut sebagai pionir penjualan kebab.

2. Mengenal pasar Indonesia

Seperti yang Anda ketahui, orang Indonesia cenderung menyukai hal-hal baru. Oleh karena itu, hidangan apa pun yang masuk ke Indonesia akan mudah masuk karena banyak orang. Pabarfi Kebab terus menambah gerai baru untuk memenuhi minat masyarakat akan masakan Timur Tengah, terutama di area ramai seperti mal.

3. Perluas menu

Apa yang menarik jika Anda hanya memiliki satu pilihan menu? Strategi bisnis kebab Babarvi memperluas menu kebab pakori, kebab ayam, kebab campuran dan banyak lagi, memberikan konsumen banyak pilihan. Ada juga menu dengan berbagai rasa seperti burger, sandwich, dan cannes.

4. Kustomisasi yang tepat

Simak Bedah Bisnis Kebab Baba Rafi & Hendy Setiono

Sebelum melebarkan sayapnya ke luar negeri, baba ravi kebab hanya untuk orang Indonesia. Setelah melihat kesuksesannya di Indonesia, Handi akhirnya berani berekspansi ke luar negeri dengan harapan usahanya laris manis di sana. Bisnisnya terbukti laris di banyak toko dengan penjualan mencapai puluhan juta.

5. tentang teknologi

Meski kini banyak pesaing, Kebab Barbarafi masih menjadi franchise utama di Indonesia. Bagi Hendy, persaingan tidak hanya datang dari makanan sejenis, tetapi juga dari perubahan gaya hidup yang membuat banyak anak muda memesan makanan secara online. Maka ketika layanan pesan-antar makanan seperti Go-Food menjadi trend, ia langsung mengadaptasi dan mendaftarkan kebab BabaRafi. Selain itu, untuk menstabilkan bisnis kebab, Hendi berinovasi dengan memproduksi kebab beku untuk dijual di Internet. Hai Kapten! Tertarik untuk memulai bisnis penuh dengan bisnis kebab Barbarafi? Mulailah bisnis Anda sekarang, jangan lama-lama. Ada rekomendasi aplikasi untuk membantu bisnis Anda mengelola pelaporan keuangan. Buku Warung adalah aplikasi pencatatan uang digital yang dirancang untuk UMKM. Dengan aplikasi ini Anda dapat melihat keuntungan dan melaporkan uang masuk dengan mudah. Bisnis kebab Baba Rafi adalah contoh yang baik bagi siapa saja yang memimpikan bisnis. Apa yang sedang Anda cari? Download Buku Warung sekarang!

Check Also

Guide to Creating a Business Plan With Template

To turn your business plan real, you’ll require a business plan. These templates for business plans …