Breaking News

Simak 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis

Simak 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis
makaryo.net Simak 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis. Untuk melakukan bisnis Anda harus berhati-hati mungkin. Berbagai persiapan harus dilakukan sebelum boarding. Artikel ini menjelaskan berbagai persiapan untuk memulai bisnis. Ya, Anda bisa memulai bisnis hanya setelah menyiapkan berbagai langkah di bawah ini. Sekarang ikuti artikel kami sampai akhir!

5 Persiapan memulai bisnis

Impian Milenial Terbaru Menurut survei terbaru tahun 2021, 7 dari 10 Gen Z dan Milenial ingin berwirausaha. Ada orang yang ingin benar-benar menjadi pengusaha sukses, dan ada pula yang hanya “berbicara” atau mengikuti saja. Kami berharap pembaca kami tidak semua “pembicara” yang ingin menjadi “pengusaha” karena mereka berpikir “bisnis” yang hanya “berbicara” selalu menguntungkan. Padahal, memulai bisnis harus dilakukan dengan semaksimal mungkin untuk meminimalkan kerugian di awal. Jika Anda benar-benar ingin memulai bisnis, lakukan yang terbaik untuk mempersiapkannya. Berikut adalah lima persiapan untuk memulai bisnis.

1. Persiapkan Business Plan

Langkah pertama, kapten harus menyiapkan rencana bisnis, karena komponen ini adalah dasar dari perencanaan komersial pola. Secara umum, rencana bisnis adalah dokumen tertulis yang berisi perencanaan lengkap yang terkait dengan bisnis yang ingin dijalankan oleh suatu pihak.

Berikut ini berbagai jenis business plan yang perlu Juragan ketahui : 

  • Perencanaan Bisnis Start Up 
  • Perencanaan Bisnis Strategik 
  • Perencanaan Bisnis Operasional 
  • Perencanaan Bisnis Pengembangan 
  • Perencanaan Bisnis Pertumbuhan 

Itulah ke-5 jenis business plan atau perencanaan bisnis yang perlu Juragan ketahui. Masing-masing dari jenis business plan di atas memiliki fungsi berbeda. Bagi calon pebisnis, umumnya yang biasa digunakan adalah Perencanaan Bisnis Strategik.

Dengan membuat suatu perencanaan bisnis, Juragan bisa merencanakan tujuan perusahaan, strategi yang akan digunakan, metode pemasaran yang dicanangkan, dan lain sebagainya. Sehingga bagian dari perusahaan bisa bergerak secara sinergi untuk mencapai tujuan tersebut.  

2. Persiapan Modal Usaha

Berikutnya, komponen yang digunakan untuk memulai suatu bisnis yaitu mempersiapkan modal usaha. Modal bisnis tersebut umumnya tidak didapatkan dari satu pihak atau uang pribadi saja, akan tetapi juga didapatkan dengan berbagai metode. 

Namun sebelum beranjak ke pembahasan tersebut, ketahui ke-3 jenis modal usaha tersebut : 

  • Modal investasi : jenis modal yang digunakan untuk merintis suatu perusahaan, serta memiliki sifat terus menyusut per tahunnya. Umumnya, modal yang satu ini digunakan untuk membeli aset perusahaan. 
  • Modal Kerja : jenis modal yang digunakan untuk membayar biaya yang dibutuhkan perusahaan dalam jangka pendek. Umumnya, modal yang satu ini juga disebut sebagai modal produksi, serta memiliki liabilitas tinggi. 
  • Modal Operasional : jenis modal yang digunakan untuk membayar biaya operasional perusahaan. Biasanya, biaya ini dikeluarkan tiap bulan atau tiap tahun, tergantung dari kebutuhan aset perusahaan tersebut. 
Baca Juga  Simak Pengertian Apakah Saham Itu Judi? Bisa Jadi Atau Tidak Untuk Seorang Pengusaha

Ada 3 jenis modal yang dibutuhkan perusahaan, dan berikut ini cara mendapatkan modal perusahaan yang Juragan bangun : 

  • Melalui tabungan pribadi
  • Pinjaman pribadi 
  • Pinjaman dari lembaga keuangan 
  • Menjual aset perusahaan 
  • Penggalangan dana 
  • Dari hasil penjualan / sales 
  • Berasal dari investor 

3. Menentukan Target Pasar

Ketika ingin memulai bisnis, penting bagi Juragan untuk melakukan riset tertentu untuk menentukan target pasar. Ada cukup banyak manfaat menentukan dan mengenali target pasar dari bisnis yang akan kita dirikan. Berbagai manfaat tersebut adalah sebagai berikut : 

  • Bisa membuat produk yang ditawarkan menjadi lebih bersaing daripada produk kompetitor 
  • Bisa membuat konten promosi sesuai dengan target pasar yang ingin dicapai 
  • Bisa langsung berkomunikasi dengan pelanggan melalui produk yang ditawarkan 
  • Bisa meningkatkan penjualan dari produk yang perusahaan Juragan tawarkan 

Banyak manfaat di atas bisa dicapai dengan cara menentukan target pasar yang ingin dituju. Ketika ingin menentukan target pasar, berikut langkah yang paling tepat : 

  • Mengidentifikasikan bisnis Juragan dengan menjawab pertanyaan What, Why, Where, Who, When, dan How (5W+1H)
  • Lakukan komunikasi secara intens dengan para klien sebelumnya 
  • Carilah feedback dan lakukan riset terhadap timbal balik yang telah diperoleh 

4. Lakukan Branding

Berikutnya, pastikan untuk melakukan branding demi meningkatkan brand awareness perusahaan Juragan di mata masyarakat. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk melakukan branding. Berikut ini sedikit di antaranya : 

  • Gencar melakukan promosi di media sosial 
  • Lakukan perumusan brand agar nantinya mudah diingat oleh para pembeli 
  • Buatlah strategi pengiklanan yang membuat brand produk Juragan semakin viral 
  • Ikutlah berbagai event pameran, bazaar, dan lain sebagainya 

Dengan melakukan branding, merk yang diusung oleh perusahaan Juragan nantinya bisa semakin mendapatkan tempat di tengah-tengah masyarakat. Lakukan branding secara rutin, agar bisnis Juragan semakin maju. 

Baca Juga  Simak Contoh Ide Usaha Kecil dan Menengah yang Patut Dicoba

5. Adding Value pada brand 

Langkah terakhir yang dapat digunakan sebagai metode untuk memulai bisnis dan mempersiapkan pertempuran dengan pesaing adalah nilai tambah untuk merek yang merupakan pelopor.

Dengan menambahkan beberapa nilai pada merek yang terjadi, pembeli akan semakin tertarik pada merek Skipper. Karena itu, mereka enggan pindah ke merek lain.

Berikut ini keuntungan yang didapatkan perusahaan yang berhasil melakukan adding value steps untuk brand mereka : 

  • Produk bisa dibeli harga lebih mahal 
  • Brand produk tersebut bisa lebih menarik perhatian pembeli dibandingkan produk dari kompetitor 
  • Biaya produksi untuk menghasilkan barang tersebut akan semakin bisa ditekan 
Ini adalah 5 langkah yang perlu Anda ketahui dan praktikkan untuk memulai bisnis. Lakukan berbagai poin di atas untuk meningkatkan pekerjaan pemimpin dari waktu ke waktu. Kami secara tidak langsung membantu mempromosikan kegiatan pengelolaan keuangan perusahaan. Rahasianya hanya dengan mengunduh aplikasi Buku Warung.

Gunakan BukuWarung untuk Memulai Bisnis!

Simak 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis

Proses penciptaan bisnis harus berlangsung selangkah demi selangkah, dan selalu dikendalikan dari sudut pandang keuangan. Di BukuWarung, kami membantu Anda mengelola keuangan bisnis Anda dengan lebih baik. Aplikasi BukuWarung kami menyediakan platform untuk mencatat transaksi keuangan bagi para pebisnis yang menggunakannya. Anda dapat menjadi salah satu dari jutaan pihak yang menggunakan aplikasi kami. Tentunya keuangan perusahaan bisa lebih tertata dengan baik jika setiap riwayat transaksi keuangan tercatat di aplikasi kita. Tak heran jika aplikasi yang kami kembangkan sangat populer di kalangan pebisnis. BukuWarung tidak hanya menyediakan catatan keuangan perusahaan yang sederhana, tetapi juga menyediakan antarmuka yang mudah digunakan bagi pengguna. Karena orientasi yang berbeda dari aplikasi ini dalam hal copywriting, aplikasi ini dapat dengan mudah digunakan oleh pengguna yang tidak terbiasa dengan teknologi keuangan. Nah, Anda sudah tahu cara memulai bisnis seperti yang dijelaskan di atas. Jika perusahaan Skipper bisa berkembang melalui pembuatan rencana bisnis, modal kerja, target pasar, branding, nilai dan catatan keuangan, bukan tidak mungkin. Pastikan Anda selalu menggunakan aplikasi BukuWarung untuk memulai bisnis di era milenial saat ini. Anda dapat mengunduhnya langsung dari Google Play Store atau dengan mengunjungi tautan di bawah ini. Ayo sukses bersama BukuWarung!

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …