Breaking News

Pentingnya Paham Cara Mengelola Stok Barang

Pentingnya Paham Cara Mengelola Stok Barang
makaryo.netPentingnya Paham Cara Mengelola Stok Barang. Dalam menjalankan sebuah bisnis baru, seorang pebisnis harus mempertimbangkan banyak faktor sebelum bulat memutuskan take action. Strategi pemasaran, pemilihan kualitas produk, hingga cara mengelola stok barang harus disusun sistematis, tujuannya agar bisnis berjalan lancar dan dapat cepat berkembang. Juragan yang sedang ingin memulai bisnis atau yang sudah berkecimpung didalamnya, wajib mencari sumber informasi tepat untuk menemukan solusi dan jawaban atas pertanyaan seputar pengembangan bisnis.
Aktivitas stok barang
menjadi titik tumpu bagi suatu bisnis. Bagaimana tidak, pengelolaan barang yang tepat akan membuat arus barang lancar, customer pun bisa langsung mendapatkan produk yang mereka cari tanpa pernlu menunggu. Tentunya hal ini dapat menambah nilai bagi perusahaan dan konsumen tidak ragu untuk mempercayai Al Rabban. Memahami stok Persediaan barang hanyalah sebuah kegiatan yang menghitung ketersediaan fisik barang di gudang. Tujuannya adalah untuk mencatat dan memesan jumlah item secara akurat dan melacak pergerakannya dengan mudah. Manajemen persediaan produk dapat dilakukan oleh karyawan perusahaan yang berwenang untuk mengumpulkan data. Pada umumnya mereka masih menggunakan cara tradisional dengan buku besar stok dan kartu stok yang diisi tangan. Kegiatan ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran, karena sangat melelahkan jika jumlah dan variasi produk yang didaftarkan sangat banyak. Dimungkinkan juga untuk menemukan barang yang rusak atau cacat, menyimpannya sehingga dapat segera dilacak, dan dengan demikian kerugian dapat ditekan seminimal mungkin.

Penyebab kelalaian di gudang

Faktor terpenting dalam pengolahan barang, selain pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi, adalah beberapa kali penarikan barang dari gudang. Termasuk berikut ini:

1. Persediaan/Barang

Salah Bisnis membutuhkan departemen gudang untuk memelihara inventaris yang dicatat secara teratur dan waktu nyata. Hal ini dilakukan untuk memastikan kuantitas dan status persediaan Ablanc ditampilkan dengan jelas dan tidak mengganggu proses pengadaan selanjutnya. Inventarisasi barang tanpa akurasi yang lengkap menyebabkan data yang tidak akurat, yang berdampak pada permintaan barang yang tidak terkendali. Misalkan seorang pelanggan ingin membeli produk Juragan yang terjual habis di sebuah toko, tetapi Juragan masih menawarkan layanan dan produk tersebut masih dalam catatan persediaan. Namun, saat saya check out, barang tersebut sudah habis. Tentu hal ini bisa membuat pelanggan kecewa.

2. Rencanakan aliran barang terlarang

Cara pencatatan persediaan produk tanpa sistem yang jelas dan akurat membuat perencanaan barang keluar masuk menjadi sulit. Kondisi ini juga berdampak signifikan terhadap branding bisnis. Misalnya, jika tidak tepat untuk menjadwalkan produk masuk, keakuratan penjadwalan masuk dapat dikurangi dan keuntungan masa depan perusahaan dapat berkurang. Arus barang, baik yang keluar maupun yang masuk, merupakan perencanaan barang yang terus menerus di tengah. Keduanya perlu diimbangi dengan data yang akurat untuk memastikan bahwa rencana tersebut benar dan tidak salah.

3. Pemantauan arus barang yang tidak memadai

Penyebab lain kelalaian inventaris adalah pelacakan terbatas bila dilakukan secara manual. Masalah pada monitoring akan berdampak pada pengambilan keputusan ketika melakukan perencanaan barang masuk dan keluar. Contohnya seperti monitoring barang keluar, pada saat proses dirtibusi, ketika tidak tersedianya barang tetapi tidak tercatat oleh sistem Kondisi demikian sangat sering terjjadi di banyak bisnis yang meminili sistem pengelolaan barang yang buruk. Jika kelalaian semacam ini terjadi, tentu merugikan bisnis Juragan.

Cara Mengelola Stok Barang yang Tepat

Setelah memahami penyebab kelalaian dalam kegiatan stok barang yang punya dampak besar pada pengembangan bisnis. Saaatnya menggetahui pengelolaan stok barang yang tepat berikut ini:

1. Buat inventaris

Informasi data penting untuk memantau status persediaan di gudang. Data yang akurat dan terperinci memudahkan pemantauan, pengambilan keputusan, dan tindakan lebih lanjut untuk mengelola inventaris Anda berikutnya. Muat data secara lengkap pada informasi jenis barang, karena informasi pada data tersebut menjadi dasar

2. Buat perkiraan inventaris

Peramalan persediaan berarti membuat perkiraan kasar jumlah barang yang akan ditambahkan sebagai stok di gudang. Lihat saja data penjualan periode lalu jika Anda telah menjual 100 item per bulan dalam 12 bulan terakhir. Jadi mungkin Anda perlu 100 lembar saham bulan depan. Namun waspadalah terhadap momen-momen spesial seperti liburan atau sekolah. Anda memahami kondisi pasar dan menggunakan momen tersebut untuk meningkatkan penjualan Anda.

3. Kode setiap produk

Karena ada banyak jenis dan variasi produk, sangat berlebihan jika Anda tidak mengelompokkannya dan menerapkan tag khusus. Menulis kode untuk produk apa pun adalah solusi yang cocok, dan metode ini telah lama digunakan oleh banyak gudang perusahaan besar untuk mengontrol aliran material dari inventaris. Kodu adalah metode otomatis khusus yang dapat sangat membantu dalam mengenali dan menyebutkan jenis produk dalam waktu singkat.

4. Pisahkan inventaris lama dan baru

Metode pencatatan persediaan lama dan baru sangat memudahkan untuk mengontrol arus masuk dan keluar persediaan di gudang. Ketika stok lama dan baru dicampur, sangat sulit untuk menentukan produk mana yang akan dirilis terlebih dahulu, dan karena tanggal kedaluwarsa ditampilkan, mungkin tidak segera dirilis karena tanggal kedaluwarsa semakin dekat. .. Hal-hal kecil seperti pemisahan stok jelas bisa berdampak besar jika dibiarkan. Bukan tidak mungkin sebuah bisnis bisa hilang dan tidak berkembang.

5. Pemeriksaan barang sebelum disimpan

Pemeriksaan atau pemeriksaan barang sebelum penyimpanan merupakan cara yang efektif untuk menjaga kualitas produk selama masa penyimpanan. Resiko barang tercampur akan lebih rendah, misalnya ada beberapa barang cacat bercampur dengan barang berkualitas, jelas hal ini akan mempengaruhi kualitas barang yang ada di stok. Pelanggan juga bisa kecewa jika produk tidak dalam kondisi sempurna.

Manajemen gudang melalui aplikasi Sekarang

Pentingnya Paham Cara Mengelola Stok Barang

, kapten pasti sudah memahami pentingnya manajemen persediaan dalam bisnisnya. Pengelolaan persediaan memang tidak mudah, apalagi jika dilakukan dengan cara manual atau tradisional. Risiko kesalahan manusia sering terjadi, dan putus sekolah seperti itu tidak dapat diprediksi dan sulit dicegah secara konsisten agar tetap berlaku untuk simpanan. Seiring dengan perkembangan teknologi, para pengembang telah mampu menciptakan aplikasi yang memudahkan bisnis. Aplikasi manajemen persediaan juga tersedia dan disambut hangat oleh banyak pengusaha. mengapa? Karena aplikasi dapat menjadi solusi dari berbagai penyebab kelalaian dalam inventarisasi barang yang berdampak pada bisnis. Pengelolaan inventaris berbasis digital tentunya lebih akurat, lebih efisien dan lebih efektif untuk digunakan. Salah satunya adalah aplikasi BukuWarung yang memiliki beragam fitur untuk meningkatkan aktivitas juragan. Pelacakan keuangan bisnis, koleksi, dan fungsi manajemen inventaris ada di ujung jari Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi dari PlayStore, gratis!
Baca Juga  Mengenal 5 Perbedaan Reksadana dan Saham

Check Also

Guide to Creating a Business Plan With Template

To turn your business plan real, you’ll require a business plan. These templates for business plans …