Breaking News

Pentingnya Dana Darurat dan Begini Rumusnya!

Pentingnya Dana Darurat dan Begini Rumusnya!
makaryo.netPentingnya Dana Darurat dan Begini Rumusnya!. Tentu saja, selain menabung untuk kebutuhan sehari-hari, bukankah Anda juga menabung untuk menabung? Kini, selain untuk menabung, pemiliknya juga menyimpannya untuk dana darurat atau emergency fund. Sekarang, dana ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terduga. Apakah Anda tahu uang cepat ini sebelumnya? Lantas, seberapa penting dana tanggap darurat bencana ini? Jadi, baca detailnya di bawah ini!

Apa itu dana darurat?

Penting untuk menyisihkan uang untuk ditabung guna memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mendukung kehidupan Anda. Plus, Anda tahu Anda perlu menyiapkan dana darurat, bukan? Apa artinya ini? Seperti namanya, dana darurat adalah dana yang dibentuk untuk mempersiapkan berbagai situasi yang tidak terduga atau darurat di masa depan. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari dana darurat ini ketika Anda berada dalam situasi keuangan yang sangat sulit. Misalnya, jika seseorang dalam keluarga Anda sakit setiap hari dan harus pergi ke rumah sakit, biayanya tentu sangat besar, bukan? Nah jika ini terjadi Anda bisa menggunakan uang darurat ini untuk menutupi biaya pengobatan dan rumah sakit. Karena itu, kapten juga akan merasakan stabilitas keuangan yang baik. Dengan perbedaan antara uang sehari-hari, uang tabungan dan uang darurat, Anda hanya dapat menggunakan kredit darurat ini ketika Anda benar-benar membutuhkannya, sehingga Anda tidak akan pernah dapat menggunakannya setiap hari. Nah, tujuan dari uang darurat ini adalah untuk kehidupan yang akan datang. Apakah Anda sudah memahami arti dari tabungan darurat? Lantas apa sajakah uang darurat ini dan fungsi dari uang darurat tersebut?

Fungsi Dana Darurat bagi Masa Depan

Sebelumnya Juragan telah mengetahui bahwa dana darurat atau uang darurat ini akan memberikan kemudahan bagi Juragan yang mengalami keadaan yang tak terduga.

Nah, berikut ini kami paparkan fungsi dari uang darurat:

1. Sebagai biaya pengobatan

jika sakit Tubuh yang sehat tentunya pola makan yang baik, karena ketika sedang sakit pasti membutuhkan uang untuk berobat. Nah, jika Anda sudah memiliki uang darurat, Anda akan merasa aman jika suatu saat anggota keluarga Anda sakit. Dalam hal ini sudah pasti penyakit yang memerlukan perawatan di rumah sakit, sehingga diperlukan rawat inap, atau bahkan jika ada anggota keluarga yang cedera. Dalam keadaan tak terduga seperti itu, nakhoda dapat menggunakan uang darurat yang dimilikinya untuk berobat. Karena itu, nakhoda tidak perlu berhutang untuk membayar biaya rawat inap.

2. Bersiaplah untuk Bencana

Selain penyakit, bencana juga menjadi situasi yang tidak terduga. Bahkan ketika Anda sedang dilanda bencana, setidaknya Anda memiliki beberapa tabungan darurat yang dapat Anda gunakan nanti. Dengan demikian, kehidupan nahkoda dan keluarganya akan menjadi lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan setelah bencana melanda.

3. Biaya Perbaikan Properti Pribadi

Fungsi lain dari uang darurat ini adalah untuk membayar biaya perbaikan barang milik pribadi Anda. Dalam hal ini barang-barang pribadi dapat berupa sepeda motor, handphone atau apartemen. Jika salah satu barang Anda perlu diperbaiki karena rusak, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari uang darurat ini! Manfaat uang darurat ini akan terasa ketika Anda merasakan kondisi tersebut. Oleh karena itu, inilah arti dari uang darurat untuk masa depan.

4. Hemat anggaran saat Anda tidak bekerja

Memiliki pekerjaan atau bisnis yang cemerlang sebenarnya adalah impian besar setiap orang. Tetapi bagaimana jika suatu hari Anda menghadapi perampingan atau PHK? Nah, dengan uang tunai darurat ini, Anda dapat mengamankan hidup Anda sebelum Anda mendapatkan pekerjaan. Kebutuhan minimum harian kapten masih terpenuhi meskipun dia tidak lagi memiliki penghasilan.

5. Untuk menghindari hutang

Fungsi lain dari adanya dana darurat ini adalah untuk mencegah juragan meminjam uang. Mengapa demikian? Ya, tentu saja dengan uang tunai instan yang Anda miliki, Anda dapat mengandalkan kebutuhan mendesak Anda tanpa harus meminjam atau meminjam dari orang lain. Keuangan Anda terlindungi karena dana esensial ini memiliki fungsi yang baik untuk memenuhi kebutuhan mendesak Anda. Nah, itulah beberapa ciri dari adanya dana darurat. Tentunya setiap orang memiliki kebutuhan daruratnya masing-masing, sehingga hal ini dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terduga.

Cara Menghitung Dana Darurat

Setelah mengetahui pentingnya dana darurat, Anda bisa menyiapkan setoran khusus untuk menyimpannya. Namun, Anda juga harus menyadari bahwa jumlah uang darurat untuk setiap orang akan berubah setiap bulan tergantung pada pendapatan dan kebutuhan Anda. Jika Anda masih lajang, kerabat dekat Anda akan berbeda setiap bulan, jadi jelas kebutuhan yang Anda perlukan saat menikah nanti akan berbeda. Bagaimana cara menghitung dana darurat? Metodenya adalah sebagai berikut.

1. Formula pendanaan darurat untuk para lajang

Jika Anda lajang atau lajang, Anda tidak memiliki tanggungan dan persyaratan bulanan yang diperlukan sangat rendah. Untuk itu, sebaiknya siapkan uang darurat sekitar 3 sampai 6 kali lipat dari pengeluaran bulanan biasanya. Bagaimana Anda menghitung? Misalnya, Anda memiliki 2 juta pengeluaran bulanan dan 12 juta uang yang perlu Anda kumpulkan secara terpisah. Setidaknya uang yang disiapkan cukup untuk menutupi biaya minimal 3-6 bulan.

2. Formula dana darurat untuk pasangan baru

Bagi yang baru menikah dan belum memiliki anak, mungkin membutuhkan biaya minimal 7-9 kali lipat dari total pengeluaran bulanan. Jadi, jika Anda dan pasangan menghabiskan sekitar 3 juta sebulan, Anda dapat mengalikannya dengan 9 untuk mendapatkan uang yang Anda butuhkan untuk mendapatkannya menjadi 27 juta.

3. Formula dana darurat untuk pasangan dengan anak

Pentingnya Dana Darurat dan Begini Rumusnya!

Tentunya jika sudah memiliki istri dan anak, kebutuhannya bertambah setiap bulannya. Hal ini juga berpengaruh pada uang darurat yang harus Anda siapkan minimal 10 sampai 12 kali pembayaran bulanan Anda. Jadi jika pengeluaran bulanan Anda 5 juta, Anda bisa mengalikannya dengan 12. Jadi total yang perlu Anda siapkan adalah 60 juta. Terkejut dengan jumlah total yang harus Anda bawa? Ya, hal ini tentunya bisa disesuaikan dengan pendapatan juragan per bulan. Dengan strategi dan latihan yang tepat, tentunya mengumpulkan menjadi lebih mudah.

Nah, berikut adalah strategi yang bisa Juragan coba :

  • Menghitung rata-rata pengeluaran setiap bulannya untuk mendapatkan jumlah dana yang tepat
  • Mengalokasikan dana dari penghasilan sekitar 10%-20% untuk 10 bulan ke depan sebagai uang darurat
  • Memantau dana dengan menggunakan aplikasi BukuWarung agar lebih mudah dan akurat. Juragan bisa download aplikasi kami melalui .
Agar dana darurat yang dibutuhkan bisa terkumpul sesuai target, maka Juragan harus tetap memonitor pengeluaran serta pemasukan Juragan setiap bulannya. Juragan tak perlu mencatatnya di buku tulis, karena sekarang juga ada aplikasi kekinian yang dapat membantu memantau keuangan Juragan, lho! Tentu Juragan sudah mengenal BukuWarung, kan? Nah, melalui aplikasi kami, Juragan bisa mengatur pengeluaran serta pemasukan dengan mudah dan akurat, sehingga memudahkan Juragan untuk menyimpan uang darurat. Aplikasi BukuWarung sudah tersedia di Play Store lho! Juragan juga bisa download aplikasinya melalui link berikut. Selamat Mencoba!
Baca Juga  Buka Jasa Kursus Service Laptop, Hasilnya Menjanjikan
Baca Juga  Simak Informasi Lengkap Tentang Laba

Check Also

Bank Digital di Indonesia

Bank Digital di Indonesia

makaryo.net –Bank Digital di Indonesia. Tren digitalisasi sudah mulai merambah semua bidang kehidupan, salah satunya …