Breaking News

Mindring: Pengertian, Sejarah dan Fungsinya

Mindring Pengertian, Sejarah dan Fungsinya
makaryo.netMindring: Pengertian, Sejarah dan Fungsinya. Karya Mindring masih dapat ditemukan di beberapa daerah, khususnya Jawa. Mindring merupakan salah satu solusi komunitas untuk memenuhi kebutuhan sandang dan furniture Anda. Apa sebenarnya Mindring dan bagaimana sejarahnya di Indonesia? Penjelasan BukuWarung di bawah ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, mind ring adalah cara menjual barang yang bisa dicicil. Jadi pembeli tidak harus membayar barangnya, melainkan mencicil dalam jangka waktu tertentu. Pengikatan lebih sering terjadi pada masyarakat kelas menengah. Terutama masyarakat pedesaan yang sebagian besar berprofesi sebagai petani. Mereka tidak memiliki gaji bulanan dan bergantung pada pendapatan dari penjualan komoditas pertanian. Petani di pedesaan umumnya mengandalkan otak untuk kebutuhan rumah tangga dan sandang. Diyakini bahwa membeli berbagai produk dengan cicilan seperti itu jauh lebih mudah daripada membeli secara tunai.

Sejarah Mindring

Pemerintah Hindia Belanda mulai menetapkan aturan baru mengenai pembayaran pajak di daerah jajahannya. Dulu, masyarakat bisa membayar pajak atau memanen hasil pertanian dengan kerja wajib. Namun pada tahun 1800-an, Hindia Belanda mengganti pajak dengan uang tunai. Aturan ini otomatis meningkatkan kebutuhan masyarakat akan uang. Cara paling umum bagi masyarakat untuk mendapatkan uang adalah dengan menyewa tanah dari perusahaan perkebunan. Penyewaan tanah memecahkan masalah kekurangan dana masyarakat. Sayangnya, ini menimbulkan masalah baru: petani kehilangan lahan untuk menanam tanaman mereka. Akhirnya para petani memilih menjadi buruh di lahan yang mereka sewa dari perusahaan petani. Pemerintah Hindia Belanda juga sangat diuntungkan dari situasi ini. Namun, pemukim mendapatkan tanah untuk sewa yang sangat wajar. Juga, upah buruh tani tidak masuk akal. Pada saat itu, orang hidup dalam kondisi yang sangat sulit. Kesulitan manusia diperparah oleh perubahan teknologi. Orang menghadapi tantangan untuk mengganti produk lama dengan yang baru menggunakan teknologi baru.

Beberapa contoh pergeseran teknologi ini antara lain:

Baca Juga  Caranya Dapat Cuan dari Ngonten, Inilah Cara Membuat Toko di TikTok Shop
  • Korek api menggantikan batu api 
  • Minyak tanah menggantikan minyak kacang
  • Piring menggantikan daun pisang untuk alas makan
Modernisasi yang berlangsung pada masa kolonial dimanfaatkan oleh para imigran Tionghoa. Mereka biasa berdagang barang-barang yang berbeda dengan berkeliaran di daerah pedesaan. Pedagang Cina berkeliling memainkan alat musik yang disebut klonthong. Oleh karena itu, mereka sering disebut sebagai pedagang Klontong. Hanya saja, pembeli tidak harus membayar harga penuh untuk barang yang dibelinya. Pedagang Klonthong menawarkan opsi pembayaran kredit. Pembeli dapat membayar barang yang dibelinya. Strategi ini sangat berguna bagi orang-orang dalam situasi ekonomi yang sulit. Diperkenalkan oleh para pedagang Klonthong, metode perdagangan ini selanjutnya disebut sebagai Minding-Gan. Barang-barang yang biasanya dijual dengan sistem ini meliputi pakaian, celana, penggorengan, dan peralatan makan. Pembeli tidak diharuskan untuk menandatangani kontrak formal dengan penjual. Biasanya, pedagang klonthong memiliki laptop dengan nama pembeli dan invoice. Beberapa hari kemudian, pedagang pergi ke pembeli dan mengumpulkan uang. Setiap barang yang dijual oleh pedagang klonthong biasanya dapat dicicil hingga 10 kali lipat. Kami datang ke rumah pembeli seminggu sekali untuk mengajukan klaim. Manfaat untuk setiap item juga tidak besar, dengan rata-rata kurang dari 10%. Setiap pedagang Klonthong memiliki wilayah usaha sendiri seluas 5-6 desa. Pembagian wilayah ini diatur sendiri dan disepakati oleh para pedagang clonetong. Menjual barang secara kredit atau sistem yang wajar menguntungkan baik penjual maupun pembeli. Pedagang mendapatkan lebih banyak bahkan jika mereka harus menunggu pembeli kredit membayar. Ditambah lagi, pembayaran yang dianggap ringan akan membuat produk Anda lebih cepat terjual. Dengan cara ini, penjualan produk akan teratur. Dari sudut pandang pembeli, sistem mental juga diuntungkan. Salah satunya adalah mampu memenuhi kebutuhan produk tanpa beban membayar. Sistem lingkaran pikiran ini masih digunakan. Baik di lingkungan pedesaan maupun perkotaan. Sebenarnya, bukan hanya orang yang menggunakan sistem ini. Ada banyak entitas yang mengkhususkan diri dalam bidang ini, contoh yang paling jelas adalah perusahaan leasing. Berkat sistem mindling di masa lalu, Anda sekarang dapat membeli barang-barang mahal dengan cara yang lebih ringan.

Fungsi Mindring

Mindring Pengertian, Sejarah dan Fungsinya

Dari pemahaman awal tentang sejarah munculnya pikiran hingga saat ini, sistem ini memiliki dua fungsi utama.

1. Praktek mindfulness bagi pelaku usaha

Fungsi otak pelaku usaha adalah memaksimalkan keuntungan. Sistem penambangan membebankan bunga, yang harus dibayar pembeli selain biaya barang. Keuntungan inilah yang menjadi keuntungan perusahaan.

2. Kinerja mental untuk pembeli

Dari sisi pembeli, aplikasi mindring merupakan solusi untuk menutupi kebutuhan. Ini secara alami lebih ringan dan tidak membuat stres. Sulit untuk mengubah praktik berpikir dari sistem yang sangat sederhana ke sistem yang lebih sistematis dan modern. Mentalisme membantu memutar roda ekonomi di lingkungan pedesaan dan perkotaan.
Baca Juga  Cara Memulai Bisnis Laundry Sepatu

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …