Breaking News

Manfaat Printer Bluetooth Portable untuk Bisnis yang Lebih Modern

Manfaat Printer Bluetooth Portable untuk Bisnis yang Lebih Modern
makaryo.netManfaat Printer Bluetooth Portable untuk Bisnis yang Lebih Modern. Apakah Juragan masih menggunakan mesin pencetak nota konvensional untuk bisnis? Pengusaha zaman now sudah mulai meninggalkan mesin seperti itu dan beralih menggunakan printer kasir portable, lho! Sesuai namanya, printer ini wireless alias tidak membutuhkan satu kabel pun. Ukurannya jauh lebih kecil daripada printer konvensional, sehingga sangat praktis dan mudah dibawa ke mana pun. Printer ini adalah printer khusus yang digunakan untuk mencetak setruk atau nota kasir. Berbeda dengan printer pada umumnya yang menggunakan energi listrik, printer portable ini dioperasikan melalui sambungan bluetooth. Kertas yang digunakan juga bukan jenis kertas atau lembaran, melainkan kertas thermal. Jadi, apakah Anda tertarik menggunakan printer bluetooth portabel ini untuk keperluan mesin kasir? Simak dulu ulasan berikut ini, Gan!

Jenis-jenis printer

Sebuah printer Bluetooth portabel untuk digunakan oleh kasir. Alat ini berguna untuk mencetak struk, barcode, tiket dan lainnya. Karena penggunaan kertas gulung atau kertas ganda dan penggunaan NCR, printer mini ini sangat fleksibel dan efisien. Sangat cocok untuk kapten yang melakukan bisnis! Secara umum, ada dua jenis printer portabel, printer transfer termal dan printer dot matrix.

Printer thermal

Thermal printer menggunakan teknologi termal khusus yang disebut direct thermal. Seperti namanya, printer ini menggunakan energi panas kepala cetak langsung pada kertas termal, yang juga khusus untuk jenis printer ini. Hasil pemanasan mekanisme pencetakan memastikan cetakan teratur dan jelas. Keunggulan printer thermal adalah kecepatan cetaknya yang sangat tinggi, yaitu mencapai 250 mm per detik! Thermal printer juga tidak mengeluarkan suara sama sekali, sehingga tidak menimbulkan suara saat mencetak struk. Bahkan, Anda bisa menggunakan printer thermal agar antrean di kasir tidak terlalu panjang!

Printer dot matrix

Jenis printer dot matrix menggunakan teknologi impact atau dot matrix yang menghasilkan cetakan seperti kumpulan titik-titik kecil pada setruk. Sistem printer ini menggunakan pin atau jarum head printer yang akan menyentuh permukaan pita dan kertas sesuai pola yang diperintahkan. Oleh sebab itu, cetakan yang terlihat pada kertas terlihat seperti titik-titik kecil yang membentuk tulisan. Keunggulan printer dot matrix terletak pada efisiensinya karena bisa digunakan bersama dengan kertas rangkap atau NCR. Dalam sekali cetak, Juragan sudah bisa mendapatkan nota asli yang bisa diberikan kepada pelanggan dan nota duplikat rangkap yang dapat disimpan untuk arsip. Apalagi kecepatannya bisa mencapai 4,5 baris per detik. Jumlah ini melebihi kecepatan printer konvensional.

Fungsi printer untuk bisnis

Printer bluetooth portable, baik jenis thermal maupun dot matrix, dapat digunakan untuk kasir di toko, swalayan/supermarket, karcis tol, pom bensin/SPBU, teller bank, hingga mesin antrean untuk dapur. Fungsinya mampu disesuaikan dengan seluruh kebutuhan Juragan, meliputi beberapa hal seperti berikut ini.

Baca Juga  4 Keuntungan Menggunakan Fitur COD Tokopedia yang Penting Diketahui

Membuat label

Selain mencetak struk, Anda juga bisa mencetak label menggunakan printer portable. Label adalah selembar kertas yang berisi informasi produk yang ditempelkan pada kemasan produk. Informasi label biasanya hanya berisi nama produk, harga, dan tanggal kedaluwarsa. Jika Anda memiliki bisnis kue, makanan ringan, atau makanan ringan ala UKM, Anda dapat menggunakan printer Bluetooth portabel untuk membuat label produk Anda sendiri. Anda tidak perlu lagi khawatir tentang mencetak label pada printer Anda. Hemat waktu, tenaga, dan tentunya uang!

Mencetak setruk pembayaran

Fungsi utama printer compact portable ini tentunya untuk mencetak struk. Kwitansi adalah data transaksi digital dalam bentuk fisik atau cetak. Anda yang berbisnis retail dengan sistem pembayaran seperti supermarket pasti tahu hal ini. Alat ini juga terintegrasi dengan ATM dan dompet digital untuk mencetak berbagai struk transaksi Squire.

Mencetak barcode

Bagi Juragan yang punya bisnis UMKM seperti thai tea atau hamburger dan ingin punya barcode sendiri, tidak perlu pusing lagi karena printer portable mampu mencetaknya. Barcode adalah kumpulan data optik yang menyimpan informasi terkait suatu produk dan hanya dapat dibaca oleh mesin. Barcode, atau yang juga disebut QR Code, bisa didapatkan melalui printer bluetooth mini terbaik milik Juragan hanya dalam sekali cetak!

Keunggulan printer Bluetooth

Printer bluetooth mini untuk segala jenis kebutuhan bisnis terbukti punya fungsi yang komplet dan praktis, ya! Selain bisa digunakan untuk bermacam-macam kebutuhan, alat ini juga punya banyak keunggulan, seperti berikut ini.

Hemat tempat

Bentuk printer bluetooth didesain dengan bodi yang ramping dan sederhana sehingga tidak memakan banyak tempat. Oleh sebab itu, printer seperti ini sangat cocok dipakai di segala kasir, bahkan yang minimalis sekalipun. Ukurannya rata-rata cukup dalam genggaman tangan orang dewasa. Ringan dan tanpa kabel, printer portable menjadi solusi paling praktis untuk semua bisnis Juragan!

Baca Juga  (New) How Much Does It Cost You to Go to Work?

Tidak perlu mengisi tinta

Keunggulan lain dari printer bluetooth adalah Juragan tidak perlu lagi mengisi ulang tinta untuk mencetak. Printer bluetooth portable ada yang menggunakan metode thermal atau suhu panas yang tinggi untuk mencetak tulisan, sehingga alat ini tidak memerlukan tinta sama sekali. Juragan juga tidak perlu repot lagi mengisi tinta yang mudah belepotan ke mana-mana. Tangan dan baju Juragan akan aman, deh!

Praktis untuk dibawa ke mana pun

Printer portable mini dapat dibawa atau dipindah kapan saja dan di mana saja karena tidak terhubung dengan satu kabel pun. Printer mini dapat dioperasikan hanya dengan koneksi bluetooth saja. Hal ini memungkinan printer dapat digunakan secara tepat dan cepat. Untuk contoh praktisnya, Juragan bisa menggunakan printer portable pada setiap meja di warung UMKM untuk proses transaksi yag real time dan akurat.

Bisa dikoneksikan ke perangkat lain 

Printer portabel dapat dihubungkan ke berbagai perangkat lain dan berhasil mencuri hati semua pengusaha! Menggunakan smartphone memudahkan untuk mencetak struk transaksi melalui konektivitas Bluetooth. Selain itu, printer juga dapat dihubungkan dengan berbagai aplikasi akuntansi Juragan di smartphone Anda. Misalnya, Anda dapat menggabungkannya dengan program akuntansi BukuWarung untuk terhubung ke printer. Printer mencetak bukti transaksi dan Buku Warung mencatatnya di pembukuan. Sangat mudah dan praktis bukan?

Dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Printer portabel dengan berbagai kompatibilitas telah menjadi pilihan untuk setiap kebutuhan. Dapat dengan mudah dipasang di berbagai perangkat untuk mempermudah bisnis Anda. Semua kebutuhan bisnis juga dapat dipenuhi dengan sangat mudah.

Hasil cetak yang maksimal

Manfaat Printer Bluetooth Portable untuk Bisnis yang Lebih Modern

Terkadang, orang masih ragu untuk menggunakan printer portabel karena takut hasil cetakannya akan segera hilang. Namun, printer Bluetooth yang murah dan nyaman ini menawarkan pencetakan terbaik dan daya tahan penulisan yang maksimal. Cetakan pada alat ini sulit luntur, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi. Oleh karena itu, dapat disimpan untuk waktu yang lama sebagai dokumen transaksi. Bagaimana? Apakah Anda tertarik menggunakan printer portabel ini? Printer mobile tidak hanya mudah, nyaman, murah dan efisien, tetapi juga dapat digunakan di aplikasi Buku Warung. Semua pekerjaan akuntansi akan dilakukan dengan cepat dan akurat. Pekerjaan pemimpin juga akan lebih fleksibel! Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Bukuwarang dari Google Play Store untuk kemudahan pengelolaan bisnis!

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …