Breaking News

Langkah Sukses Bisnis E-Learning

Langkah Sukses Bisnis E-Learning
makaryo.netLangkah Sukses Bisnis E-Learning. Kemajuan teknologi membuat berbagai bidang semakin canggih. Salah satu contohnya adalah dunia pendidikan, terbukti dengan semakin populernya kegiatan pembelajaran online. Kreativitas anak-anak tanah air memanfaatkan situasi COVID-19 sebagai ajang untuk merintis bisnis pendidikan digital yang saat ini marak di masyarakat. Namun apakah kegiatan e-learning hanya sekedar tren, atau akan terus berkembang? Sistem internet diperkirakan akan terus meningkat selama lima tahun ke depan, menurut beberapa sumber. Hal ini dipengaruhi oleh kekuatan yang dirasakan oleh pengguna sistem e-learning dan memungkinkan pembelajaran yang lebih efektif. Jika Anda tertarik untuk membangun sistem e-learning dan penasaran bagaimana keberhasilannya, ikuti pembahasan kami sampai akhir!

Langkah Sukses Memulai Bisnis E-Learning

Industri media digital adalah tantangan nyata. Masalahnya, Anda masih bergantung pada internet untuk mendukung pembelajaran online. Namun hal tersebut tidak menjadi halangan untuk membangun sistem pembelajaran online yang saat ini banyak diminati oleh kalangan pelajar. Mengapa Anda tidak tertarik? Berkat platform pembelajaran online, Anda dapat mempelajari materi apa pun dari rumah tanpa harus bepergian. Banyaknya siswa yang menyukai metode ini membuat mereka merasa nyaman dan mereka memilih platform pembelajaran online daripada tempat belajar tradisional. Berikut adalah langkah-langkah untuk membangun proyek e-learning yang sukses:

1. Menjadi Tutor Terpercaya

Sebelum membuat platform E-Learning sendiri, sebaiknya Juragan memulai karir  menjadi tutor terlebih dulu. Juragan bisa mengajarkan siswa sesuai dengan bidang yang dikuasai, lalu berikanlah metode pembelajaran yang efektif agar siswa mengerti materi yang disampaikan. Untuk awal-awal jangan mengharapkan penghasilan yang banyak, niatkan diri untuk berbagi ilmu ke siswa yang mengikuti kelas. Jika ilmu yang diajarkan Juragan terbukti dan dapat membawa siswa ke tempat impiannya, otomatis siswa tersebut akan mempromosikan Juragan sebagai tutor E-Learning. Dari sinilah Juragan harus mulai mempersiapkan untuk membangun sistem E-Learning, namun jangan terburu-buru, nikmatilah proses sampai terkumpul banyak siswa yang telah diajarkan Juragan.

2. Membangun jaringan

Jaringan sangat penting ketika membangun bisnis, terutama jika Anda menggunakan kerabat dari perusahaan serupa. Pemilik dapat belajar dan menemukan lebih banyak pengetahuan untuk bisnis yang sudah mapan. Selain itu, komandan dapat mengajak anggota keluarga untuk bekerjasama agar perusahaan dapat lebih cepat dikenal oleh masyarakat.

3. Membuat Konten

Buatlah konten tentang edukasi di platform internet, Juragan bisa manfaatkan media sosial seperti Youtube, Instagram atau TikTok. Kebanyakan orang suka menonton video edukasi untuk membantu mereka memecahkan materi yang sulit, jadi sebisa mungkin berikan konten yang efektif yang mampu dicerna penonton. Agar video edukasi Juragan dilihat banyak orang, cobalah untuk membayar iklan di platform tersebut, iklan dapat membantu video mendapat jangkauan yang lebih luas sesuai target. Kalau bisa pilih platform yang memungkinkan konten Juragan cepat viral, Juragan bisa mencoba post di beberapa platform.

4. Kolaborasi

Undang Influencer atau seseorang yang berkaitan dengan konten edukasi, dengan mengajak mereka untuk kolaborasi, kemungkinan nama Juragan akan lebih dikenal. Kolaborasi membantu konten Juragan agar nggak monoton, sehingga penonton merasa konten edukasi Juragan lebih bervariatif. Melalui kolaborasi, Juragan bisa memberikan feedback dan belajar satu sama lain dari sisi yang berbeda.

5. Membuat Acara Pelatihan

Buat acara seperti workshop atau program pelatihan melalui platform online, Juragan bisa mengundang para ahli untuk mengisi acara. Agar workshop tidak membosankan, kesan menarik dibuat secara interaktif sehingga kedua belah pihak dapat menerima feedback. Jangan lupa untuk memberikan bukti program pelatihan Anda sehingga mereka yang menghadiri acara Anda akan antusias dengan kegiatan lokakarya Anda.

6. Menulis rencana bisnis

Sebelum memulai bisnis formal, Anda harus terlebih dahulu membuat rencana bisnis, termasuk mendefinisikan visi dan misi Anda, menentukan target pasar Anda, mengelola detail produk, dan membuat rencana pemasaran. Pastikan bisnis eLearning Anda memiliki nilai yang membedakannya dari pesaing Anda.

7. Bangun Platform

Jika Anda merasa siap untuk mulai membangun platform Anda, lakukanlah dengan serius. Gunakan hubungan di sekitar Anda untuk membantu Anda membangun platform e-learning. Anda dapat mempekerjakan orang lain untuk mengelola bisnis Anda dan bekerja dengan mitra untuk menjadi tutor di platform e-learning Anda. Pastikan tutor tertib agar e-learning tersampaikan dengan benar dan berkualitas. Modal operasional e-learning membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Biaya yang dikeluarkan antara lain pembuatan website, hosting dan sewa domain, serta promosi melalui iklan. Namun, jika kapten memadai dan mengejar tujuan, investasi modal akan dikembalikan.

Cara Promosi Bisnis E-Learning

Sekarang setelah Anda membuat platform bisnis, saatnya mencari cara untuk mempromosikan e-learning dengan benar dan tepat. Promosi e-learning tidak jauh berbeda dengan promosi bisnis lainnya. Anda harus pintar memilih strategi pemasaran yang menarik untuk membuat audiens target Anda merasa mereka benar-benar membutuhkan platform Anda. Bisnis e-learning dikenal luas, dan beberapa menawarkannya secara gratis. Oleh karena itu, sebagai pemula, Anda perlu lebih fokus pada kenyataan bahwa kelompok sasaran Anda memilih pemimpin e-learning daripada platform lain.

Berikut ini cara promosi E-Learning yang perlu Juragan ketahui:

Baca Juga  9 Strategi Ampuh Agar Dagangan Laris yang Efektif
  • Mengoptimasi mesin pencari atau search engine optimization (SEO) agar website menempati peringkat atas di halaman Google.
  • Membuat ads berbayar di berbagai platform seperti Google Adsense, Facebook Ads, Instagram Ads, Youtube Ads, dan lain-lain.
  • Membuat campaign dan mengajak kolaborasi Influencer, tujuannya adalah untuk memperkenalkan produk yang masih baru serta meningkatkan kepercayaan orang-orang terhadap platform E-Learning yang dibangun.
  • Rutin berinteraksi di media sosial, hal ini penting untuk meningkatkan branding agar bisnis dikenal oleh banyak orang.
  • Ikut berpartisipasi dalam acara diskusi online, sangat membantu bisnis Juragan untuk lebih dikenal, manfaatkanlah kemampuan Juragan untuk berpartisipasi aktif di acara virtual tersebut.
Baca Juga  Mau Aktifkan Fitur Tokopedia COD? Jangan Lupakan 10 Hal Ini

Itulah lima cara yang dapat Juragan terapkan dalam mempromosikan bisnis, memang kelihatannya mudah, namun sebenarnya harus disusun secara matang agar biaya dan tenaga nggak terbuang sia-sia.

Contoh E-Learning di Indonesia

Langkah Sukses Bisnis E-Learning

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bisnis E-Learning di Indonesia kian melonjak, apalagi semenjak pandemi yang menjadikan bisnis ini tren dikalangan masyarakat.

Inilah tiga situs E-Learning terkenal yang tersedia di Indonesia, diantaranya:

  • Ruangguru, startup digital yang bergerak di bidang pendidikan nonformal, terdapat materi yang disajikan dalam bentuk video, kuis, dan infografis yang mudah dipahami,
  • Zenius.net, perusahaan pendidikan yang berbasis digital yang menyediakan layanan pendidikan dalam bentuk video, siswa bisa mengakses melalui website atau aplikasi di ponsel.
  • Sekolah.mu, situs belajar online yang menggunakan sistem blended learning pertama di Indonesia, solusi kebutuhan pendidikan yang lebih fleksibel.
Ketiga bisnis E-Learning tersebut sangat terkenal di Indonesia, sudah ada ribuan orang yang mempercayai mereka sebagai media pendidikan nonformal. Adapun platform E-Learning gratis lainnya seperti Edmodo, Moodle, RuangKelas, Schoology, dan lain-lain. Sekarang saatnya Juragan yang membangun bisnis E-Learning, majukan pendidikan siswa Indonesia dengan platform yang Juragan bangun. Untuk mendukung kegiatan bisnis, yuk segera download aplikasi BukuWarung! Kelola keuangan bisnis melalui pembukuan digital yang sudah digunakan oleh 6,5 juta+ Juragan lainnya.

Check Also

Bank Digital di Indonesia

Bank Digital di Indonesia

makaryo.net –Bank Digital di Indonesia. Tren digitalisasi sudah mulai merambah semua bidang kehidupan, salah satunya …