Breaking News

Keuntungan Pembayaran Online Dibanding Tunai

Keuntungan Pembayaran Online Dibanding Tunai
makaryo.netKeuntungan Pembayaran Online Dibanding Tunai. Saat ini pelaku UMKM perlu mulai mengurangi pembayaran tunai. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Ini karena infeksi virus yang tidak mencukupi yang dapat terjadi pada uang. Pembayaran tunai juga kurang aman karena cenderung tertipu atau hilang. Sebagai solusinya, para pelaku usaha kecil dapat beralih ke pembayaran digital. Tidak hanya aman, melakukan pembayaran secara online membantu pelaku UMKM menahan penyebaran virus. Pembayaran online dapat dilakukan melalui aplikasi. Aplikasi yang dapat diandalkan adalah Bukuvarang. Aplikasi ini memiliki banyak fitur untuk membantu UKM melakukan pembayaran online.

Manfaat pembayaran online menggunakan aplikasi

Ada banyak keuntungan dari pembayaran online yang bisa didapatkan oleh usaha kecil. Apalagi jika mereka melakukannya dengan aplikasi Buku Warung. Beberapa keuntungan dari pembayaran online adalah:

1. Lebih efektif dan efisien

Manfaat pertama yang bisa didapat adalah proses pembayaran akan lebih efektif dan efisien dalam pembayaran dan penagihan. Dengan pembayaran online Anda tidak perlu pergi ke pemasok atau pembeli untuk membayar. Anda hanya perlu menggunakan ponsel Anda untuk melakukan pembayaran yang diperlukan. Jika Anda adalah pelaku UMKM yang telah menginstal aplikasi BukuWarung di ponsel Anda, fitur ini tersedia. Manfaat ini telah dicapai berkat struktur penagihan dan pembayaran BukuWarung. Sebuah fasilitas penagihan dapat membantu mengumpulkan pembayaran atau pinjaman dari pelanggan. Fungsi pembayaran dapat membantu Anda membayar penyedia.

2. Anda dapat dengan mudah memeriksa riwayat pembayaran Anda.

Dalam hal pembayaran tunai, Anda harus memiliki buku catatan untuk memeriksa detail pembayaran. Namun, hal ini tidak berlaku untuk pembayaran online melalui BukuWarung. Di Bukuvarung, semua pembayaran langsung dilaporkan ke pelaku UMKM. Notifikasi biasanya berupa informasi yang dikirim langsung dari aplikasi Bukuvarang. BukuWarung juga dilengkapi menu histori pembayaran pelanggan. Di menu ini Anda dapat memeriksa riwayat pembayaran Anda hingga saat ini. Dengan menu ini, Anda tidak perlu mencatat riwayat pembayaran secara manual di buku catatan.

3. Pembuatan laporan keuangan yang mudah

Selain itu, daftar riwayat pembayaran pelanggan memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan. Jika Anda ingin membuat laporan, Anda hanya perlu mengakses menu. Bukuvarang juga memudahkan bagi yang tidak punya waktu untuk mencatat utang. Aplikasi ini memiliki halaman khusus bagi mereka yang ingin mencatat utangnya.

4. Jaminan keamanan

Keuntungan lain dari pembayaran online adalah tingkat keamanan yang terjamin. Buku Warung saat ini bekerja sama dengan Xendit yang berlisensi Bank Indonesia (BI). Jadi Anda tidak perlu meragukan tingkat keamanan aplikasi Anda. Anda bahkan tidak perlu khawatir tentang keamanan data. Di BukuWarung, semua data yang Anda unduh disimpan di server BukuWarung. Jadi, jika Anda kehilangan ponsel, yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dalamnya. Caranya adalah dengan masuk ke akun BukuWarung Anda melalui perangkat seluler baru Anda.

Cara Melakukan Pembayaran Online Via Aplikasi BukuWarung

Setelah membahas keuntungan pembayaran online di BukuWarung, kini kita bahas cara melakukan pembayaran tanpa ribet. Adapun cara melakukannya adalah:

Baca Juga  Ini Dia 8 Tips Sukses Bisnis Frozen Food Bagi Pemula
  • Unduh aplikasi BukuWarung.
  • Lakukan registrasi dan mengisi profil dan detail bisnis Anda secara lengkap.
  • Masuk ke fitur Pembayaran. Di sana, ada dua menu yang bisa dipilih, yaitu Bayar dan Tagih.
  • Klik menu Bayar bila Anda hendak melakukan pembayaran kepada supplier atau penyedia barang. Jika hendak menagih pembayaran atau utang ke pelanggan, Anda tinggal klik menu Tagih.
  • Nantinya, aplikasi BukuWarung akan menampilkan jumlah uang yang hendak dibayar ataupun ditagih. Anda bisa mengubah jumlah uang tersebut sesuai kebutuhan. Bila diperlukan, Anda bisa menambahkan catatan ke dalam jumlah uang tersebut.
  • Tekan menu Tambah Rekening, lalu pilih nama bank dan isi nomor rekening Anda. Bila sudah, Anda bisa menekan menu Periksa dan Simpan Rekening.
  • Untuk mengamankan rekening tersebut, Anda bisa membuat PIN untuk rekening tersebut. Kalau sudah, Anda bisa menekan menu Lanjutkan.
  • Klik menu Minta Pembayaran, lalu tekan Kirim Link Pembayaran. Habis itu, Anda pilih WhatsApp/SMS untuk mengirimkan pesan pembayaran kepada supplier ataupun pelanggan.
  • Nantinya supplier atau pelanggan akan mendapatkan pesan tersebut, lalu melakukan pembayaran sesuai dengan informasi yang ada di dalam pesan. Pembayaran dilakukan maksimal 4 hari setelah pesan diterima.
Baca Juga  Trik Jitu Peluncuran Produk Baru

Metode Pembayaran Online di BukuWarung

Keuntungan Pembayaran Online Dibanding Tunai

Selain kelebihan dan cara pembayaran online, berikut beberapa cara yang sering digunakan di BukuWarung. Metode yang dimaksud adalah metode pembayaran online aplikasi. BukuWarung memiliki dua metode pembayaran. E-wallet dan akun virtual keduanya.

1. E-Wallet

Cara pertama yang akan saya jelaskan adalah e-wallet. Metode ini ditujukan bagi para pemasok atau pelanggan yang ingin melakukan pembayaran dengan menggunakan uang elektronik (e-money). Untuk menggunakan metode ini, Anda atau pemasok dan pelanggan Anda dapat menggunakan Dana atau Ovo.

2. Virtual Account

Dengan metode ini, pembayaran tunai melalui bank digunakan sebagai metode pembayaran. Berbeda dari biasanya, metode ini memungkinkan pembayaran lebih cepat. Metode ini juga memungkinkan untuk membayar di tempat yang berbeda. Baik di ATM, internet banking atau mobile banking. Saat ini, rekening BukuWarung virtual dapat dilakukan di empat bank. Keempatnya adalah BRI, BNI, Mandili dan Permata. Cara ini juga disematkan di 100 bank lain di seluruh Indonesia. Bahkan, prosedur ini dapat dilakukan antara dua bank yang berbeda. Namun, sangat disarankan untuk menjalankan di dua bank yang sama. Hal ini dilakukan untuk menghindari keterlambatan pembayaran yang bisa memakan waktu hingga 24 jam. Di masa wabah seperti sekarang ini, pembayaran online bisa menjadi pilihan yang tepat untuk usaha kecil menengah. Jenis pembayaran ini dapat mencegah penyebaran virus yang menempel pada uang tunai. Pembayaran online juga aman karena Anda tidak melakukan penipuan atau kerugian. Ada banyak manfaat lain dari membayar online. Juga, jika Anda melakukannya melalui BukuWarung. Untuk semua keuntungan pembayaran online yang telah kami sebutkan di atas. Tertarik dengan cara memanfaatkan pembayaran online melalui Bukuvarung? Jika demikian, unduh Bukuwarang dari Google Play Store!

Check Also

Bank Digital di Indonesia

Bank Digital di Indonesia

makaryo.net –Bank Digital di Indonesia. Tren digitalisasi sudah mulai merambah semua bidang kehidupan, salah satunya …