Breaking News

Ini Dia Info 8 Tips Jitu Ngatur Duit Ala Raditya Dika

Ini Dia Info 8 Tips Jitu Ngatur Duit Ala Raditya Dika
makaryo.net Ini Dia Info 8 Tips Jitu Ngatur Duit Ala Raditya Dika. Sebagai orang dewasa dengan gaji atau penghasilan, mengelola uang adalah keterampilan yang perlu Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena tidak semua orang tahu apa yang akan terjadi besok, hal-hal tak terduga dapat terjadi sehingga Anda harus mengeluarkan uang. Menyimpan uang tidak hanya sebagai tindakan preventif, tetapi juga memungkinkan Anda untuk menggunakan uang Anda secara optimal di masa depan. Dalam pembahasan kali ini, kita akan mengambil contoh penulis, aktris, dan sutradara Raditya Dika yang pernah berbagi tips mengelola uang melalui akun pribadinya.
Dikenal dengan selera humornya, Raditya Dika diam-diam pandai mengatur keuangan. Menerapkan gaya hidup minimalis mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Dari akun media sosial pribadinya, terlihat Raditya memiliki mobil mewah, namun tetap terlihat sederhana. Begini cara mengelola uang di Raditya Dika daripada menunda-nunda.

1. Pendapatan lebih dari pengeluaran

Jangan sesekali membeli barang atau membayar lebih dari gaji atau penghasilan Anda. Anda akan mengorbankan uang untuk kebutuhan Anda sendiri. Dikhawatirkan jika kebiasaan ini terus berlanjut, tidak akan menimbulkan biaya apapun untuk pengeluaran mendadak di kemudian hari. Mulai sekarang, terus belanjakan penghasilan Anda.

2. Penggunaan uang tunai

Seiring perkembangan zaman, banyak yang sudah terbiasa dengan cashless saat bertransaksi. Mereka menggunakan pembayaran digital atau debit daripada membayar tunai. Tapi tahukah Anda bahwa ini bisa menyebabkan kehancuran? Karena itu, penting untuk selalu memiliki uang tunai di dompet kapten. Ini karena kapten sering tidak tahu berapa banyak uang yang akan dikeluarkan dari debit sebagai metode pembayaran.

3. Meningkatkan pendapatan

Jika Anda sering mengonsumsi, temukan cara lain untuk meningkatkan laba Anda. Kapten tidak bisa menghasilkan uang hanya dengan gaji bulanan, tetapi akhir-akhir ini ada banyak cara untuk menghasilkan uang secara legal. Hanya dengan kemauan dan tekad yang kuat, Anda bisa menjual teknologi seperti penjualan online, bisnis kuliner, dan freelancer. Hasil dari kegiatan tersebut, keinginan kapten dapat terpenuhi tanpa mempengaruhi pendapatan utama.

4. Pertimbangkan kualitas barangnya

Sebelum membeli suatu barang, ada baiknya untuk mempertimbangkan terlebih dahulu apakah barang tersebut berguna atau hanya sekedar diinginkan. Lebih baik menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang lebih berguna daripada membeli sesuatu yang hanya akan digunakan sebagai layar. Misalnya, untuk memperbaiki barang yang rusak, perbarui atau sumbangkan barang yang masih bisa digunakan. Kalau beli karena iseng karena suka, kamar jadi penuh sampah.

5. Hindari hutang dan bayar hutang

Sangat penting untuk menghindari masalah keuangan dengan orang dan lembaga tertentu sebanyak mungkin. Jika penghasilan Anda tidak cukup untuk memuaskan keinginan Anda, jangan berpikir tentang hutang. Menurut Raditya Dika, utang hanya merusak persahabatan dan sebaiknya memberi mereka pekerjaan.

6. Pelajari cara berinvestasi

Berinvestasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan passive income, jadi Anda tidak harus bekerja secara aktif. Anda perlu mengetahui bagaimana strategi Anda bekerja agar investasi Anda tidak menyesatkan. Ada banyak metode investasi yang menguntungkan sekarang, dan Anda dapat berinvestasi dalam deposito, saham, obligasi, reksa dana, dan real estat peer-to-peer. Namun, investasi tidak selalu berjalan mulus dan Anda mungkin berakhir kehilangan uang karena strategi yang salah. Seperti halnya Raditya Dika mengelola uang, ia akan mengalokasikan 10%, atau bahkan 70% dari gajinya, untuk anak-anaknya, dana pensiun dan kebutuhan selama lima tahun ke depan.

7. Alokasi Uang ke Pengalaman Bukan Barang

Mengalokasi uang ke pengalaman lebih bermanfaat dibandingkan membeli barang, misalnya dengan mengikuti kegiatan seminar atau datang ke event yang bisa mengembangkan diri dan skill. Raditya Dika juga mengatakan lebih baik membeli waktu bersama keluarga yang bisa memberikan kebahagiaan,

8. Berkomitmen Mengelola Keuangan

Berkomitmenlah dalam atur uang, apalagi ketika sudah berumah tangga, terkadang pengeluaran jauh lebih besar. Jangan stress dikit-dikit belanja, menghamburkan duit, bahkan membeli barang mahal yang nggak berguna. Gunakan uang Juragan sebijak mungkin, dan selalu berpegang teguh dengan komitmen demi masa depan yang cerah.

Cara Atur Uang Metode 50-30-20

Bagi Juragan yang ingin hidup hemat dan minimalis tanpa harus menghamburkan uang berlebihan, cobalah ikuti metode 50-30-20.

Baca Juga  Harus Tau Cobain, Peluang Bisnis Kue Basah yang Masih Menjanjikan dan Tips Suksesnya!

Cara budgeting ini mampu mengatur keuangan agar hidup lebih tenang tanpa adanya penyesalan.

Metode ini akan menyarankan Juragan untuk memecahkan penghasilan bersih menjadi 3 bagian.

  • 50% kebutuhan sehari-hari dan tagihan, kebutuhan pokok itu berupa makanan, bumbu dapur, sewa tempat, asuransi, utilitas, dan lainnya.
Baca Juga  Simak Dan Ketahui 4 Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Jual Pakaian Bekas!!

Jangan lupa untuk membayar tagihan atau utang minimum agar nggak ada masalah kedepannya.

  • 30% keinginan dan hiburan, atur uang metode ini nggak menjadikan seseorang tersiksa, Juragan bisa lho menggunakan 30% untuk keinginan dan hiburan.

Bisa dengan berjalan-jalan, membeli skincare, jajan makanan atau minuman dan kegiatan lainnya.

Jangan sampai uang yang Juragan hasilkan, nggak membuat diri sendiri senang, sisihkan uang tersebut agar terhindar dari stress.

  • 20% investasi dan tabungan, kalau kebutuhan dan keinginan sudah terpenuhi sekarang saatnya menyisihkan 20% untuk investasi atau menabung.

Kegunaan investasi ini sangat berpengaruh loh bagi keadaan di masa depan, dari penghasilan Juragan gunakanlah uang untuk dana darurat, dana pensiun, atau keinginan yang ingin Juragan capai.

Supaya 3 pembagian tersebut nggak terlewatkan, cobalah langsung atur uang di awal gajian Juragan agar kedepannya nggak pusing.

Kegiatan yang Bisa Bikin Boros

Ini Dia Info 8 Tips Jitu Ngatur Duit Ala Raditya Dika

Untuk menghindari pemborosan uang, Anda perlu mengetahui aktivitas mana yang paling banyak menghabiskan biaya. Jika terus seperti ini, sifat sia-sia yang melekat akan berdampak negatif, sehingga kapten harus lebih waspada dan waspada untuk menghindari sifat ini. Berikut adalah 3 hal yang perlu Anda ketahui tentang aktivitas pasif:

1. Selalu Menunda Tagihan

Keterlambatan pembayaran tagihan adalah hal biasa, bisa disengaja atau tidak, jadi Anda bisa menghindarinya dengan memasang reminder dan berkomitmen untuk membayar tagihan. Tagihan yang menumpuk berlipat ganda, akhirnya kapten terpaksa mengorbankan uang untuk kebutuhan atau tabungan.

2. Belanja Online

Membeli produk secara online di smartphone memang menyenangkan. Anda tidak lagi harus pergi ke toko tradisional. Namun, berbahaya untuk menggunakannya secara berlebihan. Tak perlu dikatakan bahwa Anda membeli apa yang benar-benar tidak Anda butuhkan. Diskon dan promosi yang besar seringkali membuat Anda ingin berbelanja, sehingga juragan harus lebih berhati-hati dalam membelanjakan uangnya untuk mengelola uangnya.

3. Hangout Bersama Teman

Kegiatan hangout memang hal yang wajar, namun menjadi nggak wajar kalau sering dilakukan. Hangout lebih pantas untuk dilakukan sesekali saja, terkadang sangking asyiknya membuat Juragan lupa dengan menyisihkan uang kebutuhan dan tabungan. Agar penghasilan Juragan lebih bermakna, cobalah atur uang menggunakan aplikasi BukuWarung. Di aplikasi tersebut ada fitur pengingat otomatis agar Juragan nggak lupa dengan utang, dan pengeluaran yang harus dibayar. Nggak hanya itu, BukuWarung juga bisa menambah penghasilan Juragan karena bisa berjualan pulsa, listrik bahkan top up E-Wallet. Anda sudah tahu tips pengelolaan uang dari artikel di atas. Download aplikasi BukuWarung sekarang!

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …