Breaking News

Ini Dia Contoh Buku Kas

Ini Dia Contoh Buku Kas
makaryo.net Ini Dia Contoh Buku Kas. Berikut adalah beberapa contoh buku kas untuk referensi Anda: Penjualan Toko, Kota, Bendahara Umum Usaha kecil perlu memahami pentingnya dan penggunaan buku kas. Buku ini akan sangat berguna untuk memahami keuangan dan laba rugi perusahaan Anda. Apa sebenarnya buku kas dan apa contoh buku kas? Baca deskripsi lengkap BukuWarung berikut ini.

definisi buku besar

Mari kita mulai dengan mendefinisikan atau memahami buku kas agar mudah memahami penjelasan berikut ini. Buku kas adalah informasi penting yang harus dimiliki setiap perusahaan atau bisnis yang menyimpan catatan arus masuk dan arus kas keluar untuk tujuan komersial. Data yang diperoleh dari proses registrasi transaksi diperlukan untuk dapat menentukan berbagai jenis keputusan di masa yang akan datang. Jika perusahaan mengalami kerugian dalam suatu periode, maka harus dilakukan perbaikan. Inilah keuntungan dari buku kas, pengusaha dan pemangku kepentingan dapat memantau situasi keuangan perusahaan secara real time.

Cara Membuat Buku Kas

Setelah memahami pengertiannya, Anda juga sebaiknya tahu cara untuk membuat buku kas. Pilihlah metode yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

1. Folio Dwi Halaman

Dilihat dari namanya saja, kita sudah bisa menyimpulkan bahwa buku kas ini memiliki dua halaman.

Halaman pertama berguna untuk mencatat seluruh transaksi debet, yaitu uang yang masuk. Sedangkan halaman kedua untuk menuliskan seluruh kredit atau pembayaran keluar.

Setelah membagi menjadi dua halaman, buatlah tabel pada masing-masing halaman. Tabel tersebut memiliki beberapa kolom:

  • Tanggal, bulan, dan tahun terjadinya transaksi (bisa juga ditambah dengan waktu atau jam)
  • Deskripsi atau keterangan singkat tentang transaksi. Keterangan ini harus dituliskan sejelas mungkin agar mudah dipahami.
  • Nomor urut dari bukti pembayaran atau nomor urut pada buku kas
  • Jumlah dana yang masuk atau keluar, tulis sesuai dengan bukti transaksi dan jangan mengubah angkanya sedikit pun.
Baca Juga  Simak Lagi Untung Rugi Kerja Work From Home Dan Cara Mengoptimalkannya

2. Folio Satu Halaman

Buku kas kedua adalah lembaran satu halaman, tidak seperti metode sebelumnya. Artinya transaksi debet dan kredit dicatat pada halaman yang sama. Metode ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan oleh bisnis dan usaha kecil. Untuk membuat buku kas dengan metode lembar satu halaman, Anda perlu membuat tabel dengan lima kolom.

Masing-masing kolom memiliki isi seperti berikut:

  • Tanggal, bulan, dan tahun terjadinya transaksi. Jika Anda ingin menuliskan tanggal dan bulan saja tidak masalah.
  • Keterangan transaksi. Jika transaksi berjenis debet, tuliskan sumber asalnya dana. Sedangkan untuk transaksi kredit, tuliskan tujuan penggunaan dana.
  • Nomor urut bukti transaksi
  • Jumlah dana yang masuk atau diterima oleh perusahaan (debet)
  • Jumlah dana yang keluar dalam sebuah transaksi (kredit)

3. Tabelaris

Cara ketiga untuk membuat buku kas adalah dengan meja. Cara ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara folio. Metode tabular memisahkan setiap transaksi menurut kelompok sesuai kebutuhan bisnis, sehingga jumlah baris dalam metode tabular bertambah. Pada metode tabular, transaksi debet biasanya diletakkan di sebelah kiri. Meskipun hak digunakan untuk mencatat transaksi kredit.

4. Membuat Buku Kas yang Praktis

Dibandingkan dengan cara manual, membuat buku kas menggunakan komputer jauh lebih mudah dan tidak rawan kesalahan. Pada umumnya orang yang berprofesi sebagai penulis laporan lebih banyak menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Anda dapat membuat buku besar dengan Microsoft Office Excel dengan mengikuti panduan sederhana di bawah ini.

»    Membuat Format Buku Kas

Umumnya, buku kas di Excel memiliki judul dan tabel kas baru dimulai pada baris kedua. Jadi, Anda akan mulai membuat tabel dari cell A2. Buat kolom dengan urutan ke kanan:

  • Tanggal (A2)
  • Bukti (B2)
  • Keterangan (C2)
  • Kode (D2)
  • Debet (E2)
  • Kredit (F2)
  • Saldo (G2)
Baca Juga  8 Cara Mewaralabakan Usaha Kita Agar Cuan

Untuk lebar kolom, Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhan. 

»    Membuat Rumus Saldo Berjalan

Salah satu kemudahan dalam membuat buku kas menggunakan Excel adalah perhitungan bisa dilakukan secara otomatis. Untuk membuat perhitungan tersebut, Anda perlu memasukkan rumus. Rumus yang pertama dipakai untuk menghitung saldo berjalan.

  • Klik pada cell G4, kolom saldo baris kedua.
  • Ketik rumus seperti ini:

IF(OR(E4<>0,F4<>0),SUM(E$4:E4)-SUM(F$4:F4),0)

Koma pada rumus di atas dapat diganti dengan titik koma(;). Sesuaikan saja dengan konfigurasi komputer Anda.

  • Salin rumus di atas bawah sesuai dengan kebutuhan.

»    Membuat Rumus Jumlah Dinamis

Rumus kedua dipakai untuk menghitung jumlah dari masing-masing jenis transaksi, yaitu debet dan kredit.

Tulis rumus berikut di bagian paling bawah dari kolom E, debet.

SUBTOTAL(9,E4:E19)

Untuk menghitung jumlah dari transaksi kredit, Anda cukup menyalin rumus tersebut ke kolom di sampingnya.

Contoh Buku Kas Penjualan Toko

Contoh buku kas di atas memperlihatkan bahwa metode yang digunakan adalah folio satu halaman.

Contoh Buku Kas Bumdes

Bumdes merupakan salah satu usaha yang skalanya kecil. Jadi, untuk penulisan buku kas akan lebih mudah bila menggunakan cara folio satu halaman.

Contoh Buku Kas Bendahara

Ini Dia Contoh Buku Kas

Bendahara bertanggung jawab untuk mengelola urusan keuangan lembaga. Metode lembar satu halaman sebenarnya adalah metode yang paling banyak digunakan, termasuk kabinet. Anda juga dapat menggunakan aplikasi BukuWarung Finance untuk lebih mudah mencatat pengeluaran dan pemasukan bisnis Anda. BukuWarung juga bisa menjadi aplikasi yang mendukung pertumbuhan bisnis atau bisnis. Anda dapat mengunduh aplikasi BukuWarung secara gratis dari Play Store. Contoh buku kas di atas dapat diterapkan untuk meringkas data keuangan untuk bisnis Anda. Pencatatan keuangan yang teratur membantu Anda menjalankan bisnis secara optimal karena Anda memiliki aliran keuangan yang jelas.

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …