Breaking News

Hati-hati, Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Gunakan Aplikasi Pinjaman Online!

Hati-hati, Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Gunakan Aplikasi Pinjaman Online!
makaryo.netHati-hati, Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Gunakan Aplikasi Pinjaman Online!. Mengajukan pinjaman online sangat membantu pengusaha pemula, apalagi jika tidak memiliki modal yang cukup dan kontak yang banyak. Selain itu, pinjaman mudah diakses secara online dan proses pembayarannya tidak memakan banyak waktu. Beberapa aplikasi bahkan tidak menetapkan kondisi yang rumit untuk dipenuhi.

8 Tips Sebelum Menggunakan Aplikasi Pinjaman Online

Namun, sebagai calon pengusaha, Anda harus tetap waspada. Di luar kemudahan yang diberikan oleh aplikasi pinjaman online, jelas ada beberapa pertimbangan penting. Agar tidak salah memilih aplikasi pinjaman, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.
  1. Pastikan sudah ada izin OJK

Cara termudah untuk mengamankan aplikasi pinjaman Anda secara online adalah dengan memeriksa lisensi Anda. Pinjaman diminta di sektor keuangan, sehingga perlu meminta izin dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atau OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Izin dari OJK RI menunjukkan bahwa permohonan tersebut dilakukan oleh badan publik dan berada di bawah pengawasan pemerintah. Bisnis biasanya mencantumkan nomor izin OJK mereka di aplikasi atau situs web mereka. Saya menemukan pernyataan dari OJK RI, tetapi masih ada pertanyaan? Tidak perlu khawatir karena OJK RI menyediakan daftar lengkap aplikasi pinjaman online self-registered. Daftarnya bisa dilihat di situs resmi OJK RI (www.ojk.go.id). Anda juga dapat mengirim pesan WhatsApp ke +6281-157-157-157 atau hubungi 157.
  1. Cek situs penyedia pinjaman

Biasanya, perusahaan yang mengajukan pinjaman secara online memiliki situs resmi. Tentu saja itu menyangkut produk pinjaman yang mereka tawarkan dan informasi lainnya seperti cara mengajukan pinjaman dan persyaratan untuk mengajukan pinjaman. Di situs ini Anda juga dapat menemukan informasi tentang perusahaan itu sendiri, mulai dari sejarahnya hingga orang-orang yang terlibat. Indikator juga tersedia di situs resmi pemberi pinjaman online. Biasanya penyedia yang resmi dan terpercaya memiliki website yang jelas. Di sisi lain, situs penyedia palsu cenderung tidak jelas dan tidak mengandung informasi sensitif. Beberapa di antaranya biasanya berisi iklan klik-tayang yang berbahaya. Beberapa orang bahkan tidak memiliki situs web resmi. Jika Anda menemukan aplikasi pinjaman online ini, Anda harus segera melakukan perubahan. Sebaiknya laporkan ke OJK agar program tersebut segera dilaksanakan dan tidak menghalangi masuknya masyarakat.
  1. Pinjaman mudah dilakukan

Aplikasi pinjaman online resmi dan terpercaya biasanya menggunakan teknologi canggih dan tingkat keamanan yang tinggi. Sistem yang mereka gunakan dapat membaca aplikasi pinjaman tanpa memakan waktu terlalu lama. Pemohon pinjaman selalu dapat mengikuti perkembangan pinjaman. Ini mempermudah dan mempercepat pengajuan aplikasi hukum, menyederhanakan proses aplikasi pinjaman. Bahkan uang dapat dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu singkat. Anda juga bisa langsung menggunakannya sebagai modal usaha. Namun, Anda tidak akan menemukannya di aplikasi pinjaman fiktif. Sebagian besar aplikasi palsu masih mengandalkan teknologi tradisional. Terkadang, bahkan untuk proses verifikasi, Anda harus langsung datang ke rumahnya. Jelas ini akan memakan waktu lama.
  1. Transparan tentang bunga

Inilah kelebihan aplikasi pinjaman online resmi, yang tidak terjadi dengan aplikasi palsu. Dalam aplikasi resmi, pemberi pinjaman transparan tentang bunga dan biaya lain yang harus Anda siapkan. Mereka juga mencantumkan informasi ini di situs web resmi. Di perusahaan pinjaman non-hukum, mereka menutupi bunga dan biaya lain yang akan dikeluarkan. Pada awalnya mereka akan menyebutkan biaya yang berbeda. Namun, biaya ini bertambah seiring waktu. Akibatnya, total biaya yang harus Anda keluarkan juga meningkat. Faktanya, angka-angka ini seringkali sangat tidak rasional. Untuk tujuan ini, Anda perlu berhati-hati jika pemberi pinjaman Anda tidak transparan tentang biaya mereka. Hubungi pemberi pinjaman Anda sebelum mengajukan pinjaman. Jika mereka menolak, segera beralih ke aplikasi lain.
  1. Alamat kantor jelas

Cara lain untuk menemukan aplikasi pinjaman online terpercaya adalah dengan mengecek alamat kantor. Perusahaan pemasok resmi biasanya mencantumkan alamat kantor yang terperinci. Anda bahkan bisa melihat bentuk fisik kantor mereka. Pemberi pinjaman ilegal terkadang mencantumkan alamat bisnis. Namun, jika alamatnya ditemukan, itu salah. Jika ada kecocokan, alamat tidak akan menunjukkan gedung kantor yang bersangkutan. Ini jelas tidak dilakukan oleh badan publik, karena kesulitan dapat mengikis kepercayaan yang telah diperoleh.
  1. Punya layanan customer service

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang menyediakan layanan pelanggan, terlebih jika perusahaan tersebut bergerak di bidang jasa seperti penyedia pinjaman online. Perusahaan penyedia pinjaman online yang resmi dan tepercaya pasti menyediakan layanan customer service. Bahkan layanan tersebut tidak sekadar ada, tapi benar-benar bisa dihubungi dan membantumu saat menemukan kesulitan dalam proses pengajuan. Layanan customer service bisa berupa hotline, kontak WhatsApp, chat melalui situs resmi, hingga email. Namun, hal tersebut tidak akan kamu temukan pada aplikasi pinjaman online abal-abal. Perusahaan pinjaman palsu sering kekurangan layanan pelanggan. Bagaimanapun, layanan yang diberikan tidak profesional dan sering menggunakan bahasa informal. Bahkan alamat email dan nomor ponsel di dalamnya adalah kontak pribadi.
  1. Pelajari track record penyedia aplikasi pinjaman online

Hati-hati, Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Gunakan Aplikasi Pinjaman Online!

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menemukan aplikasi pinjaman online terpercaya adalah dengan mengecek latar belakangnya. Biasanya pengembang aplikasi menerbitkan testimonial pengguna di situs web resmi mereka. Anda juga dapat memeriksa riwayat kolom ulasan di Google Play. Namun, ketika Anda mengajukan pinjaman melalui solusi modal usaha BukuWarung, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan rekam jejak Anda. Software pinjaman online ini menawarkan pinjaman hingga 50 juta real dengan cicilan ringan. Untuk masalah hukum, Solusi Modal Usaha Buku Warung juga terdaftar dan dikelola oleh OJK. Sejauh ini, aplikasi pinjaman ini telah membantu lebih dari 500 calon wirausahawan di seluruh Indonesia!
  1. Baca syarat dan ketentuan dengan teliti

Ingatlah untuk membaca syarat dan ketentuan dengan cermat. Setiap pengajuan pinjaman online pasti memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing. Agar tidak salah baca, teliti dan cermati deskripsinya. Jika Anda menemukan kata atau frasa yang sulit dipahami, hubungi layanan pelanggan. Lebih baik bertanya daripada tersesat di jalan nanti, bukan? Terlebih jika sudah menyangkut aturan pembayaran pinjaman. Agar nanti kamu tidak terkena denda, bacalah bagian tersebut dengan hati-hati dan jangan sampai ada yang terlewat, ya! Semoga ulasan mengenai tips mengetahui aplikasi pinjaman online tepercaya ini bisa membantu, ya. Jika masih ragu, kamu bisa coba pelajari cara kerja Solusi Modal Usaha dari BukuWarung. Selain menyediakan pinjaman yang resmi, BukuWarung juga menyediakan aplikasi pembukuan dan pencatatan transaksi. Satu solusi praktis untuk berbagai kebutuhan usaha. Yuk, segera download di aplikasi Bukuwarang di Google Play Store, gratis!
Baca Juga  Tips Menjalankan Usaha Air Galon Isi Ulang

Check Also

Guide to Creating a Business Plan With Template

To turn your business plan real, you’ll require a business plan. These templates for business plans …