Breaking News

Caranya Dapat Cuan dari Ngonten, Inilah Cara Membuat Toko di TikTok Shop

Caranya Dapat Cuan dari Ngonten, Inilah Cara Membuat Toko di TikTok Shop
makaryo.netCaranya Dapat Cuan dari Ngonten, Inilah Cara Membuat Toko di TikTok Shop. Resmi tayang pada September tahun lalu, TikTok Shop berhasil mencuri perhatian banyak pengguna di Tanah Air. Terutama pengguna muda yang suka membuat konten sambil berbisnis. Dengan konsep social commerce, (social commerce) TikTok Shop memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk berpromosi melalui jejaring sosialnya. Social Commerce adalah tren bisnis yang dijalankan oleh pemilik merek, mulai dari influencer hingga pembuat konten. TikTok Shop adalah platform perdagangan sosial tempat pengguna dapat membuat konten untuk promosi dan menjual produk mereka di platform seperti e-niaga dengan berbagai macam katalog produk. Biasanya, jika Anda menjual melalui media sosial, pengguna harus menyertakan tautan ke toko online di e-niaga. Faktanya, Instagram Shop yang pertama kali tayang masih mengarahkan penggunanya ke website komersial untuk berbelanja, meski banyak konten berupa katalog produk. Sedikit berbeda dengan platform social commerce lainnya, TikTok Shop memungkinkan pengguna untuk membeli dan bertransaksi langsung di platform tersebut.

Mengapa Toko TikTok Disebut Social Commerce?

Perdagangan sosial bukan hanya soal menjual di jejaring sosial. Poin penting yang membuat perdagangan sosial lebih menarik daripada platform e-niaga tradisional adalah bagaimana konten dipromosikan. Jika Anda melihat toko Instagram atau Facebook Marketplace, hanya ada katalog produk komersial yang dijual. Berbeda dengan TikTok Shop yang lebih bervariasi. Untuk promosi, Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur interaktif seperti LIVE chat dan konten video yang jika momentumnya tepat bisa ke FYP (For Your Page). Dengan masuk ke FYP, konten Anda akan memiliki peluang lebih baik untuk dilihat oleh lebih banyak pengguna TikTok.

Apa manfaat TikTok Shop untuk bisnis?

Mengutip penjelasan Amelia Willson dalam artikel di laman zip.co, Toko Tiktok memiliki beberapa manfaat untuk mengembangkan bisnis Anda. berikut penjelasannya.

1. Memudahkan konsumen untuk membeli

TikTok Shop menyederhanakan proses checkout, sehingga pengguna dapat melakukan pembelian langsung dari aplikasi, tanpa harus berintegrasi dengan e-commerce atau situs web perusahaan. Mulai dari pemilihan produk, tampilan review, penentuan jenis dan ukuran produk, hingga tahap pembelian dan pembayaran. Manfaat bagi pengguna adalah dalam hal efektivitas waktu, keuntungan bisnis jelas merupakan daya tarik penjualan yang lebih besar, yang berdampak signifikan terhadap keuntungan.

2. Terbuka untuk menjual produk apapun

Konten TikTok yang dibuat oleh kreator sendiri sangat beragam, seperti fashion, kecantikan, review makanan, memasak, otomotif, kesehatan, dan tutorial olahraga sederhana yang bisa dilakukan siapa saja. Faktor-faktor seperti ini mendorong merek atau bisnis lain yang sedang berkembang untuk memanfaatkan pembuat TikTok untuk mempromosikan produk mereka dengan aplikasi TikTok.

3. Hasil penjualan yang lebih menguntungkan

Tren komersial dengan mengandalkan social commerce ini terbukti sangat menguntungkan. Meningkatkan keuntungan bisnis ketika menggunakan social commerce sebagai sarana promosi dapat meningkatkan keuntungan hingga 35%. Dengan peningkatan ini, peluang untuk berjualan di social commerce akan 5x lebih menguntungkan.
Caranya Dapat Cuan dari Ngonten, Inilah Cara Membuat Toko di TikTok Shop
Cara Membuat Toko di Tiktok Shop
Pertama, buka situs resmi toko TikTok di https://seller-id.tiktok.com dan daftar terlebih dahulu. Isi semua data pada formulir yang disediakan, pastikan Anda memasukkan data dengan benar untuk verifikasi. Jika sudah, klik Simpan. Halaman Pendaftaran Toko Penjual Tiktok | Foto: Universitas Toko Vendor TikTok Halaman Pendaftaran Toko Penjual Tiktok | Foto: Universitas Toko Vendor TikTok Anda kemudian akan melihat layar seperti ini. Anda dapat mengklik tombol Mulai menjual. Halaman Pendaftaran Toko Penjual Tiktok | Foto: Universitas Toko Vendor TikTok Langkah selanjutnya Anda bisa mulai menambahkan produk dengan mengklik add first product > add product. Sebelum itu, Anda harus terlebih dahulu memasukkan alamat lengkap toko/gudang untuk menambahkan produk. Tambahkan produk ke toko Tiktok | Foto: Universitas Toko Vendor TikTok Selanjutnya, Anda perlu memverifikasi dokumen agar produk yang telah ditambahkan disetujui dan dapat muncul di katalog TikTok Shop. Klik Unggah Dokumen, maka Anda akan mendapatkan 2 opsi: badan usaha dan penjual perorangan.
  • Dokumen yang dibutuhkan untuk badan korporasi dalam verifikasi dokumen: Nomor Induk Berusaha, asli dan fotokopi.
  • Dokumen yang dibutuhkan untuk penjualan individu adalah KTP atau paspor. Untuk KTP diperlukan tampak depan dan belakang.
Baca Juga  Simak Dijamin Untung! 3 Jenis Bisnis Online Ini Tanpa Modal Bisa Cuan Besar
Verifikasi Dokumen Tiktok Shop | Foto : TikTok Shop Seller University
Catatan penting saat pengecekan dokumen adalah isikan dengan benar, karena data yang sudah anda masukkan tidak dapat diubah/diubah lagi. Langkah terakhir, Anda dapat menautkan rekening bank Anda untuk menerima penghasilan dari TikTok Shop. Dengan ini, Anda sudah memiliki toko di TikTok Shop.

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …