Breaking News

Cara Menjadi Agen Gas LPG

Cara Menjadi Agen Gas LPG
makaryo.netCara Menjadi Agen Gas LPG. Ingin tahu cara menjadi agen gas LPG? Pelajari lebih lanjut di sini. Pendaftaran, persyaratan, kiat sukses Pada tahun 2007, pemerintah Indonesia memperkenalkan peraturan untuk mengkonversi minyak tanah ke LPG. Sejak saat itu, jumlah pengguna kompor gas dan LPG meningkat pesat. Hal ini juga menciptakan peluang di sektor energi gas. Cara termudah untuk memasuki industri energi adalah menjadi agen gas LPG. Menjadi agen gas elpiji juga cocok bagi Anda yang sedang mencari peluang bisnis di masa pensiun. Karena Anda juga bisa menjalankan bisnis ini dari rumah. Pertamina adalah perusahaan yang memproduksi dan menjual gas LPG di Indonesia. Di bawah ini adalah komunikasi dari BukuWarung tentang cara menjadi agen resmi gas elpiji. Sebelum Anda memutuskan untuk menjadi penjual gas elpiji, Anda perlu memahami beberapa hal penting berikut ini.

Syarat

  • Memiliki perusahaan yang berbadan hukum.
  • Ada dua jenis pemohon agen elpiji. Yang pertama adalah eks agen minyak tanah bersubsidi dan yang kedua yaitu non eks agen minyak tanah bersubsidi.
  • Ketika Anda akan mengajukan permohonan, langkah pertama yang harus ditempuh adalah mengisi formulir. Data yang Anda isikan ke dalam formulir tersebut tak dapat direvisi, pastikan Anda mengisinya dengan benar.
  • Jika mendaftar dengan cara online, pakailah email masih aktif dan ingat-ingat password yang Anda gunakan. Email harus aktif karena akan digunakan sebagai media untuk mengirimkan nomor registrasi.
  • Sebagai agen, perusahaan Anda harus mampu menjual gas Elpiji minimal 1.000 kg dalam satu hari.

Formulir

Pahami data apa saja yang harus Anda isikan dalam formulir supaya dapat disiapkan sebelumnya. Berikut ini data-data yang dibutuhkan.

  • Alamat email yang masih aktif
  • Kata sandi yang unik dan mudah diingat
  • Nama perusahaan Anda yang akan dijadikan sebagai agen elpiji
  • Alamat lengkap perusahaan
  • Nomor telepon perusahaan
  • Alamat gudang yang akan digunakan untuk menyimpan stok tabung gas

Dokumen

Setelah mengisi data-data di atas, Anda juga akan diminta untuk mengirimkan beberapa dokumen yang berkaitan dengan perusahaan Anda, antara lain:

  • Khusus untuk perusahaan yang bukan eks agen minyak tanah bersubsidi harus melampirkan Akta Pendirian Usaha.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) pimpinan atau direktur perusahaan sesuai yang tercantum dalam Akta Pendirian Usaha.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan
  • Khusus untuk perusahaan yang termasuk ke dalam eks perusahaan 
  • Plan area pemasaran
  • Surat keterangan yang menyatakan kesanggupan untuk membeli tabung gas LPG sebanyak 10.000 unit, khusus bagi perusahaan eks agen resmi minyak tanah Pertamina.
  • Surat pernyataan kesediaan mematuhi peraturan pemerintah daerah setempat.
Baca Juga  Kenali Perbedaan Prabayar dan Pascabayar Serta Keuntungannya

Proses Pendaftaran

Sudah paham semua persyaratan dan dokumen-dokumen yang diperlukan? Simak panduan berikut untuk mengajukan permohonan menjadi agen LPG Pertamina.

1. Kunjungi website https://spbu.pertamina.com/registration/domesticgas.html lalu klik “Daftar Sekarang” pada tab “Keagenan LPG”

2. Ada dua pilihan agen yaitu Keagenan LPG PSO (khusus LPG bersubsidi) dan Keagenan LPG Non PSO (LPG tidak bersubsidi).

3. Pilih lokasi yang sesuai dengan alamat perusahaan Anda.

4. Setelah itu, Anda akan diminta untuk melampirkan beberapa dokumen:

  • Surat perjanjian kerja sama
  • Izin Pendirian Usaha
  • Izin Gangguan
  • Tanda Daftar Perusahaan
  • Rekomendasi
  • Kartu Tanda Penduduk
Apabila Anda sudah selesai melakukan proses pendaftaran, Pertamina akan melakukan penyaringan dan survei untuk mendapatkan agen yang sesuai. Ada 2 faktor penting yang sangat memengaruhi diterimanya permohonan yaitu : Lokasi usaha dan Keuangan perusahaan. Terkait dengan lokasi usaha, sebenarnya menjadi agen LPG bisa menjadi peluang usaha rumahan, Anda bisa memanfaatkan tanah kosong di rumah Anda untuk dimanfaatkan sebagai lokasi usaha. Tapi tetap ingat juga, pastinya pihak pertamina juga tetap memiliki regulasi terkait dengan lokasi usaha, dan Anda harus mematuhi itu.

Modal

Apakah ada peluang bagi small caps untuk menjadi dealer Pertamina LPG? Tidak diragukan lagi. Bagi yang tidak punya modal, solusinya adalah dengan melamar sebagai agen gas LPG 3kg. Berapa modal yang anda perlukan untuk memulai usaha menjadi agen elpiji 3kg? Mari kita menghitung. Harga tabung elpiji 3kg kosong adalah Rp120.000. Tabung yang sebenarnya berisi gas itu seharga Rp 150.000. Katakanlah Anda membeli hingga 200 tabung gas dan isinya dan memulai bisnis. Oleh karena itu, diperlukan Rp30.000.000. Belilah truk bekas yang masih dalam kondisi baik untuk memudahkan pendistribusian tabung gas. Estimasi harga sekitar Rp 70.000.000. Anda membutuhkan kantor dan gudang kecil untuk menyimpan semua LPG Anda. Pada awalnya, Anda dapat menyewa toko. Biaya tahunan sekitar Rp 30.000.000. Harga ini dapat bervariasi menurut wilayah. Untuk menjalankan suatu usaha diperlukan penyediaan dana operasional. Jika Anda membutuhkan Rp 2.000.000 per bulan untuk tagihan listrik, air dan lainnya, itu berarti Anda membutuhkan Rp 24.000.000 per tahun. Jangan lupa untuk menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) untuk berjaga-jaga. Dua alat pemadam kebakaran dapat dibeli seharga Rp 1.000.000. Total modal yang dibutuhkan dalam rincian di atas adalah Rp 133.000.000.

Harga jual gas LPG 3 kg adalah Rp 15.500.

Jika Anda dapat menjual hingga 30 tabung per hari, Anda bisa mendapatkan penjualan Rs 465.000. Dalam satu bulan, omzetnya bisa mencapai 13.950.000 rupiah. Tetapi jika Anda tidak mengikuti tips menjadi agen GPL, Anda juga belum tentu mencapai angka teratas. Pelajari lebih lanjut di sini

Tips Sukses Menjadi Agen LPG

Cara Menjadi Agen Gas LPG

1. Ajarkan

Selain penjualan elpiji, edukasi konsumen juga dianjurkan. Ini mencakup cara menggunakan kompor LPG, cara mengganti gas dengan aman dan cara servis kompor gas hingga servis regulator gas. Mengapa? Memberikan edukasi setidaknya terasa kredibel, sehingga bukan tidak mungkin konsumen akan lebih banyak lagi yang datang.

2. Jual Barang

Selain menjadi agen LPG, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan lain dari penjualan aksesoris. Ini bisa berupa regulator, ring regulator, selang gas dan pada dasarnya menjual barang-barang terkait gas LPG.

3. Publisitas

Promosi juga merupakan faktor yang sangat penting untuk menjadi agen gas LPG yang sukses. Sistem pengumpulan bola dapat diterapkan. Pada dasarnya, Anda dapat meninggalkan kapal dan menawarkan di kios-kios. Karena jika Anda perhatikan baik-baik, jaringan sangat penting untuk menjadi agen GPL yang sukses. Anda dapat terhubung dengan warung makan pokok, toko serba ada atau toko kelontong.

4. Akuntansi

Karena Anda dapat melihat arus kas bisnis Anda, akuntansi sangat penting untuk menjalankan bisnis Anda sebagai agen GPL. Mulai dari pengeluaran dan pemasukan hingga hutang. Setidaknya Anda bisa melihat bagaimana mengelola keuangan Anda untuk memberi Anda ide bagaimana mengelola keuangan bisnis Anda dengan benar. Anda juga dapat menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan BukuWarung untuk memudahkan pengelolaan keuangan. Dengan aplikasi keuangan BukuWarung, Anda dapat dengan mudah dan efisien mencatat semua pengeluaran, pendapatan, dan hutang Anda.

5. Membangun kepercayaan konsumen

Membangun kepercayaan konsumen juga dapat mempengaruhi sukses tidaknya kontrak agen LPG. Jika konsumen percaya dengan apa yang Anda tawarkan, mereka juga bisa menjadi pelanggan. Salah satu caranya adalah menjalankan bisnis dengan jujur ​​dan tidak melanggar aturan atau peraturan, dengan kata lain tidak melanggar hukum. Cara Menjadi Agen Gas LPG 3kg bisa cocok untuk anda yang ingin memulai bisnis. Berbisnis di daerah ini sangat menguntungkan karena setiap orang membutuhkan bahan bakar gas.

Baca Juga  Simak Pembukuan Sederhana: Pengertian, Cara Membuat dan Contohnya

Check Also

Guide to Creating a Business Plan With Template

To turn your business plan real, you’ll require a business plan. These templates for business plans …