Breaking News

Cara Menggunakan QRIS Agar Usaha Juragan Makin Untung

Cara Menggunakan QRIS Agar Usaha Juragan Makin Untung
makaryo.net Cara Menggunakan QRIS Agar Usaha Juragan Makin Untung. Kapten, apakah Anda akrab dengan QRIS? QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah standar kode pembayaran QRIS yang dibuat oleh Bank Indonesia untuk memudahkan transaksi pembayaran di Indonesia, Bro. Dengan QRIS, pembayaran digital menjadi praktis. Di tahun 2020, QRIS sudah menjadi teknologi pembayaran digital yang penggunanya sudah tumbuh menjadi 3,64 juta pembeli lho. Jika Anda tidak ingin bisnis Anda tertinggal, Anda perlu mengetahui QRIS untuk memastikan Anda menggunakan metode transaksi yang mudah dari Bank Indonesia ini. Jadi bagaimana Anda dapat menggunakan QRIS untuk meningkatkan profitabilitas bisnis Anda? Yuk simak informasi berikut ini!

Apa itu QRIS?

QRIS merupakan upaya standarisasi Bank Indonesia untuk semua perusahaan fintech seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja, dll agar transaksi digital lebih cepat, aman, dan mudah menggunakan kode QR. QRIS mengintegrasikan kode QR yang berbeda dari Penyelenggara Sistem Pembayaran (PJSP) yang berbeda, sehingga setiap penyedia PJSP berbasis kode QR, lokal dan luar negeri, harus menggunakan QRIS. Dengan kata lain, semua kode QR terintegrasi dengan semua aplikasi pembayaran hanya melalui satu jenis kode QR, Bro. Jika perusahaan Anda sudah menggunakan QRIS, maka apapun alat pembayaran Anda, transaksi dapat dilakukan dengan memindai area yang sama. Sama seperti slogannya bro: satu QRIS untuk semua pembayaran. Berikut beberapa keunggulan QRIS:
  • Universal – QRIS mampu menerima pembayaran apa pun hanya lewat satu QR code. Dengan begitu, usaha Juragan tidak memerlukan berbagai macam aplikasi pembayaran.
  • Gampang – Kemudahan adalah keunggulan utama yang ditawarkan oleh QRIS. Pelanggan bisa melakukan pembayaran menggunakan QRIS hanya dengan sekali pemindaian lewat aplikasi smartphone!
  • Untung – Juragan hanya membutuhkan satu jenis QR code saja, lho. Jadi, tidak perlu lagi beradaptasi dengan tarif pembayaran yang berbeda-beda.
  • Langsung – Tak makan waktu lama, pembayaran digital menggunakan QR code dapat diproses langsung saat itu juga, Gan.

Manfaat QRIS untuk merchant

QRIS dapat memberikan banyak keuntungan bagi merchants melalui berbagai manfaatnya berikut ini, Gan:

Transaksi lebih cepat

Tujuan utama menggunakan QRI adalah untuk memfasilitasi pembayaran digital. Sebagai seorang pedagang, kapten memiliki kesempatan untuk mendapatkan manfaat besar karena QRI melakukan semua pembayaran yang tidak dapat dipantau melalui pintu. Ya, QRI hanya membutuhkan QR, bro, untuk membuatnya lebih mudah dan mempercepat proses transaksi.

Baca Juga  Simak Cara Membuka Usaha Toko Bangunan

Tidak perlu menyiapkan uang kembalian

Pernahkah Anda mengalami kesulitan untuk menyiapkan perubahan uang ke klien? Nah, masalah seperti itu tidak akan memenuhi jika mereka memberikan QRI sebagai metode pembayaran pelanggan.

Dengan QRI, kapten tidak perlu lagi repot -repot menyiapkan uang tunai dalam jumlah besar seperti perubahan pelanggan. QRIS juga mendapatkan semua uang yang melompat dengan aman di dompet digital yang digunakan. Oleh karena itu, Skipper tidak perlu diganggu untuk menerima dan mengembalikan uang tunai selama penjualan.

Keamanan yang Dijamin

Saat ini, penipuan moneter yang dipalsukan masih sering menghasilkan, Anda tahu, saudara. Untuk menghindari ini, polanya dapat menggunakan QRI. Penggunaan kode QR akan melindungi bisnis pola dari kemungkinan penipuan karena pembayaran tidak dilakukan. Sistem keamanan QRIS juga telah diuji karena dilengkapi dengan PIN dan nomor OTP yang hanya dapat diketahui oleh Juragan. Keamanan yang dijamin untuk pola dapat melakukan bisnis dengan lebih nyaman, DEH.

Penagihan penjualan kontemporer dan meningkat

Pembeli akan merasa lebih nyaman melakukan transaksi dalam bisnis pemberi kerja jika dia diberi kebebasan untuk memilih pembayaran digital. Dengan QRI, Skipper menawarkan lebih banyak pembayaran alternatif kepada pelanggan sehingga mereka dapat melakukan pembayaran digital dari dompet elektronik yang dipilih. Kebebasan dan kenyamanan ini tentu saja dapat meningkatkan kemungkinan pembelian dan pembayaran yang bukan helm, bro. Penagihan penjualan dapat meningkat dan membuat bisnis lebih lembut.

Cara menggunakan QRIS

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, apakah QRIS sulit digunakan? Sama sekali tidak, Gan! Justru penggunaannya sangat simpel dan mudah. Berikut cara menggunakan QRIS saat transaksi pembayaran:

  • Pertama-tama, pembeli membeli produk di usaha Juragan.
  • Juragan kemudian akan menginformasikan nominal pembayaran kepada pembeli.
  • Pembeli membuka aplikasi uang elektronik yang ia gunakan, lalu memilih tombol Scan QR.
  • Apabila transaksi berhasil, Juragan akan menerima pemberitahuan melalui email.
  • Jika belum menerima pemberitahuan melalui email, Juragan dapat meminta bukti pembayaran pada aplikasi yang digunakan oleh pembeli.

Cara mendapatkan QRIS untuk merchant 

Setelah mengetahui berbagai kelebihan QRIS, kini saatnya Juragan mengadopsi teknologi satu ini sebagai bagian dari sistem pembayaran pada bisnis Juragan. Untuk mendapatkan QRIS, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Juragan ingin mendapatkan QRIS? Yuk, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Juragan yang belum memiliki akun perlu buka akun terlebih dahulu dengan datang ke kantor cabang atau mendaftar online pada salah satu PJSP QRIS yang terdaftar.
  • Pastikan Juragan melengkapi data usaha dan dokumen yang diminta oleh PJSP tujuan.
  • Selanjutnya, tinggal tunggu proses verifikasi, pembuatan Merchant ID, dan pencetakan kode QRIS oleh PJSP.
  • Pihak PJSP akan mengirimkan stiker QRIS kepada Juragan.
  • Setelah menerima stiker tersebut, Juragan bisa install aplikasi sebagai merchant QRIS.
  • PJSP akan memberikan edukasi kepada merchant tentang tata cara menerima pembayaran digital menggunakan QRIS.
Perhatikan bahwa sistem QRIS dan biaya transaksi ditentukan oleh BI. Ketentuan ini disertai dengan rekomendasi dari perwakilan penyedia aplikasi pembayaran menggunakan kode QR, Br. Jadi, jika Anda mendaftar sebagai merchant QRIS, tanyakan secara detail tentang metode transaksi QRIS dan biaya penyedia aplikasi. Jika Anda ingin lebih praktis, Anda dapat bergabung dengan perusahaan Anda dan mendaftar melalui fungsi QRIS yang dipromosikan oleh platform BukuWarung. Platform BukuWarung tersedia sebagai website dan aplikasi dalam bentuk web application dan mobile. BukuWarung adalah pihak yang membolehkan nakhoda memiliki kode QRIS, kode dua dimensi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia melalui BukuWarung bekerjasama dengan Bank BNI untuk mempermudah transaksi pembayaran.

Cara mendapatkan layanan QRIS di BukuWarung

Cara Menggunakan QRIS Agar Usaha Juragan Makin Untung

Juragan bisa mengajukan QRIS BukuWarung dengan praktis dan mudah, lho. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pada aplikasi BukuWarung, tekan banner QRIS dalam menu pembayaran (pastikan Juragan sudah update aplikasi ke versi terbaru).
  • Lakukan verifikasi akun dengan tekan “Ajukan QRIS Sekarang”.
  • Kemudian, tekan “Mulai Verifikasi”, siapkan KTP Juragan dan ikuti instruksi.
  • Jika verifikasi akun sudah selesai, Juragan bisa tekan “Ajukan QRIS Sekarang”.
  • Lakukan Verifikasi Data Usaha dengan melengkapi data usaha Juragan.
  • Jangan lupa tambahkan nomor rekening penerima uang dari transaksi QRIS-mu, Gan.
  • Jika pengajuan layanan QRIS di BukuWarung disetujui, bagian Terima Pembayaran pakai QRIS akan muncul di menu pembayaran pada aplikasi BukuWarung
Baca Juga  Guide to Creating a Business Plan With Template

Nah, jika sudah menggunakan QRIS BukuWarung, ada banyak kelebihan cara pakai QRIS BukuWarung yang bisa Juragan rasakan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Menerima pembayaran dari berbagai bank atau dompet digital hanya dengan satu QR code.
  • Secara real-time, semua pembayaran pelanggan langsung masuk rekening Juragan.
  • Proses pengajuan QRIS BukuWarung begitu mudah.
  • Bebas biaya admin (MDR/Merchant Discount Rate 0%).
  • Semua transaksi tercatat secara otomatis
Demikian informasi tentang cara menggunakan QRIS untuk meningkatkan profitabilitas bisnis nahkoda. Bisnis yang sukses harus melalui banyak perubahan, jadi jangan sampai QRIS kecewa, bukan? Sayang sekali jika perusahaannya bagus tapi tidak didukung dengan opsi pembayaran terbaru. Kini kapten dapat bergabung dan mendaftarkan perusahaan melalui fitur QRIS yang difasilitasi platform BukuWarung. Fitur ini mempercepat transaksi antara kapten perdagangan dan pelanggan, sehingga perdagangan bisa lebih lancar. Yuk, langsung saja download aplikasi BukuWarung dari Google Play Store!

Check Also

Guide to Creating a Business Plan With Template

To turn your business plan real, you’ll require a business plan. These templates for business plans …