Breaking News

Cara Memulai Usaha Rental Mobil

Cara Memulai Usaha Rental Mobil
makaryo.netCara Memulai Usaha Rental Mobil. Ingin memulai bisnis rental mobil yang mudah dikelola? Simak tips membangun bisnis rental mobil yang sukses berikut ini. Setelah sepeda motor, mobil merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan masyarakat. Keuntungan menggunakan mobil adalah terlindungi dari panas dan hujan. Sayangnya, kemudahan yang ditawarkan sebuah mobil harus dikapitalisasi dengan biaya yang mahal. Jadi tidak semua orang bisa memilikinya. Permintaan mobil di Indonesia sangat tinggi. Misalnya, menghadiri acara luar kota bersama keluarga, liburan, dll. Hal inilah yang menjadi alasan utama munculnya bisnis rental mobil. Penyewaan mobil juga merupakan ide bisnis yang bagus untuk pensiunan. Tertarik untuk memasuki bidang cargo ini? Jangan buru-buru, perhatikan hal-hal penting berikut sebelum berangkat

Mengapa Usaha Rental Mobil?

1. Keuntungan Menggiurkan

Anda mungkin masih bertanya-tanya seberapa menguntungkan bisnis rental mobil. Dengan asumsi perhitungan ini, Modal yang dibutuhkan adalah satu unit Toyota Avanza yang dibeli secara kredit untuk jangka waktu 48 bulan. Deposit Rp 38.780.000 Rp 5.010.000 per bulan yang dicicil. Dengan biaya asuransi sebesar Rp 3.000.000. Pembelian aksesoris dan promosi senilai Rp 5.300.000. Modal awal yang perlu Anda sediakan adalah Rp52.090.000. Sedangkan biaya bulanan untuk cicilan, service, dll adalah 6.210.000 Rial. Jika Anda menyewa mobil selama 25 hari per bulan dengan harga Rp 400.000 per hari, Anda akan mendapatkan penghasilan sebesar Rp 10.000.000. Setelah dikurangi omset keuangan dari pengeluaran bulanan, jumlah 3790000 real diperoleh.

2. Boleh tanpa modal

Bahkan bisa dikatakan sewa mobil merupakan kegiatan yang tidak membutuhkan banyak modal awal. Seperti yang Anda lihat dari perhitungan poin sebelumnya, Anda hanya membutuhkan modal untuk uang muka. Nantinya, Anda bisa menggunakan pendapatan sewa untuk membiayai cicilan dan perawatan berkala. Anda juga dapat menyewa mobil tanpa investasi apapun. Anda dapat bertindak sebagai perantara antara pemilik mobil dan pelanggan.
3. Cakupan pasar yang luas
Padahal, bisnis rental mobil begitu kuat sehingga persaingan cukup ketat. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena cakupan pasar bisnis ini sangat luas. Bermitra dengan perusahaan taksi online untuk meminimalkan persaingan. Anda juga dapat menawarkan perusahaan untuk menyewa mobil yang berfungsi. Dengan strategi ini, Anda tidak perlu lagi bersaing memperebutkan konsumen dengan masyarakat umum.

4. Kemudahan Manajemen

Bisnis rental mobil tidak terlalu rumit. Bahkan Anda yang masih manusia biasa pun bisa dengan mudah mengelolanya. Anda cukup menyediakan kantor kecil sebagai tempat untuk berurusan dengan klien. Manfaatkan rumah Anda agar tidak perlu menyewa tempat baru. Sistem di perusahaan ini sangat sederhana. Penyewa harus melengkapi formulir sewa. Setelah itu, penyewa membayar deposit. Pastikan untuk meminta jaminan berupa akta kelahiran dan copy SIM A. Dokumen penting ini berfungsi sebagai jaminan bahwa penyewa tidak akan melarikan diri. Jika Anda ingin tidak terganggu, Anda dapat memarkir mobil Anda di perusahaan rental mobil yang ada. Jika mobil Anda berhasil disewa, Anda bisa mendapatkan komisi. Dengan sistem ini, Anda tidak perlu khawatir tentang administrasi dan hanya mendapatkan hasil yang bersih.

Cara Usaha Rental Mobil untuk Pemula

Supaya tidak salah dalam melangkah, ikuti cara memulai bisnis rental mobil untuk pemula seperti di bawah ini.

Baca Juga  Simak Cash Flow to Debt Ratio: Pengertian, Rumus, Cara Menghitung Agar Cuan

1. Memilih Mobil

Kunci sukses rental mobil adalah jenis rental mobil. Itulah mengapa Anda harus memilih mobil yang disukai banyak orang. Masyarakat masih lebih menyukai MPV seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Kedua mobil ini mampu mengangkut banyak penumpang dan irit dalam konsumsi bahan bakar. Harga beli MPV atau minivan masih terjangkau. Biaya perawatan juga lebih murah. Hal ini tentunya lebih menguntungkan bagi Anda sebagai seorang pengusaha.

2. Hindari mobil bekas

Untuk memulai bisnis rental mobil, Anda perlu membeli mobil baru. Mengapa? Sebagus apapun kondisi mobil bekas, performanya tidak akan seperti mobil baru. Jangan berkompromi dengan kenyamanan pelanggan saat membeli mobil bekas. Memang mobil bekas harus lebih sering datang ke bengkel. Hal ini disebabkan oleh keausan suku cadang, yang membuat mereka lebih rentan terhadap kerusakan. Alih-alih mengurangi modal, biaya pemeliharaan malah naik. Lebih baik beli mobil baru. Biasanya dealer memberikan perawatan gratis selama masa garansi.

3. Regulasi Rental Mobil

Cara Memulai Usaha Rental Mobil

Bisnis sewa mobil memang mudah dikelola tapi risikonya juga cukup tinggi. Tak jarang terjadi kasus penggelapan mobil sewaan. Untuk mencegah hal tersebut, Anda sebaiknya menerapkan beberapa peraturan.

  • Membuat surat kesepakatan antara pemilik rental mobil dengan konsumen. Surat ini harus dibubuhi dengan materai agar memiliki kekuatan hukum.
  • Meminta jaminan berupa KTP kepada penyewa.
  • Meminta penyewa untuk mengisi formulir yang berisi data diri serta kontak yang dapat dibungi.
  • Memasang serangkaian alat pendeteksi lokasi atau GPS pada mobil agar dapat dipantau dari jarak jauh.
Baca Juga  Trik Jitu Peluncuran Produk Baru

4. Daftarkan Asuransi

Asuransi merupakan salah satu hal terpenting dalam bisnis rental mobil. Perusahaan asuransi memberikan perlindungan jika terjadi cedera, kecelakaan dan kehilangan perangkat. Mendaftarkan mobil Anda ke perusahaan asuransi memberi Anda ketenangan pikiran. Setidaknya Anda memiliki seseorang yang dapat melindungi Anda jika sesuatu yang buruk terjadi. Jika Anda menyediakan layanan sopir, jangan lupa untuk mendaftarkan orang tersebut ke perusahaan asuransi Anda. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di sepanjang jalan. Inilah pentingnya kewaspadaan.

5. Strategi pemasaran

Ketika semua sumber daya Anda sudah siap, siapkan strategi pemasaran Anda. Untuk mengembangkan strategi, Anda perlu mengetahui target pasar di mana Anda meluncurkan bisnis Anda, sewa dan denda, dan alat promosi yang sesuai. Promosi merupakan salah satu kekuatan yang paling berpengaruh dalam pemasaran. Tujuan dari perusahaan sponsor adalah untuk memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas. Gunakan metode periklanan melalui media sosial, situs web, dan mendaftarkan bisnis ke Google. Buat promosi yang menarik untuk menarik calon pelanggan baru. Langkah pertama untuk memperkenalkan orang ke bisnis Anda adalah dengan memperkenalkan sistem diskon dan memberikan bonus dan hadiah kepada penyewa pertama.

6. Kementerian Keuangan

Satu poin terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah mengelola keuangan bisnis Anda. bagaimana? Mulailah mengelola keuangan Anda dengan pembukuan sederhana. Ketika Anda memesan mobil sewaan, semua transaksi masuk dan keluar disertakan, dan semua transaksi yang dicatat harus disertai dengan bukti seperti kwitansi dan faktur. Jika Anda merasa malas melakukan pembukuan manual, cobalah aplikasi. Salah satu contohnya adalah BukuWarung. BukuWarung adalah aplikasi akuntansi yang memungkinkan pengguna untuk mendokumentasikan semua transaksi dalam suatu perusahaan. Anda dapat mengunduh aplikasi Bukuwarung secara gratis dari PlayStore. Dengan aplikasi akuntansi ini, Anda tidak perlu melakukan perhitungan manual. Semuanya dilakukan secara otomatis oleh sistem. Data yang diberikan akan lebih akurat. Memulai bisnis rental mobil tentunya tidak terlalu sulit. Ini membutuhkan lebih sedikit modal dan sistemnya sederhana. Jadi kapan Anda ingin terjun ke bisnis ini?

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …