Breaking News

Bisnis Shoes and Care Dr Tirta

Bisnis Shoes and Care Dr Tirta

makaryo.netBisnis Shoes and Care Dr Tirta. Memiliki nama asli Tirta Mandira Hudhi, yang dikenal sebagai Dr. Tirta di Cyberspace, dikenal sebagai dokter dan pengusaha dengan upaya ‘sepatu dan perawatan Dr. Tirta’.

Penampilannya yang eksentrik di jejaring sosial menjadikan influencer ini pusat perhatian pengguna internet.

Tirta dikenal sebagai dokter yang secara aktif memberikan kritik dan pendidikan, terutama ketika pada awal tahun 2020, karena kita semua menghadapi virus Covid-19.

Dia sering diundang oleh program televisi, untuk memberikan pendidikan kepada warga negara Indonesia.

Tetapi di balik profesinya sebagai dokter, ia juga seorang pengusaha yang sukses dengan upayanya yang terlibat dalam bidang pembersihan alas kaki.

Data Sepatu dan Perawatan Menarik Dr. Tirta

Bisnis pencucian sepatu yang ia bangun sejak 2013, sekarang menjadi bidang bisnis yang diikuti oleh beberapa pengusaha.

Meskipun ia bekerja sebagai dokter, Tirta tidak mengubur hasratnya dalam kewirausahaan sebagai pendiri sepatu dan perawatan Dr. Tirta.

Berikut ini adalah fakta menarik dari perjalanan Dr. Tirta untuk membangun sepatu dan bisnis perawatan Dr. Tirta.

1. Dari Masalah Keuangan

Tirta yang merupakan gadis medis di universitas terkenal, UGM, adalah pria yang tidak tahu prestise.

Bagaimana Tidak? Ketika mahasiswa kedokteran fokus pada konferensi, Tirta menjual makanan goreng yang dijual kepada teman -teman mereka dari kampus.

Ini dilakukan untuk memenuhi biaya kuliah yang memakan waktu lebih dari 6 tahun, karena alasan ini ia mulai mendapatkan uangnya sendiri, selain itu pada waktu itu ia menginginkan sepatu seharga 2 juta.

Setelah mendapatkan omset hingga RP. 16 juta selama 3 bulan, Tirta terus menjual produk yang sedang tren, yaitu keseimbangan energi dan jam tangan monol, barang dagangan itu dijual dengan baik untuk mendapatkan keuntungan 36 juta rp.

2. mengalami kebangkrutan

Melihat hasil barang dagangannya yang selalu dijual dengan baik, ia akhirnya berhenti dan menguji bisnis baru lagi saat membuka bisnis sepatu.

Hampir semua manfaatnya pada waktu itu, memberikannya kepada tangan pemasok, berharap bahwa bisnis Anda kali ini juga akan dijual dengan baik.

Baca Juga  Ingin Investasi? Reksadana Pasar Uang Adalah Solusinya

Namun sayangnya, meninggalkan RP. 700 ribu, bahkan kehilangan uang karena barang yang diperoleh tidak setuju dengan harapan mereka.

Tirta akhirnya menyatakan kebangkrutan dan harus bertahan hidup dengan makanan sehari -hari yang kurang layak, pada waktu itu dia hidup sendirian dan malu jika dia harus memberi tahu orang tua.

3. Mendapatkan Dukungan Sang Ayah

Tirta, yang awalnya malu untuk memberi tahu orang tua, mulai berani memberi tahu ayahnya.

Awalnya, sang ayah tidak memberikan dukungan apa pun, tetapi ayahnya memiliki cara lain untuk membangkitkan antusiasmenya, Tirta akhirnya memiliki semangat baru untuk melakukan bisnis.

4. Dimulai dengan cinta sepatu

Dimulai dengan kecintaannya pada sepatu, suatu hari Tirta sedang mencuci sepatu kotornya dengan sabun cair dari Amerika Serikat yang dibelinya.

Saat mencuci sepatu agar kering, dia menyadari bahwa sepatunya sangat bersih seperti pertama kali dia membeli.

Pada saat itu, Tirta secara tidak sengaja menunjukkan sepatunya di depan ruang meja, sampai akhirnya banyak teman Tirta meninggalkan sepatu mereka untuk dicuci untuk pembayaran.

Otak bisnis Tirta sedang berjalan, menemukan peluang dalam bisnis pencucian sepatu, ini adalah awal dari sepatu Dr. Tirta dan peduli untuk berdiri.

5. Mempekerjakan Orang-Orang Jalanan

Gagasan sepatu dan perawatan Dr. Tirta menjadi layanan cuci sepatu pertama di wilayah Yogyakarta pada waktu itu.

Setelah menyadari bahwa peluang bisnisnya menjanjikan, ia bertekad untuk datang ke ibu kota Yakarta untuk menyewa toko di daerah Blok M.

Dengan sewa yang telah dibayar, itu mengharuskan Tirta terus tinggal di Yakarta karena kehabisan uang untuk memperbarui toko.

Sebagai sosok kerja keras, ia bersedia tidur di depan toko selama 2 minggu.

Selama hari -harinya, ia mulai bertemu orang -orang di jalanan, dari kuli hingga anak -anak punk, karena niat baik mereka, ia menawarkan orang jalanan untuk menjadi karyawan di tempat mereka.

6. Dr Tirta Shoes and Care Laku Keras

Dimulai dengan satu set toko di Blok M, sekarang sepatu dan perawatan telah membuka lebih dari 35 lokakarya di beberapa kota Indonesia.

Lokakarya yang ia lakukan untuk pertama kalinya pada tahun 2013, bersama dengan letusan Gunung Kelud pada waktu itu.

Melihat ini, Tirta mengembangkan inovasinya untuk membuka bisnis pencucian sepatu, dari mana namanya mulai dikenal oleh banyak orang.

Tidak hanya dari Indonesia, bisnis dan perawatan sepatu juga berasal dari negara -negara asing seperti Singapura, Malaysia, Australia dan bahkan Belanda.

Dari jumlah pelanggan pada waktu itu, diperkirakan bahwa omsetnya mencapai 2-3 miliar per tahun.

Baca Juga  Simak Peluang Bisnis Madu Asli

Strategi Komersial Sepatu dan Perawatan Dr. Tirta

Pengembangan zaman, bisnis sepatu dan perhatian Dr. Tirta hari ini mulai banyak saingan, tidak membuat Tirta gemetar.

Pada dasarnya, ini membahas konsumen wanita sebagai tujuan utama pasar.

Sepatu dan perawatan yang melayani pembersihan, yang ditempatkan kembali ke Ayellowing, menawarkan promosi khusus kepada wanita dengan program ‘Just for’ -nya ‘

Dalam program ini, sepatu dan perawatan menawarkan perawatan khusus untuk beberapa sepatu untuk wanita, seperti irisan, sepatu datar, sepatu hak tinggi dan lainnya.

Dalam program ini ‘Only for Her’, Tirta menciptakan strategi promosi pada hari Jumat, pada hari Jumat wanita, membayar sepatu dengan dua pasang sepatu yang dibersihkan.

Tidak hanya itu, Tirta mengembangkan bisnisnya lagi dengan menawarkan produk produk lain, seperti tas dan topi.

Agar bisnis Anda tetap stabil, sering mengikuti strategi ‘seleksi’ seperti membuka stan ketika ada acara yang penuh dengan orang, seperti pasar pameran Yogyakarta dan konser di Bandung.

Selain itu, Tirta tidak lupa untuk terus mempromosikan di jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, situs web, beberapa radio.

Poin Bisnis Sepatu dan Perawatan Penting

Bisnis Shoes and Care Dr Tirta

Setelah membaca fakta -fakta Dr. Tirta, yang memelopori bisnis nolnya, apakah polanya mulai menginspirasi?

Nah, kami akan memberikan 3 poin penting yang dapat diambil dari pertarungan Dr. Tirta, yaitu:

1. Jangan prestise

Tirta tidak pernah malu untuk menjual produknya kepada teman -teman universitasnya, sejauh ini dia menunjukkan bahwa siapa pun memiliki hak untuk berdagang selama itu halal dan tidak membahayakan siapa pun.

2. Jangan pernah menyerah

Kebangkrutan yang dialami Dr. Tirta dengan memberikan semua uangnya kepada pemasok adalah kesalahan, tetapi inovasi barunya membuatnya meningkat lagi dan tidak takut untuk memulai bisnis lagi.

3. Memanfaatkan Orang Jalanan

Kebaikannya terhadap orang jalanan adalah salah satu titik berharga, karena tidak semua orang mempercayakan orang di jalan untuk menjadi karyawan di toko mereka.

Tirta membuka peluang bisnis tanpa mengetahui judul dan lulusan pekerjanya pada waktu itu.

Jika polanya juga didorong untuk mengelola bisnis seperti sepatu dan perawatan Dr. Tirta, tidak ada kerusakan saat mencoba mulai sekarang.

Gunakan aplikasi BookWarung untuk memfasilitasi pola dalam menulis laporan keuangan.

BookWarung sangat cocok untuk pengusaha MSM yang membuka bisnis untuk pertama kalinya.

Selain penampilannya yang mudah, kapten juga dapat menjual kredit, listrik, dan bahkan mengisi ulang dompet elektronik untuk meningkatkan modal komersial bisnis pemberi kerja.

Segera unduh aplikasi BookWarung mulai sekarang!

Check Also

Guide to Creating a Business Plan With Template

To turn your business plan real, you’ll require a business plan. These templates for business plans …