Breaking News

Bisnis Model Canvas

Bisnis Model Canvas
makaryo.netBisnis Model Canvas. Apa model bisnis Canvas? Business Model Canvas adalah kerangka kerja untuk mengatur informasi tentang model bisnis. Kanvas Model Bisnis adalah tentang proposisi nilai. Apa yang pelanggan dapatkan dari produk Anda? Ini adalah titik awal untuk memulai bisnis. Di sini Anda mengisi kanvas dengan informasi tambahan tentang perusahaan dan pelanggan Anda. Informasi dalam kanvas model bisnis harus diperlakukan sebagai hipotesis. Jadi bisakah bisnis Anda bertahan? Sekarang, ini adalah cara cepat dan mudah untuk menentukan kelayakan model Anda.

Elemen Model Bisnis Canvas

Siapapun yang menggunakan template, setiap model bisnis canvas akan terlihat kurang lebih sama.

Masing-masing elemen nantinya diwakili oleh sebuah kotak di halaman dan kotak-kotak ini selalu diatur dengan cara yang sama.

Setidaknya ada 9 model bisnis yakni :

  • Proposisi nilai
  • Key partners
  • Kegiatan utama
  • Sumber kunci
  • Segmen pelanggan
  • Hubungan konsumen
  • Saluran
  • Struktur biaya
  • Aliran pendapatan
Segala sesuatu yang terkait dengan infrastruktur perusahaan (mitra utama, aktivitas, dan sumber daya) terletak di sisi kiri halaman. Di sebelah kanan adalah item yang berhubungan dengan pelanggan (segmen, hubungan, dan saluran). Di bagian bawah adalah item keuangan yang relevan. Proposisi nilai di tengah halaman menyatukan semuanya. Untuk lebih memahami unsur-unsur model bisnis Canvas, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Rasio Harga proposisi nilai

adalah Apa yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda? Masalah seperti apa yang bisa Anda selesaikan? Apa yang harus saya lakukan? Jawab pertanyaannya sesederhana mungkin. Kemudian Anda memiliki proposisi nilai Anda. Perlakukan proposisi nilai sebagai panduan yang harus menginformasikan setiap aspek lain dari rencana bisnis Anda.

2. Mitra utama

Kecil kemungkinan Anda akan dapat menyediakan produk atau layanan Anda sendiri. Apakah itu pemasok atau distributor, perusahaan induk atau mitra lain, selalu ada orang lain yang terlibat. Ajukan pertanyaan sederhana ini untuk menentukan apakah pasangan adalah pasangan penting: Bisakah model bisnis bekerja tanpa mereka? Tanpa mereka, mereka adalah mitra penting ketika segala sesuatunya berantakan.

3. Kegiatan Utama

Aktivitas adalah tindakan yang diperlukan untuk mewujudkan proposisi nilai. Aktivitas apa yang digunakan untuk membuat produk dan mengirimkannya ke pelanggan? Misalnya, seseorang perlu menyiapkan dan menuangkan minuman dan dibayar oleh pelanggan. Ini semua adalah kegiatan yang hebat. Untuk menentukan apakah suatu kegiatan ‘penting’, ajukan pertanyaan yang sama seperti sebelumnya. Bisakah model bisnis bekerja tanpa tindakan?

4. Sumber Daya Utama

Saat menghitung sumber daya, Anda perlu mempertimbangkan lebih dari sekadar sumber daya fisik. Mungkin juga memerlukan bakat (karyawan), sumber daya intelektual (know-how), dan sumber daya keuangan.

5. Departemen pelanggan

Siapa solusi Anda? Konfirmasi identitas pelanggan sasaran. Segmen pelanggan Anda adalah orang-orang dan perusahaan yang menghargai produk Anda. Saat membuat daftar segmen pelanggan, mungkin berguna untuk mempertimbangkan karakteristik pembeli.

6. Hubungan Konsumen

Sekarang setelah menetapkan siapa pelanggan Anda, maka Anda perlu menetapkan bagaimana akan berkomunikasi dan berinteraksi dengan mereka. Apakah pelanggan memerlukan dukungan setelah penjualan? Untuk hasil terbaik, gunakan peta perjalanan pelanggan untuk mendokumentasikan pengalaman pembeli. Cara ini akan membantu Anda mengidentifikasi titik kontak dan melacak bagaimana hubungan tersebut berkembang

7. Saluran

Pikirkan tentang bagaimana Anda pertama kali menjangkau pembeli potensial: Apakah melalui media sosial? Optimisasi Mesin Pencari? cocok? Inilah cara kerja pemasaran saluran. Sementara tim penjualan biasanya bertanggung jawab untuk membangun dan memelihara hubungan pelanggan, saluran terutama merupakan tanggung jawab tim pemasaran.

8. struktur tarif

Ketika Anda menjalankan bisnis, Anda harus mengeluarkan uang dan mungkin lebih dari yang Anda inginkan. Untuk mempertahankan aktivitas, sumber daya, dan mitra utama, karyawan harus menerima upah, biaya material, dan banyak lagi. Biaya ini membentuk struktur biaya.

9. Sumber Pendapatan

Untuk menjadi sukses dalam bisnis, Anda harus memiliki penghasilan. Aliran pendapatan Anda adalah tentang bagaimana Anda menghasilkan uang. Bagaimana Anda mengubah proposisi nilai Anda menjadi pendapatan? Anda mungkin perlu menawarkan layanan berbasis langganan, atau pelanggan Anda mungkin membayar biaya satu kali. Terlepas dari model yang Anda gunakan, pastikan untuk mencantumkan semua sumber pendapatan. Ketika datang ke perencanaan keuangan, Anda harus sangat berhati-hati.

Cara Membuat Model Bisnis Canvas

Bisnis Model Canvas

Apakah Anda sudah memahami elemen apa saja yang ada di Canvas Business Mode? Anda kemudian dapat mengikuti tip berikut untuk membuat kanvas model bisnis.

1. Kumpulkan pihak dan bahan yang tertarik

Baik Anda sedang membangun model bisnis digital atau fisik, Anda harus dapat mengisi kotak model. Ini berarti Anda harus mengetikkan informasi bisnis Anda secara digital atau membuatnya di papan tulis atau kertas. Kita sudah mendekati tahun 2022, jadi lebih baik mulai menggunakan model digital sekarang. Model bisnis kanvas digital menawarkan kolaborasi yang lebih besar, berbagi yang lebih mudah, dan penyimpanan berbasis cloud. Anda mungkin perlu melibatkan pemasaran, penjualan, dan tim lain dalam menyelesaikan Kanvas Model Bisnis. Jadwalkan rapat dengan orang yang Anda butuhkan dan isi template dengan mereka. Prosesnya cepat dan rapat untuk menyelesaikan template hanya membutuhkan waktu 30 menit hingga satu jam.

2. Isi Kanvas

Punya formulir kosong dan ingin mewakili tim Anda? Jika Anda memilikinya, Anda siap untuk mengisi kanvas. Ingat, tujuan Anda bukanlah untuk memiliki rencana bisnis yang sempurna. Anda harus mengklarifikasi aspek penting dari model bisnis Anda dan membuat penyesuaian yang Anda rasa perlu. Mulailah dengan proposisi nilai dan bekerja dari sana. Jika Anda bingung tentang poin mana pun, ulangi arti setiap poin lagi.

3. Uji asumsi

Anda Kanvas model bisnis yang telah diisi sebelumnya adalah cetak biru, tetapi tidak perlu ditentukan. Jika tim Anda mengumpulkan informasi dan menghasilkan ide, dan Anda mungkin menemukan bahwa beberapa aspek model perlu diubah, lakukanlah. Anda mungkin hanya mencantumkan pemasok sebagai mitra utama untuk menemukan pemasok lain dengan harga yang lebih kompetitif. Atau, Anda mungkin telah memutuskan bahwa model berlangganan bukanlah paket pembayaran terbaik. Panel Model Bisnis ada untuk membantu Anda mengidentifikasi penyesuaian ini, jadi jangan ragu untuk mengubahnya.

4. Tangkap apa yang tertulis

Model bisnis sering dianggap sebagai alat perencanaan yang baik, tetapi penggunaannya melampaui tahap perencanaan. Perbarui dasbor untuk mencerminkan perubahan saat Anda menyesuaikan model bisnis berdasarkan visi Anda dari dasbor model bisnis. Papan model bisnis adalah aset berharga yang harus menjadi bagian dari rencana bisnis Anda. Baik Anda menunjukkannya kepada pemegang saham atau investor, dewan model bisnis Anda dapat memainkan peran penting dalam menarik dukungan. Bagaimana? Apakah Anda tahu model bisnis kanvas? Pada dasarnya, model bisnis kanvas ini dapat menjadi fondasi bisnis Anda.
Baca Juga  Bisnis Budidaya Gurame Berikut 3 Cara Simple Untuk Memulai
Baca Juga  Tips Dan Cara Membuat Toko Online Cuma 15 Detik

Check Also

Guide to Creating a Business Plan With Template

To turn your business plan real, you’ll require a business plan. These templates for business plans …