Breaking News

Bedah Laporan Keuangan Sederhana

Bedah Laporan Keuangan Sederhana
makaryo.netBedah Laporan Keuangan Sederhana. Sebuah laporan keuangan singkat juga dapat digunakan untuk menggambarkan keadaan bisnis dan untuk mengevaluasi bisnis. Jika Anda baru mengenal bisnis ini, Anda perlu menyatakan apakah bisnis itu besar atau kecil. Mengapa? Ini karena sulitnya mengembangkan bisnis tanpa laporan keuangan.

fungsi pelaporan keuangan

Laporan keuangan mirip dengan catatan keuangan seperti laporan laba rugi, catatan pendapatan, dan catatan pengeluaran. Laporan diperlukan untuk mempertahankan alur kerja. Berikut ini adalah beberapa fitur dari laporan keuangan.

1. Tanggung Jawab Bisnis

Bisnis perlu melibatkan banyak orang, termasuk orang asing. Misalnya untuk investor, pelanggan atau pemerintah seperti pajak perdagangan. Semakin rinci laporan keuangan, semakin dapat diandalkan perusahaan tersebut ke dunia luar. Laporan keuangan harus rinci dan jujur ​​tanpa rumit dan ceroboh. Hal ini karena dapat menunjukkan bahwa perusahaan Anda tidak dapat dimintai pertanggungjawaban dan mungkin menghadapi masalah di masa depan.

2. Data evaluasi

Evaluasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Menilai nilai bisnis dengan melihat laporan keuangan sederhana. Laporan keuangan ini dapat menjadi ukuran keberhasilan, kemajuan, masalah dan solusi Anda. Jika Anda melihat laporan keuangan, Anda memecahkan penyebab masalah dengan solusi yang bisa Anda dapatkan dari laporan keuangan. Kami berharap permasalahan yang diakibatkan oleh penggunaan laporan keuangan sebagai bahan evaluasi dapat teratasi dan tidak terulang kembali.

3. Menilai situasi bisnis

Laporan keuangan dimaksudkan sebagai pengevaluasi kondisi suatu usaha untuk memudahkan pengamatan atas untung ruginya suatu usaha. Jika laporan keuangan masih merah, perusahaan mungkin dalam kesulitan dan berisiko bangkrut. Sebaliknya, jika laba rugi dalam laporan keuangan meningkat, maka perusahaan tersebut tumbuh. Di sini Anda dapat memahami keadaan bisnis Anda dan memutuskan apa yang harus dilakukan jika terjadi kebangkrutan atau pertumbuhan pesat perusahaan Anda.

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Laporan keuangan memiliki beberapa fungsi di atas yang sangat membantu dalam menjalankan usaha. Laporan keuangan juga menjadi sebuah informasi dalam pengambilan keputusan untuk perusahaan. Berikut ini beberapa cara membuat laporan keuangan sederhana.

Baca Juga  10 Ide Kegiatan Positif Saat WFH Dadakan, Cobain yuk!

1. Buat Buku Catatan Laporan Keuangan

Mencatat dan mengumpulkan data keuangan seperti penjualan, pembelian dan voucher diskon. Semua ini harus dicatat dan digunakan buku catatan. Dalam dunia akuntansi, buku besar keuangan bisnis biasa disebut dengan buku besar umum. Isi buku tahunan akuntansi ini harus rinci dan lengkap. Ini didasarkan pada informasi seperti tanggal, nomor catatan, dan input dan output. Tidak hanya pendapatan dan produksi, tetapi juga kreditur, saldo dan laba harus dicatat dalam buku besar akuntansi tahunan ini.

2. Catatan pendapatan dan pengeluaran

Menyiapkan buku laporan keuangan saja tidak cukup. Setiap kali Anda memiliki pemasukan dan pengeluaran, bahkan yang kecil, Anda harus mencatatnya. Selain pemasukan dan pengeluaran, Anda juga harus mencatat piutang. Karena itu mempengaruhi. Seiring dengan catatan pendapatan dan pengeluaran, yang dilakukan secara parsial dan parsial, ini membantu dalam menentukan untung dan rugi. Selain itu, Anda dapat mengukur gaji dan pendapatan karyawan secara harian, bulanan, atau tahunan.

3. Buat buku kas utama

Setelah membuat buku besar dan mencatat semua pendapatan dan pengeluaran, Anda perlu membuat buku besar. Ini penting karena Anda bisa menggabungkan dua nada di atas. Dengan buku besar ini, semua catatan pendapatan, pengeluaran, dan piutang digabungkan menjadi satu. Ini adalah perbandingan dan pengukuran pendapatan tunai utama dan jumlah pengeluaran. Buku besar master ini memungkinkan penerapan strategi baru berdasarkan perbandingan yang dibuat melalui buku besar utama.

4. Pembuatan buku besar

Selain mencatat uang, pendapatan, dan pengeluaran Anda, Anda perlu membuat buku besar. Meski terkesan sepele, buku ini sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Buku stok ini mencatat barang-barang yang masuk dan keluar setiap hari. Mirip dengan catatan keuangan, persediaan ini harus dicatat secara akurat. Jadi Anda tahu jenis barang dagangan apa yang ada di toko.

5. buat buku investasi produk

Tahukah Anda apa itu buku inventaris? Jika barang-barang Anda seperti meja dan jendela bertahan lebih dari 3 bulan. Itu tidak dicatat di neraca, tetapi dicatat di neraca ini. Buku ini digunakan untuk merekam hal-hal dalam jangka waktu yang lama, tetapi buku ini sangat penting. Selain itu, buku inventaris ini juga digunakan untuk mencatat sumbangan dan sumbangan tetap.

Aplikasi pencatatan laporan keuangan bisnis

Bedah Laporan Keuangan Sederhana

Pelaporan keuangan menyediakan fitur yang sangat berguna untuk bisnis Anda. Bahkan mereka yang memiliki pemahaman tentang akuntansi dapat membuatnya dengan sangat mudah, dan pasti akan sulit untuk membuat laporan keuangan yang sederhana. Apalagi jika Anda tidak memahami keuangan bisnis dengan baik Membuat laporan keuangan sederhana di era modern ini sangatlah mudah. Hal ini karena ada banyak aplikasi keuangan yang dapat membantu Anda mencatat bisnis yang Anda jalankan dan laporan keuangan perusahaan Anda. Salah satunya adalah aplikasi BukuWarung yang memiliki beragam fitur untuk membantu Anda membuat laporan keuangan bisnis. Aplikasi Bukuwarang ini aman, gratis dan sangat mudah digunakan. Jadi pemula tidak perlu khawatir. Download aplikasi Bukuwarang sekarang!
Baca Juga  Tips 11+ Ide Usaha Menguntungkan di Kampung

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …