Breaking News

Bedah Bisnis Cloud Kitchen

Bedah Bisnis Cloud Kitchen
makaryo.net Bedah Bisnis Cloud Kitchen. Sekarang mari berkenalan dengan bisnis cloud kitchen berikut ini. Kami mendorong Anda untuk membuka pemahaman, peluang, dan saran. Bisnis restoran adalah bisnis yang tidak pernah mati. Selama manusia membutuhkan pangan, bisnis di bidang ini tidak akan pernah sepi peminat. Tak heran, banyak yang menyebut ini sebagai karya segala usia. Dengan berkembangnya teknologi, industri restoran juga mengalami perubahan. Salah satunya adalah sektor jasa. Di masa lalu, setiap orang yang ingin makan harus datang ke restoran. Tapi sekarang orang bisa memesan makanan dari ponsel mereka. Sejak munculnya perusahaan seperti Go-Jek dan Grab, jumlah pengunjung restoran mengalami penurunan. Banyak pelanggan memilih jasa pengiriman karena lebih praktis. Teknologi komunikasi modern semakin mempercepat munculnya bisnis cloud kitchen. Mari simak pembahasan mendalam dari Bukuwarung tentang karya ini.

Apa Itu Cloud Kitchen?

Untuk kenyamanan Anda, Anda juga dapat menonton video Cloud Kitchen di bawah ini. Istilah Cloud Kitchen atau memasak online mungkin belum banyak dipahami oleh masyarakat. Bisnis telah berkembang ke luar negeri dalam beberapa tahun terakhir dan baru-baru ini memasuki Indonesia. Cloud Kitchen merupakan konsep restoran baru yang hanya menawarkan pembelian dengan sistem delivery. Ada banyak istilah lain untuk dapur awan seperti dapur hantu, dapur satelit, dan dapur online. Restoran ini tidak memiliki gedung pribadi untuk dikunjungi dan hanya bisa dilihat di aplikasi. Itu sebabnya disebut dapur awan. Proses pemesanan dapat dilakukan oleh konsumen melalui aplikasi restoran atau aplikasi pihak ketiga seperti Grab atau Gojek. Di sisi lain, pembayaran dapat dilakukan dengan dompet digital atau uang tunai pada saat kedatangan kurir (cash on delivery). Jika Anda menggunakan WhatsApp untuk memfasilitasi penjualan online, Anda dapat menggunakan tautan BukuWarungWhatsApp. Fitur tersebut mengubah nomor Anda menjadi tautan sehingga pembeli Anda tidak perlu memasukkan nomor WhatsApp nanti, cukup klik tautannya.

Keuntungan Konsep Bisnis Cloud Kitchen

Konsep cloud kitchen merupakan ide bisnis makanan yang lebih menguntungkan karena tidak memerlukan modal untuk menyewa tempat, membayar server, membeli peralatan makan, atau mendekorasi tempat. Biaya operasional otomatis jauh lebih rendah daripada restoran tradisional. Di bisnis cloud kitchen, Anda bisa lebih fokus melayani pelanggan. Kami memperhatikan kebersihan dapur dan mengutamakan rasa makanan. Kedua elemen inilah yang menjadi jantung bisnis kuliner online. Anda tidak perlu memikirkan konsep desain restoran atau kenyamanan pelanggan Anda saat makan. Saya punya waktu untuk mengerjakan menu dan mencoba resepnya. Dilihat dari jumlah modal yang dibutuhkan, menjalankan bisnis cloud kitchen jauh lebih mudah daripada menjalankan restoran biasa. Resiko kerugiannya juga kecil.

Peluang Bisnis Cloud Kitchen

Perusahaan berbasis virtual ini memiliki peluang besar untuk masa depan. Sekarang orang lebih suka memesan makanan di smartphone mereka dan melakukan tugas lain sambil menunggu makanan dikirim. Orang-orang sibuk dengan pekerjaan dan tidak punya waktu untuk mengantri di restoran untuk membeli makanan. Karena cloud cooking merupakan industri makanan yang relatif praktis, cloud cooking bisa disebut sebagai ide bisnis kreatif yang bisa menjadi peluang bisnis bagi mahasiswa. Saat ini, belum banyak perusahaan makanan berbasis cloud di Indonesia. Jadi manfaatkan kesempatan besar ini untuk memulai bisnis Anda segera.

Tips Membuka Bisnis Cloud Kitchen di Indonesia

Apakah Anda merasa tertarik untuk mencoba usaha cloud kitchen?

Baca Juga  (New) How Much Does It Cost You to Go to Work?

Sebelum memulainya, perhatikan beberapa tips di bawah ini yang akan membantu Anda mempersiapkan bisnis.

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis dapur online adalah lokasi bisnis Anda. Anda tidak harus membuka restoran tradisional, tetapi lokasi tetap penting. Faktor apa yang harus dipertimbangkan saat memilih lokasi cloud restoran? Pertama, pikirkan tentang target pasar bisnis Anda. Apakah Anda ingin klien mahasiswa, pekerja kantoran atau ibu rumah tangga? Pilih tempat untuk penghuni yang sesuai dengan tujuan Anda. Pikirkan tentang aksesibilitas karena Anda akan membuka restoran dengan sistem online. Staf pengiriman atau kurir dapat dengan mudah menemukan bisnis Anda. Lokasi usaha juga mempengaruhi harga makanan yang dijualnya. Misalnya, jika Anda memulai bisnis di area perkantoran, harga jual makanan lebih tinggi daripada harga makanan kampus.

2. Perlengkapan Pendukung

Selain lokasi, Anda juga perlu menyiapkan peralatan untuk mendukung proses persiapan dan pemesanan makanan. Beli peralatan dapur lengkap seperti standar restoran. Jika Anda memiliki modal minimal, setidaknya membeli peralatan lebih sedikit. Peralatan minimum cukup untuk menyiapkan seluruh menu untuk melayani pelanggan. Jangan lupa untuk membeli perlengkapan kebersihan seperti kain lap, sapu, pel, larutan pembersih dan sabun furniture. Jika perlu, beli mesin cuci furnitur otomatis untuk membersihkan peralatan dapur dengan lebih efisien. Bisnis restoran yang akan Anda jalankan bukanlah bisnis biasa, melainkan berbasis cloud. Anda juga perlu menyiapkan aksesoris seperti gadget dan koneksi internet untuk menerima pesanan dari pelanggan. Jika Anda berencana untuk menjalankan layanan kurir Anda sendiri, sediakan juga kendaraan untuk mengantarkan barang belanjaan ke pelanggan. Sediakan minimal 2 sampai 3 unit sepeda motor kemas.

3. Siapkan Sistem Order Online dan Pengiriman Produk

Sebelum memulai bisnis, Anda perlu mempersiapkan sistem dengan matang. Dua sistem penting di dapur cloud adalah sistem pemesanan online dan pengiriman produk. Siapkan aplikasi atau sistem pemesanan yang mudah dipahami untuk pembeli. Membangun sistem yang sederhana dan mudah dipahami daripada sistem yang kompleks. Jika Anda berencana menggunakan layanan Grab atau Gojek, daftarkan restoran Anda terlebih dahulu di sistem mereka. Sistem pengiriman juga harus diperhatikan untuk memastikan makanan sampai ke tangan pelanggan dengan cepat dan dalam kondisi baik.

4. Rekrut Staf yang Handal

Anda tidak akan bekerja sendiri untuk membangun bisnis dapur awan. Anda juga membutuhkan sejumlah karyawan yang mengelola operasional restoran. Contohnya termasuk manajer, kepala koki, koki, pemasaran, dan penjaga. Fokus pada kualifikasi orang-orang yang akan bergabung dengan perusahaan Anda. Pastikan orang-orang ini dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda. Kinerja yang baik harus dihargai dengan gaji yang “baik”. Selain gaji, Anda juga bisa memberikan bonus atau hang out bersama karyawan Anda.

5. Siapkan Packaging yang Multifungsi

Tujuan kelima terkait dengan pengemasan atau pengemasan makanan. Fungsi utama kemasan adalah untuk menjaga kualitas makanan saat sampai di tangan pembeli. Peran kemasan sangat penting dalam bisnis dapur online. Anda perlu mempertimbangkan jenis makanan yang Anda jual, bersama dengan kemasan yang tepat untuk melindunginya. Kemasan produk juga perlu dirancang dengan baik agar menarik minat pelanggan. Jangan gunakan kemasan yang murah, karena mereka tidak hanya menilai rasanya, tetapi juga penampilannya.

6. Gunakan Teknologi Point of Sales (POS)

Bedah Bisnis Cloud Kitchen

Cloud Kitchen adalah perusahaan makanan yang memiliki ikatan kuat dengan teknologi. Hal yang sama berlaku untuk sistem perdagangan. Sederhanakan pembayaran menggunakan sistem point of sale kami. Sistem pembayaran ini dapat diakses dari mana saja selama Anda memiliki koneksi internet. Memudahkan untuk memantau semua transaksi masuk dan keluar, termasuk riwayat pembayaran konsumen. Beberapa modal harus disisihkan untuk menyediakan titik penjualan yang dapat diandalkan. Selain itu, catatan keuangan juga sangat penting dalam bisnis cloud kitchen ini. Untuk menambah kepraktisan dalam membuat catatan keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi keuangan. Salah satunya adalah program pencatatan keuangan BukuWarung. Program ini dapat memudahkan Anda untuk mencatat semua transaksi keuangan perusahaan. termasuk pengeluaran, pendapatan, hutang, klaim, dll. Intinya, berkat kemajuan teknologi, memulai bisnis restoran tidak lagi membutuhkan modal besar dan persiapan yang rumit. Bisnis cloud kitchen sangat cocok untuk anak muda yang tidak ingin ikut campur dalam menjalankan bisnisnya. Jadi kapan Anda ingin memulai bisnis cloud kitchen ini?

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …