Breaking News

Bedah 10 Franchise Lokal Untuk Jadi Inspirasi

Bedah 10 Franchise Lokal Untuk Jadi Inspirasi
makaryo.netBedah 10 Franchise Lokal Untuk Jadi Inspirasi. Saat ini sudah banyak franchise lokal yang terkenal di seluruh Indonesia. Bisnis franchise ini untuk juragan yang ingin membuka usaha dan memiliki dana yang banyak untuk meningkatkan penjualan dipasaran. Sistem distribusi produk ini memperoleh izin sebagai pengguna Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) pihak (franchisee) dari pemilik franchise (franchisor). Melalui perusahaan ini, Anda tidak perlu susah payah membuat kebutuhan produk seperti bahan baku, resep, peralatan produksi dan barang lainnya. Hanya menyumbangkan uang untuk membuka cabang di daerah yang Anda inginkan.

Contoh waralaba lokal yang terkenal

Berbicara tentang franchise lokal akhir-akhir ini, Anda pasti akan terkejut karena banyak sekali brand ternama yang sebenarnya berasal dari Indonesia. Terlepas dari namanya yang terkesan bukan merek lokal, franchise asal Indonesia ini dianggap sebagai produk dari luar negeri. Di bawah ini adalah contoh franchise lokal yang mungkin bisa menginspirasi Anda:

1. Jco Donuts and Coffee

Siapa yang tahu bahwa Jecko’s Donuts & Coffee adalah merek lokal yang dimulai oleh Joni Andrian? Dia adalah seorang pengusaha salon dari Indonesia. Awalnya, ketika Joni bepergian ke Amerika Serikat, merek tersebut terinspirasi. Saat itu, ia sering mencoba donat khas Amerika dan memulai bisnis serupa. Pada tahun 2005, Jco Donuts and Coffee pertama kali membuka gerai di Tangerang Super Mall distrik Karawachi. Dalam setahun, Jco Donuts membuka 16 gerai di berbagai kota di Indonesia.

2. Kebab Turki Baba Rafi

Kebab Turki Baba Rafi didirikan pada tahun 2003 oleh Hendy Setiono. Awalnya, franchise lokal ini terinspirasi saat Hendy berkunjung ke Qatar. Dia sedang berjalan saat itu dan menemukan kebab di pinggir jalan. Sejak saat itu ia mempertimbangkan untuk mencoba toko kebab di Indonesia. Sebelum sukses, orang India mengalami kegagalan dan hampir bangkrut. Namun, pada tahun 2005 ia secara resmi mewaralabakan Kebab Turki Babarafi di seluruh Indonesia. Kebab merupakan makanan yang sangat menjanjikan di Indonesia, selain rasanya yang enak, kebab juga membuat Anda mudah merasa kenyang.

3. CFC

Tidak seperti KFC di Amerika Serikat, CFC adalah salah satu waralaba lokal terlaris di kota. CFC didirikan pada tahun 1989 dengan memperkenalkan konsep makanan cepat saji, dan pada tahun 1996 CFC membuka sayapnya di China dengan membuka 20 toko di seluruh China.

4. Hoka-Hoka Bento

Berbicara tentang masakan Jepang, banyak orang tidak akan mengira Hoka Hoka Bento atau Hokabane adalah franchise Indonesia. Didirikan di bawah naungan PT Eka Boganty, Hokbane didirikan oleh Hendra Arifin yang menyajikan berbagai makanan cepat saji. Waralaba lokal ini disukai banyak orang karena harganya yang murah dan rasanya yang enak.

5. janji jiwa

Siapa di antara kita yang tidak mengenal janji jiwa? Didirikan oleh Billy Kurniawan, kedai kopi lokal ini diluncurkan pada 2018. Meski Kontak Jiwa masih sangat baru, namun antusiasme masyarakat membuatnya sukses besar bagi franchise kopi di Indonesia.

6. Indomaret

Mustahil bagi orang Indonesia yang tidak mengenal franchise Indomaret karena pasar kecil yang melayani berbagai kebutuhan pokok ini selalu dipadati pembeli. Maka tidak heran jika palu India dibuat di setiap sudut wilayah Indonesia ini.

7. Apotek K-24

Apotech K-24 didirikan pada tahun 2002 di Yogyakarta. Waralaba farmasi nasional ini tersebar di seluruh Indonesia, memberikan layanan 24 jam tanpa gangguan kepada pelanggan. Karena kebutuhan obat-obatan di masyarakat, apotek ini populer dan sukses di 24 provinsi di Indonesia.

8. Ayam Sabana

Kipo Didirikan oleh pengusaha M. Syamsalis, Sabana Fried Chicken mulai berwaralaba pada tahun 2006. Ayam Sabana yang bergambar sama enaknya dengan KFC ini merupakan franchise ayam premium termurah hanya Rp 15.000. Bisnis Ayam Savannah dipandang sebagai peluang besar karena orang Indonesia suka makan ayam siap saji.

9. Es Teler 77

Es Teler 77 adalah pelopor restoran cepat saji pertama di Indonesia, dari sebuah kios kecil di mal Duta Merlin, Murniati dan suaminya telah berhasil mendirikan Es Teler hingga saat ini. Menu andalannya, Es Teler, tergolong minuman dingin dengan racikan khusus sirup.

10. Warunk Upnormal

Warunk Upnormal merupakan salah satu tempat makan yang sering dikunjungi oleh kaum milenial. Dengan menu utama indome yaitu roti dan kopi, Warunk Upnormal kini menjadi tempat nongkrong yang asyik bersama teman-teman. Warunk Upnormal dimulai dengan melakukan 1000 doa. Saat itu cabang pertama, Nasi Goreng Mafia, menawarkan 1000 nasi goreng gratis untuk pembayaran salat.

Tips Membuka Bisnis Franchise Lokal

Bedah 10 Franchise Lokal Untuk Jadi Inspirasi

Waralaba menjadi pilihan tepat bagi juragan yang ingin memulai usaha tanpa harus bekerja keras. Pada dasarnya, bisnis waralaba memiliki banyak tantangan. Jika penahanan membuat kesalahan, penahanan nakhoda secara otomatis akan terpengaruh. Karena merek memiliki aturan dan regulasinya sendiri, maka juragan tidak bisa seenaknya mengatur atau mengubah inovasinya sendiri di industri ini. Sebelum memulai bisnis waralaba, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Berikut adalah beberapa tips untuk menjalankan bisnis waralaba yang sukses.

1. Pilih jenis waralaba yang tepat

Sebelum memutuskan jenis bisnis waralaba apa pun, Anda harus mempertimbangkan peluang bisnis, tantangan strategis, dll. Pemimpin perlu mengetahui apakah pekerjaan ini dapat dikembangkan di masa depan dan diperlukan untuk masyarakat. Memikirkannya, Anda tidak mengambil langkah yang salah dan membuang banyak uang.

2. Sesuaikan dengan modal

Saat Anda memulai bisnis, pastikan Anda memiliki anggaran yang cukup untuk pemasaran merek. Tidak boleh pinjam karena punya modal yang pas dan tidak mau dibebani biaya saat berbisnis, kan? Oleh karena itu, pastikan kesepakatan tersebut sesuai dengan modal pemilik.

3. Perhatikan lokasi konektor

Lokasi waralaba lokal menentukan tingkat penjualan pengendara, jadi cobalah untuk menemukan outlet di tempat yang tepat. Untuk menjaga penjualan tetap stabil, master dapat menempatkan titik penjualan di tempat yang selalu ramai. 4. Berpartisipasi dalam berbagai acara Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan waralaba lokal adalah dengan menghadiri acara. Namun, selektiflah saat menghadiri acara dan pastikan urusan kapten benar di acara tersebut. Apakah Anda juga tertarik untuk membuka bisnis waralaba lokal? Kemudian unduh aplikasi BukuWarung di ponsel kapten Anda! BukuWarung cocok untuk pemula dalam bisnis waralaba lokal untuk menangkap keuangan dalam laporan keuangan. Lebih dari 6,5 juta pengusaha telah menggunakan BukuWarung sebagai program akuntansi digital.
Baca Juga  7 Contoh Industri Kreatif Berdasarkan Kategorinya

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …