Breaking News

Bank Digital di Indonesia

Bank Digital di Indonesia
makaryo.netBank Digital di Indonesia. Tren digitalisasi sudah mulai merambah semua bidang kehidupan, salah satunya adalah sektor transaksi keuangan. Kehadiran bank digital di Indonesia yang mentransformasi transaksi tradisional secara digital dapat menjadi peluang sekaligus tantangan untuk memajukan aktivitas keuangan. Di Indonesia, 5 bank digital yang tak kalah dengan negara lain di dunia resmi terdaftar di OJK. Memang, banyak dari bank-bank ini sepenuhnya digital. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Lima Daftar Bank Digital Indonesia 2022

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), layanan perbankan digital adalah kegiatan perbankan yang memfasilitasi akses nasabah ke seluruh fungsi perbankan melalui platform digital. Ada beberapa bank yang mendapat izin dari OJK:

1. TMRW – Bank UOB

TMRW dimiliki oleh Bank UOB yang merupakan salah satu aplikasi perbankan digital di Indonesia yang resmi dirilis pada pertengahan Agustus 2020. Melalui aplikasi ini, nasabah dapat membuka rekening bank digital untuk menyimpan atau membuat kartu kredit. Nah, jika Anda butuh bantuan, TMRW juga menawarkan fitur chatbot bernama TIA yang tersedia 24 jam sehari untuk menjawab pesan Anda. Di sini juga, Anda dapat mengelola uang Anda dengan lebih baik dan lebih mudah melalui fitur Smart Insights. Fitur ini memudahkan untuk melacak pendapatan dan pengeluaran Anda dengan bantuan notifikasi. Fitur menarik lainnya adalah City of Tomorrow (COT), yang dirancang untuk berguna sekaligus menghemat untuk pengalaman interaktif dan menyenangkan. Selain itu, TMRW bebas biaya transfer dan biaya bulanan serta dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.

2. Digital Jago – Bank Jago

Sejak bulan April 2021 lalu, PT Bank Jago Tbk (ARTO) resmi meluncurkan aplikasi Jago sebagai inovasi baru untuk menghadirkan solusi life financial bagi nasabahnya. Berkat kolaborasinya dengan Bibit dan Gojek, Bank Jago mampu menyasar semua segmen industri, serta masyarakat kalangan menengah. Untuk melakukan registrasi di aplikasi ini, Anda hanya perlu menyiapkan e-ktp dan NPWP saja sebagai syarat registrasi. Jago juga menawarkan banyak fitur layanan perbankan digital yang mudah, tepat, dan aman. Salah satu fitur unggulannya yaitu Kantong, dimana nasabah akan diajak mengalokasikan dana mereka secara bersama-sama layaknya tabungan. Postingan ini bisa dilihat sebagai tempat menabung bersama.

3. Wooke – Bank KB Bukopin

Bank digital di Indonesia 2022 selanjutnya adalah aplikasi Wooke milik Bank KB Bukopin yang diresmikan sejak tahun 2018 lalu. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang fintech, Bank Bukopin menargetkan nasabah yang gemar menggunakan cashless society. Bahkan, bagi pelanggan baru proses registrasinya dapat dilakukan secara gratis. Layaknya sebuah bank, di aplikasi ini nasabah dapat menggunakan seluruh fitur yang tersedia untuk melakukan transaksi keuangan dan layanan pelanggan. Fitur unggulan aplikasi Wooke yaitu fitur VICA untuk verifikasi CDD nasabah. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur penarikan Merchant Cardless yang memungkinkan pelanggan melakukan penarikan tunai Wooke tanpa kartu di merchant yang bekerja sama dengan Bank Bukopin.

4. Jenius – Bank BTPN

Jenius merupakan aplikasi layanan perbankan digital milik Bank BTPN yang resmi dirilis sejak tahun 2016 lalu. Pada aplikasi ini, nasabah dapat membayar tagihan dengan lebih mudah, belanja offline/online, hingga top up saldo e-wallet seperti OVO, DANA, dan lainnya. Ada banyak fitur menarik di aplikasi ini, salah satunya fitur Flexi Saver yang berguna untuk memisahkan dana tabungan dengan saldo rekening aktif yang digunakan untuk bertransaksi online maupun melalui debit card. Selain itu, nasabah juga dapat meminjam uang melalui fitur Flexi Cash.

5. Digibank – Bank DBS

Bank Digital di Indonesia

Daftar definitif bank digital di Indonesia adalah Digibank, bank DBS yang hadir sejak 2018. Produk perbankan digital ini dapat merekam semua transaksi online melalui aplikasi. Bank juga bekerja dengan Flip.id, memungkinkan pelanggan untuk mengirim uang ke DigiBank secara gratis dari dalam aplikasi Flip.id. Fitur favorit pelanggan dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk membayar dan membeli, yang memudahkan pelanggan untuk bertransaksi melalui aplikasi dari mana saja. Digibank kini juga menawarkan fitur baru bernama KTA (Pinjaman Tanpa Agunan). Fasilitas ini memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan pinjaman hari yang sama dengan persetujuan instan. Sejauh ini, telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam perkembangan bank digital Indonesia. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan layanan perbankan digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya, transaksi online, pembayaran tagihan, isi ulang dompet elektronik, pesan antar makanan, dan lainnya. Inilah bank digital Indonesia yang sering digunakan masyarakat karena memberikan layanan perbankan yang praktis dan cepat. Dengan perkembangan teknologi digital, jumlah bank digital dapat meningkat di masa depan. Demikian semoga bermanfaat.
Baca Juga  7 Syarat Penting Jadi Star Seller Shopee dan Keuntungannya

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …