Breaking News

7 Tips Memulai Bisnis Makeup Artist

makaryo.net 7 Tips Memulai Bisnis Makeup Artist. Bisnis makeup artist (MUA) adalah salah satu jenis usaha yang menjual keterampilan, kehadirannya seringkali dibutuhkan untuk acara besar seperti pernikahan, wisuda, photoshoot, dan lain-lain. Bisnis MUA memiliki penghasilan yang cukup menjanjikan, apalagi kalau Juragan bersungguh-sungguh dan hobi untuk menjalankan kegiatan ini. Pasalnya nggak semua orang memiliki keterampilan dalam ber-makeup, mereka memilih untuk membayar seseorang yang ahli untuk merias wajahnya. Kalau Juragan tertarik untuk menekuni bisnis ini, yuk intip tips memulai bisnis MUA berikut.

Tips Memulai Bisnis Makeup Artist

Mungkin ada sebagian orang menganggap menjalankan bisnis makeup artist adalah hal yang sulit. Kecanggihan dan kreativitas mereka yang sering terinspirasi untuk belajar make up secara online membuat mereka mengabaikan kerajinan MUA. Ya, nyatanya banyak orang yang menggunakan internet untuk meningkatkan keterampilannya, sehingga tidak lagi membutuhkan jasa MUA. Tapi jangan khawatir kapten, masih banyak orang yang mencari profesional di dunia penata rias ini. Jika Anda ingin menjadi salah satunya, yuk simak tips memulai bisnis MUA berikut ini.

Selalu Tingkatkan Keterampilan

Untuk menjadi seseorang yang profesional, Juragan wajib untuk selalu meningkatkan keterampilan. Kalau Juragan sudah merasa pandai dalam merias wajah, maka jangan cepat puas, dunia makeup akan terus berkembang sehingga membuat Juragan harus selalu mengikutinya. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan, yaitu dengan mengambil kursus atau workshop makeup artist. Acara tersebut biasanya menghadirkan Influencer yang ahli dalam merias wajah, untuk mengikuti acara tersebut, Juragan harus mengeluarkan sejumlah biaya. Bukan hanya ilmu yang Juragan dapatkan, kursus menyiapkan sertifikat yang berguna untuk kemajuan bisnis Juragan nantinya. Sertifikat ini mungkin menjadi alasan mengapa Anda berusaha untuk menjadi penata rambut terbaik. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan platform internet sebagai media untuk meningkatkan keterampilan seperti YouTube, Tik Tok, Instagram dan lain-lain.

Memiliki Peralatan Makeup yang Lengkap

Memulai bisnis makeup artist membutuhkan modal yang tidak sedikit, dan membeli perlengkapan makeup membutuhkan investasi terlebih dahulu. Agar karya ejector bisa dikenal banyak orang, dibutuhkan peralatan makeup yang berkualitas tinggi. Jenis utama riasan adalah alas bedak, bedak, lipstik, maskara, dan eyeshadow. Namun di balik peralatan rias yang sempurna, Anda perlu tahu cara menggunakannya dan cara menggunakannya untuk mendapatkan hasil yang baik di wajah klien Anda juga.

Menguasai Teknik Makeup Artist

Pada dasarnya setiap orang dapat merias wajah mereka dengan alat rias, tetapi dapatkah mereka benar-benar merias wajah dengan baik? Tentu saja tidak. Tidak semua orang bisa merias wajah dengan baik kecuali mereka mempelajari tekniknya dari seorang profesional. jangan salah paham. Pengetahuan tentang teknik rias akan membantu Anda membuat riasan yang baik menggunakan peralatan rias.

Up to Date Tentang Makeup 

Bisnis makeup artist nggak hanya tentang keterampilan dan teknik saja, penting bagi juragan untuk selalu up to date dengan makeup look yang sedang tren.

Baca Juga  Simak Ini!! Inspirasi Bisnis Masa Depan yang Cocok untuk Anak Muda

Kalau Juragan ingin dinilai sebagai makeup artist profesional, kuasailah jenis makeup look seperti:

  • Bold makeup
  • Dewy glowing skin makeup
  • Peach coral makeup
  • Korean makeup
  • Natural makeup

Dan jenis makeup look lainnya, sehingga kalau ada pelanggan yang request dengan makeup look tertentu, Juragan paham dan dapat menghasilkan makeup yang memuaskan.

Promosi di Media Sosial

Buat akun untuk bisnis penata rias Anda menggunakan media sosial seperti Instagram, TikTok, Pinterest atau Youtube. Jika klien belum pernah menggunakan jasa Juragan, mintalah bantuan teman atau saudara untuk merias wajah. Berikan sentuhan riasan Anda dan kualitas foto terbaik untuk membuat orang tertarik dengan hasil riasan Anda, dan jangan lupa untuk membuat konten secara teratur: sebelum dan sesudah, proses riasan, ulasan pelanggan, dll.

Tunjukan Ciri Khas

Setiap orang memiliki rasa yang berbeda untuk makeup, jadi meskipun Anda memiliki keterampilan dan keterampilan yang sama dengan orang lain, hasilnya belum tentu sama. Sebagai penata rias profesional, Anda harus memiliki kualitas unik yang membedakan Anda dari penata rias lainnya. Mendapatkan properti riasan bukanlah tugas yang mudah, tetapi Anda dapat secara bertahap menemukan properti yang cocok saat Anda meningkatkan keterampilan Anda.

Bekerjasama dengan Wedding Organizer

Perencana pernikahan adalah layanan yang bertanggung jawab untuk merencanakan acara pernikahan dan seringkali membutuhkan pemasok untuk memenuhi kebutuhan klien mereka. Jadi, menawarkan kemitraan dengan wedding planner sebagai pemasok adalah peluang besar untuk mengembangkan bisnis Anda. Jika Anda memiliki klien yang telah memilih portofolio Skipper, Layanan Wedding Planner akan menghubungi Anda. Dengan cara ini Anda dapat memberi tahu lebih banyak orang tentang bisnis rias Anda sambil mengembangkan portofolio media sosial Anda. Semakin tinggi kualitas riasan, semakin tinggi harga yang bisa dikenakan nakhoda.

Keuntungan Bisnis Makeup Artist

Kebanyakan orang yang berkarir menjadi makeup artist, mempunyai hobi dalam ber-makeup. Kalau Juragan memiliki hobi yang sama, menjadi MUA adalah pilihan yang tepat, melalui hobi ber-makeup Juragan bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Diluaran sana banyak makeup artist terkenal yang telah memberikan range harga hingga belasan juta rupiah. Apalagi kalau MUA tersebut sudah terkenal dikalangan Influencer atau Artis, mereka akan memberikan harga belasan hingga puluhan juta untuk sekali merias. Contohnya Buba Alfian, MUA terkenal di kalangan artis yang mengawali karirnya dengan tarif 5 ribu rupiah, kini penghasilannya mencapai Rp 8 jt – Rp 15 juta untuk makeup pengantin hanya sekali poles. Namun, pendapatan rata-rata seorang penata rias profesional adalah antara 3 dan 5 juta rupee untuk satu cat, tergantung pada kemampuan dan pengalaman mereka. Namun, jika Anda seorang pemula, Anda harus menawarkan harga yang rendah terlebih dahulu, dan jika Anda memiliki banyak klien dan dikenal oleh banyak orang, Anda dapat menaikkan harganya. Untuk mendapatkan lebih banyak, kapten harus mengasah keterampilannya dengan menunjukkan sertifikat. Ini adalah kursus rias yang biasanya menghabiskan biaya antara 900.000 dan 2 juta rupee.

Lalu, selain mendapatkan penghasilan yang besar, apalagi keuntungan menjadi makeup artist?

  • Bisnis MUA nggak akan pernah habis zaman, bisnis Juragan akan selalu dibutuhkan, nggak semua orang ahli dalam merias wajah, mereka lebih rela membayar agar berpenampilan cantik.
  • Jika memungkinkan bisnis MUA dapat mendukung industri lain seperti di dunia perfilman, mereka membutuhkan makeup artist agar pemeran sesuai dengan karakter yang diinginkan.
  • Rasa puas pada diri sendiri, dengan keterampilan yang dimiliki, Juragan sudah membantu keinginan seseorang untuk membuatnya tampil lebih cantik.
Karya make-up artist sangat menjanjikan jika diikuti dengan tekun, dan pantang menyerah, ikuti tips di atas. Sebagai pemula yang ingin membangun bisnis, kami menyarankan Anda untuk mengunduh aplikasi Bukuwarang. BukuWarung adalah akuntan digital yang dapat membantu Anda mengelola laporan keuangan. Ingin bisnis Anda terlihat profesional? Jangan khawatir, BukuWarung memiliki fitur kartu nama digital untuk mempromosikan bisnis di media sosial.
Baca Juga  Terbaru, 5 Usaha Kecil yang Bisa Dibangun dari Rumah dengan Aplikasi

Check Also

BEBERAPA FAKTOR YANG TETAP HARUS ANDA PERTIMBANGKAN DALAM MELAKUKAN EKSPANSI (PENGEMBANGAN) BISNIS

makaryo.net Lakukan kegiatan ekspansi bisnis yang bersifat kritikal untuk kepentingan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda …