Contoh Cover Letter dan Cara Membuat Lamaran Kerja Di Lirik HRD

Contoh Cover Letter dan Cara Membuat Lamaran Kerja Di Lirik HRD

makaryo.net – Apakah Anda siap untuk melamar pekerjaan? Untuk sebagian besar posisi profesional di perusahaan seperti manager, supervisor, dan sebagainya, anda tentu perlu melakukan lebih dari sekadar mengisi lamaran pekerjaan atau mengirim email resume. Paling tidak, Anda harus menulis resume yang disesuaikan dan Cover Letter yang ditargetkan yang menunjukkan kepada atasan mengapa Anda sangat cocok untuk posisi itu.

Tetapi itu tidak akan cukup hanya dengan mengirimkan surat lamaran dan Cover Letter tetapi juga harus memastikan kedua dokumen tersebut telah ditulis sedemikian rupa sehingga mereka akan membuat Anda dapat lolos ke tahapan interview, dimana seperti yang kita ketahui bersama tahapan interview atau wawancara adalah tujuan utama Anda saat melamar pekerjaan. Untuk itu, sebaiknya menginvestasikan waktu untuk menunjukkan kepada manajer perekrutan bahwa Anda memiliki kualifikasi yang mereka cari.

Sesuaikan kualifikasi Anda dengan pekerjaan dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, lalu sesuaikan resume Anda dan buat surat lamaran yang akan meningkatkan peluang Anda untuk terpilih dalam wawancara.

Siap untuk memulai? Di bawah ini Anda akan menemukan tips menulis untuk resume, dan Cover Letter.

Contoh Cover Letter

Cara Menulis Resume yang Efektif

Langkah Satu: Panduan Penulisan Resume dan Cover Letter

Tidak yakin harus mulai dari mana? Panduan ini menawarkan petunjuk langkah demi langkah untuk menulis resume dan Cover Letter yang efektif. Anda akan menemukan lembar kerja yang berguna, contoh resume, contoh surat lamaran, daftar keterampilan, saran konten dan tampilan, dan daftar periksa proofreading.

Baca Juga  Cara Melamar Kerja Dengan Email | Bisa Juga Lewat HP

Langkah Kedua: Tinjau Resume, Surat Lamaran, dan Contoh CV

Sepanjang pencarian pekerjaan dan karir selanjutnya, Anda harus mampu menulis surat, resume, dan ringkasan yang berhubungan dengan pekerjaan. Tinjau koleksi resume sampel gratis kami, surat lamaran, daftar riwayat hidup (CV), surat pengunduran diri, surat terima kasih, surat untuk menerima atau menolak pekerjaan baru, dan lebih banyak surat terkait karier. Contoh-contoh ini akan membantu Anda membuat surat dan resume sukses Anda sendiri.

Langkah Tiga: Ketahui Kesalahan Resume dan Surat Lamaran yang Harus Dihindari

Salah ketik atau kesalahan tata bahasa dalam surat lamaran, resume, atau dalam lamaran pekerjaan bisa cukup untuk membuat Anda keluar dari perebutan pekerjaan. Berikut adalah beberapa kesalahan paling umum yang dilakukan pelamar kerja dan cara menghindarinya.

Langkah Empat: Tulis Resume Anda

Pelajari cara menulis resume yang sempurna untuk pencarian kerja Anda, dengan panduan langkah demi langkah ini untuk membuat resume profesional.

Langkah Kelima: Lihat Sumber Daya Penulisan Resume Profesional

Menulis resume adalah kerja keras. Dapatkan bantuan resume satu-satu – atau setidaknya resume Anda ditinjau – sebelum Anda mengirim dokumen akhir Anda ke pemberi kerja. Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang di mana menemukan bantuan menulis resume gratis atau murah.

Langkah Enam: Membuat Cover Letter

Tidak yakin bagaimana menulis surat lamaran yang efektif? Berikut cara membuat Cover Letter menjadi menarik :

Cover letter adalah sarana Anda melakukan promosi diri kepada perusahaan.

Isi cover letter contohnya adalah penjelasan kualitas dan kualifikasi Anda sebagai pelamar terhadap posisi yang Anda inginkan.

Bila resume atau CV berisi pengalaman Anda baik pengalaman akademis serta pengalaman kerja, cover letter berisi minat Anda terhadap posisi yang Anda lamar serta apa yang membuat Anda merupakan calon yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Berikut adalah tahapan cara menulis cover letter menurut Harvard Business Review:

Melakukan riset. Hal ini penting untuk mengenal perusahaan serta posisi yang akan Anda lamar. Tentu saja, tanggung jawab atau peran terkait posisi yang akan Anda lamar ada pada deskripsi di lowongan kerja. Namun, Anda bisa melakukan riset lebih lanjut, baik lewat laman resmi perusahaan, profil Twitter atau LinkedIn petinggi perusahaan, atau sumber lain yang saat ini mudah dijangkau lewat online.

Baca Juga  Kerja Dari Rumah, Berikut Ini Keuntungan dan Kerugiannya

Fokus ke tujuan masa depan Anda. Hal ini berbeda dengan resume atau CV Anda yang berisi pengalaman akademis maupun profesional yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Anda perlu menegaskan tujuan Anda, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan dan posisi yang Anda lamar di dalam cover letter atau surat lamaran Anda.

Tidak bertele-tele. Hal ini kerap terjadi dalam penulisan cover letter atau surat lamaran kerja. Ungkapkan alasan Anda melamar pada posisi yang Anda inginkan dan apa yang akan Anda lakukan di cover letter tersebut.

Tekankan pada nilai-nilai diri Anda. Sebisa mungkin Anda membuat cover letter sebagai alat Anda untuk melakukan ajang promosi terhadap diri Anda. Bila Anda melamar posisi sebagai seorang writer atau penulis misalnya, jelaskan mengenai pengalaman Anda bekerja di bidang yang serupa, serta nilai positif apa dari diri Anda yang bisa membuat Anda memberikan kontribusi lebih pada posisi yang Anda lamar.

Contoh Cover Letter

Contoh Cover Letter

Cara Menulis Curriculum Vitae

Jika Anda melamar pekerjaan internasional atau posisi di akademisi atau di sektor penelitian, ilmiah, atau industri medis, Anda mungkin diminta untuk menyerahkan riwayat hidup (juga dikenal sebagai “CV”). Inilah mengapa, kapan, dan bagaimana menulis curriculum vitae (juga dikenal sebagai CV).
Cara Menulis Korespondensi Pencarian Kerja Tambahan

Apakah Anda ingin bertanya tentang lowongan pekerjaan? Apakah Anda tidak yakin bagaimana menerima atau menolak suatu posisi? Perlu mengirim surat jaringan? Dapatkan tip untuk mengirim jenis surat profesional ini dan korespondensi pencarian kerja lainnya.

Cara Menulis Surat Terima Kasih

Cari tahu kapan Anda perlu mengirim surat terima kasih, dan detail apa yang harus disertakan dalam catatan Anda. Jelajahi contoh surat terima kasih dan korespondensi pencarian kerja lainnya.
Cara Mempersiapkan Lamaran Kerja

Berikut adalah semua yang perlu Anda ketahui untuk melengkapi aplikasi pekerjaan, termasuk cara melamar pekerjaan secara online, melalui email, dan secara langsung. Termasuk contoh, contoh, dan saran tentang cara terbaik untuk melamar.

Cara Membuat Portofolio Online

Portofolio online menyediakan cara untuk mengungkapkan kredensial Anda kepada dunia. Ini memungkinkan Anda untuk mengemas bukti terbaik dari pencalonan Anda untuk pekerjaan seperti resume Anda, karya seni, laporan, rencana pelajaran, transkrip, sertifikasi, artikel, surat, dan banyak lagi.
Bagaimana Mendapatkan dan Menyajikan Referensi