Cara Membuat Bayi Tabung, Pengertian dan Biaya

Cara Membuat Bayi Tabung, Pengertian dan Biaya

Cara Membuat Bayi Tabung– Bayi tabung menjadi salah satu solusi bagi kebanyakan pasangan yang mempunyai masalah dalam hal memiliki anak. Faktor Ketidaksuburan, kelelahan, banyak pikiran, dan lain sebagainya bisa menjadi penyebab gagalnya pembuahan secara alami. Sebelum memulai program ini, konsultasi ke dokter adalah hal pertama yang harus dilakukan setiap pasangan. Dokter akan mengarahkan dan memberi aturan-aturan yang harus ditaati oleh setiap pasangan agar proses bayi tabung dapat berhasil. Oleh karena itu berikut ini kami sajikan beberapa rangkuman yang berkaitan dengan cara pembuatan bayi tabung.

Bayi tabung adalah proses pembuatan anak dengan cara mempertemukan antara sel sperma pria dan sel telur wanita di luar rahim wanita. Sel sperma dan sel telur harus dimiliki oleh pasangan yang sah. Pertemuan keduanya dilakukan di dalam suatu tabung dengan menggunakan alat khusus yang memungkinkan untuk itu. Setelah sel sperma dan sel telur bertemu dan terjadi pembuahan, diharapkan terjadi pembuahan. Setelah terjadi pembuahan, zigot atau hasil pembuahan ini harus ditempatkan di dalam rahim wanita yang memiliki sel telur tersebut.

Cara Membuat Bayi Tabung, Pengertian dan Biaya

Persiapan

Sebelum melakukan proses pembuatan bayi tabung, setiap pasangan harus melakukan persiapan yang memadai agar program yang telah direncanakan akan berhasil dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang pernah dilakukan oleh beberapa pasangan sebelum melakukan proses bayi tabung yang dapat dicontoh oleh pasangan lainnya.

Baca Juga  Bolehkah Mengomsumsi Mie Instan Saat Hamil?

1). Hidup Sehat

Kesehatan pria dan wanita harus dijaga sebelum proses bayi tabung. Karena biaya yang cukup mahal, tentu setiap pasangan ingin agar program bayi tabung yang dilakukan langsung berhasil tanpa kendala tanpa harus diulang-ulang prosesnya.

Dengan menjaga kesehatan yang prima, seorang pria akan dapat menghasilkan sel sperma yang bagus dan sehat. Sel sperma yang sehat dan kuat akan memudahkan dalam proses pembuahan sel telur. Karena ada kalanya kesehatan seorang pria mempengaruhi kondisi sel sperma. Misalnya sel sperma menjadi terlalu encer, kondisi sel-nya banyak yang rusak sehingga mudah mati, dan lain sebagainya.

Seorang wanita pun demikian. Kualitas sel telur yang dihasilkan juga banyak dipengaruhi oleh kesehatannya. Sel telur akan mudah rusak jika kesehatan wanita mengalami gangguan. Atau mungkin sel telur yang dihasilkan memiliki kelainan yang tidak bagus untuk dibuahi.

Baca Juga  Tips Perawatan Tubuh Saat Hamil

Kedua hal inilah yang menyebabkan pentingnya menjaga kesehatan antara pria dan wanita sebelum proses bayi tabung. Dengan menjaga kesehatan pria dan wanita diharapkan semua sel sperma dan sel telur yang dihasilkan adalah yang sehat dan kuat, sehingga proses pembuahan dapat terjadi dengan mudah dan lancar.

Agar kondisi tubuh sehat, berikut hal-hal positif yang bisa dilakukan :

a). Makan dengan makanan yang sehat

b). Olah raga teratur

c). Tidak merokok

d). Tidak minum alkohol

e). Tidur yang nyenyak dan cukup istirahat

2). Tidak Stress

Setiap wanita dan pria bisa mengalami stress. Tingkat stress tertentu dapat mengakibatkan seorang wanita dan pria menghasilkan sel telur dan sel sperma yang tidak baik untuk menghasilkan zigot (hasil pembuahan sel telur oleh sel sperma).

Untuk menghindari stress dapat melakukan hal-hal yang membuat pikiran dan hati menjadi rileks. Contohnya adalah membaca quran bagi umat islam, mendengar alunan melodi yang lembut, dan lain sebagainya.

Selalu berpikir positif biasanya dapat membantu juga dalam hal menghilangkan stres. Dengan berpikir positif, semua pikiran negatif akan hilang dan hati tenang.
Proses Bayi Tabung

Cara pembuatan bayi tabung secara ringkas mengikut beberapa langkah berikut :

1). Pengambilan sel sperma. Sel sperma akan disimpan terlebih dahulu agar tidak mudah rusak di dalam suatu alat khusus.

2). Pengambilan sel telur. Sel telur wanita juga akan diambil sedemikian rupa serta kemudian disimpan di dalam suatu alat khusus tertentu.

3). Sel telur akan diambil dengan alat khusus, begitu juga dengan sel sperma. Sel telur kemudian ditempatkan di alat khusus. Sel sperma diinjekkan atau disuntikkan ke dalam sel telur dengan menggunakan alat khusus.

4). Jika sel telur dapat dibuahi oleh sel sperma, maka akan dihasilkan zigot sebagai hasil pembuahan. Zigot harus segera dimasukkan ke dalam rahim wanita pemilik sel telur, agar dapat berkembang menjadi bayi.

Pembuatan zigot biasanya tidak hanya satu, tetapi beberapa buah zigot.

5). Zigot-zigot tersebut kemudian dimasukkan ke dalam rahim wanita pemilik sel telur tersebut. Zigot-zigot ini kemudian akan berlomba-lomba untuk menempel di dinding rahim agar memperoleh makanan. Jika ada salah satu zigot yang menempel di dinding rahim, maka zigot yang lain akan mati dengan sendirinya atau keluar dari rahim.
Menentukan Jenis Kelamin Anak

Salah satu keunggulan bayi tabung adalah dapat menentukan jenis kelamin anak yang dikandung. Berikut ini ringkasan singkatnya :

1). Struktur kromosom DNA wanita adalah XX, sedangkan struktur kromosom DNA pria adalah XY. Sel telur wanita kromosomnya adalah X. Sedangkan sel sperma pria, sel kromosom DNA-nya ada yang X dan ada yang Y.

2). Dengan alat khusus, dokter bisa memilih kromosom jenis Y dari pria kemudian dipertemukan dengan kromosom X dari wanita agar dapat menghasilkan zigot. Jika hal ini berjalan sukses, maka akan dihasilkan zigot yang memiliki kromosom XY atau pria. Jika yang dipertemukan adalah kromosom X dari wanita dan kromosom X dari pria, maka akan dihasilkan anak wanita atau kromosom XX.
Biaya

Biaya rata-rata untuk satu kali proses pembuatan bayi tabung adalah antara Rp. 50 juta sampai Rp. 70 juta. Untuk proses selanjutnya sampai melahirkan biaya dibutuhkan kurang lebih Rp. 100 juta.
Kemungkinan

Faktor keberhasilan pembuatan bayi tabung rata-rata adalah 40% sampai 70%. Ada beberapa pasangan yang telah melakukan proses bayi tabung sebanyak 4 kali dan yang berhasil adalah 2 kali. Proses pertama dan kedua gagal, sedangkan proses ketiga dan keempat berhasil.
Kendala

Setiap proses pasti ada kendala. Salah satu kendala yang pernah dialami oleh pasangan yang menjalani bayi tabung adalah darah kental. Si wanita pemilik sel telur memiliki darah yang kental sehingga ketika ditanami zigot, zigot tersebut malah mati.

Solusi yang dilakukannya adalah dengan menggunakan obat khusus pengencer darah. Walau demikian, proses tersebut tidak mudah dan harus dilakukan beberapa kali sehingga proses tersebut dapat berhasil.
Sumber Sel Telur Dan Sel Sperma

Sel telur dan sel sperma seharusnya berasal dari pasangan yang resmi dan sah di mata hukum negara. Dengan adanya bukti pernikahan ini, anak yang dimiliki akan kuat di mata hukum negara. Karena bayi tabung adalah pembuahan sel telur oleh sel sperma yang dilakukan di luar rahim dari wanita si wanita pemilik sel telur dan si pria pemilik sel sperma. Sehingga anak yang dihasilkan bisa dari sel telur dan sel sperma siapa saja.

Jika sel telur dan sperma bukan dari pasangan yang sah, bagi umat islam khususnya akan kesulitan dalam hal menentukan nasab, hukum waris, hukum mahram dan lain sebagainya.
Kesimpulan

Program bayi tabung merupakan salah satu solusi dalam hal memperoleh anak yang telah banyak berhasil di berbagai negara dan oleh banyak pasangan. Setiap pasangan yang berminat mengikuti Program Bayi Tabung harus sudah siap dalam hal kesehatan, stamina, biaya dan mental.