Perbedaan istilah affiliate, Dropship dan Reseller Dalam Bisnis Online

Perbedaan istilah affiliate, Dropship dan Reseller Dalam Bisnis Online

Makaryo.net – Banyak rekan – rekan pemula ketika terjun dalam dunia bisnis bingung dalam membedakan istilah Affiliate, Dropship dan Reseller. Apakah arti dari setiap istilah tersebut di atas?

Mari kita bahas satu per satu ketiga macam istilah tersebut

Perbedaan istilah affiliate, Dropship dan Reseller Dalam Bisnis Online

AFFILIATE

Affiliate atau lebih umum dikenal affiliate marketing adalah bisnis merekomendasikan produk orang lain. Artinya adalah Anda sebagai pebisnis hanya mempromosikan atau merekomendasikan produk orang lain dengan tujuan agar orang lain membeli produk tersebut. Tugas utama seorang affiliate adalah menemukan calon pembeli yang tepat dan setiap pembelian yang terjadi, affiliate tersebut akan mendapatkan komisi tertentu misalnya 20%, 30% dll bahkan ada yang sampai 80%.

Baca Juga  10 Peluang Bisnis Produk Digital Yang Menjanjikan

Yang menarik di sini adalah menjadi seorang affiliate tidak harus beli produk, Anda tidak perlu membeli produk tersebut cukup dengan merekomendasikan saja. Misalnya Anda menjadi affiliate dari marketplace produk  digital .

Anda akan diberikan link affiliasi khusus, jika ada yang membeli produk melalui link affiliasi otomatis Anda akan mendapatkan komisi. Kelemahan menjadi seorang affiliate adalah Anda harus bersaing dengan affiliate lain dalam mempromosikan produk yang mungkin sama. Oleh karena itu dibutuhkan kreativitas dan keahlian dalam berpromosi.

DROPSHIP

Dropship bisa kita samakan dengan bisnis makelar online. Di  banding Affiliate Marketing, modal anda menjadi pemasar dengan model Dropship relatif lebih rendah (bahkan banyak pebisnis hanya menggunakan modal sebuah smartphone di awalnya).Cara kerja bisnis ini persis seperti makelar, anda menemukan pemasok/pembuat produk, kemudian anda mencari pembeli lewat forum atau social media, pada saat transaksi, anda tinggal perlu mensetor modal anda pada pembuat produk, dan pembuat produk akan mengirimkan langsung ke pelanggan anda dengan mengatas namakan anda.

Baca Juga  10 Tips Cara Mengawali Bisnis Untuk Pemula

Kelebihannya: Modal rendah, fasilitas yang digunakan bisa  gratisan misalnya promosi via blogspot.

Kelemahannya: Sukses bisnis tergantung pada pihak ketiga / Dropshipper. Jika mereka tidak kompeten/ profesional maka nama baik Anda sebagai Pemasar akan tercemar

RESELLER

Reseller bisa diartikan sebagai penjualan kembali produk untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis ini seperti layaknya dropship namun lebih mendekati seperti pedagang, di mana Anda perlu membeli barang dagangan Anda terlebih dahulu untuk kemudian dijual kembali dengan keuntungan tertentu. Ini adalah bisnis yang menyerupai bisnis kebanyakan/ konvensional.

Sekarang Anda sudah tau perbedaan ketiga istilah tersebut. Pertanyaan berikutnya adalah Dari ketiga sistem bisnis tersebut, mana yang lebih untung??

Jawabannya tergantung pada Anda sendiri. Tergantung pada minat dan kesukaan Anda. Ketiga sistem di atas sama sama memiliki kelebihan dan sama sama memiliki kelemahan.

Namun apapun bisnisnya, jika Anda tekun dalam berusaha, tetap semangat dalam bekerja tentu kesuksesan akan segera menghampiri Anda.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat.