Pengertian Antropologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya

Pengertian Antropologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya

Makaryo.net – Hai sobat pembaca, kali ini artikel yang akan kami bahas adalah antropologi. Nah bagi pembaca yang ingin mengetahui arti kata antropologi, yuk simak rangkuman artikel pendidikan ini yah.

Pengertian Antropologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya

Pengertian Antropologi secara umum

Kata antropologi berasal dari bahasa Yunani, yakni Anthropos yang berarti manusia, dan logos yang berarti ilmu. Jika diartikan secara terminologinya, maka antropologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang manusia. Antropologi adalah bagian atau cabang dari ilmu sosial. antropologi lahir karena adanya minat yang tingi dari bangsa Eropa terkait perbedaan karakteristik fisik, budaya, perilaku, dan tradisi yang berlaku antara satu daerah dengan daerah lainnya. Menurut beberapa ahli, antropologi didefinisikan sebagai berikut:

David Hunter menjelaskan bahwa antropologi adalah ilmu yang terlahir akibat keingintahuan yang tidak terukur terhadap manusia.

Baca Juga  10 Ide Kegiatan Positif Saat WFH Dadakan, Cobain yuk!

Antropologi adalah ilmu yang mengkaji tentang manusia secara umum dengan cara memperhatikan dan meneliti terkai warna dan bentuk fisik masyarakatnya, dan kebudayaan yang telah dihasilkan.
Antropologi Menurut William A. Havilland

William A. Haviland menyatakan bahwa antropologi ialah pembelajaran yang memfokuskan pada manusia dalam rangka penyususnan generalisasi yang akan dimanfaatkan oleh manusia itu sendiri.

Antropologi merupakan ilmu yang mempelajari segala aspek yang terdapat pada kehidupan manusia meliputi konsepsi tradisi, norma atau nilai, seni, kebudayaan, ilmu pengetahuan, kelembagaan, symbol atau lambang, linguistic atau bahasa, dan juga teknologi.

Menurut Ralfh dan Hoijen, antropologi ialah ilmu yang mengkaji tentang manusia lengkap dengan segala perilakunya.

Tulian Darwin menjelaskan bahwa Antropologi ialah ilmu yang asalnya dari keinginan untuk membuktikan awal mula perkembangan yang terjadi pada manusia dengan cara melaksanakan penelitian terhadap monyet dan kera yang ada di segala penjuru dunia.

Baca Juga  7 Deretan Laptop Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Jenis-Jenis Antropologi

Pada dasarnya antropologi dibagi menjadi dua jenis yakni:
1. Antropologi Fisik

Antropologi fisik yaitu ilmu yang mempelajari tentang manusia dengan cara memperhatikan kondisi fisik yang terdapat pada tubuh manusia. Pada kasus ini, manusia akan dikaji secara utuh kondisi fisiknya mulai dari bentuk muka, rambut, hidung, warna kulit, tengkorak, dan bermacam-macam bentuk fisik manusia yang lain. Antropologi fisik ini cenderung mengkaji tentang perubahan yang terjadi pada fisik manusia yang diakibatkan dari pengaruh lingkungan sekitar.

2. Antropologi Budaya

Lain halnya dengan antropologi fisik, antropologi budaya ini cenderung fokus kepada apsek nilai atau tradisi budaya yang diyakini oleh manusia. Antropologi budaya akan mencoba untuk mempelajari tentang sejarah manusia dari sisi tradisi kebudayaan, kepercayaan, dan perilaku manusia.

Demikianlah sedikit informasi tentang pengertian Antropologi dan jenis-jenisnya yang bisakami sampaikan. Semoga bermanfaat ya