Game nomor 1 di Indonesia apa? Berikut 10 Game Populer

Game nomor 1 di Indonesia apa? Berikut 10 Game Populer

Makaryo.net – Pertanyaan para gamer kebanyakan biasanya bertanya tentang game yang paling sukses di Indonesia, jadi Game nomor 1 di Indonesia apa? Akan tetapi 1 hal yang perlu anda ketahuai, bahwa bagi para developer atau pengembang dan pencipta game dalam industri game, dimana menghasilkan game online yang berhasil menyedot banyak animo para pemain hingga menjadi game terpopuler dan terlaris tentu bukanlah hal yang mudah. Akan tetapin ketika berhasil, tentu hal tersebut menjadi piala dan penghargaan besar bagi para developer game baik itu perorngan atau perusahaan.

Untuk menilaii sebuah game sukses atau populer tentu memiliki beberapa indikator yang dapat digunakan untuk melihat tingkat kepopuleran sebuah game, seperti dimulai melihat kualitas grafis, gameplay, serta angka download hingga berapa jumlah user aktif.

Nah, penasaran dengan pertanyaan Game nomor 1 di Indonesia apa? Berikut 10 game populer di Indonesia yang kami rangkum dari beberapa sumber :

RPG Laplace M game no 1 di indonesia

RPG Laplace M

Apakah RPG Laplace M merupakan Game nomor 1 di Indonesia apa? Menurut sumber yang kami dapatkan,game ini berada diposisi paling buncit daftar game terlaris di Indonesia. Jadi bagi kamu yang sering memainkan RPG Laplace M jangan berkecil hati yah, sebab RPG Laplace M merupakan game MMORPG mobile yang menawarkan segudang fitur menarik ini mengusung 4 class yang dapat di pilih. Dimana setelah dirilis pada 5 Maret yang lalu game besutan X-Legend Entertainment ini berhasil menyedot unduhan sebanyak 2,3 ribu pengguna iOS dengan rating 85,4 ribu di Android. Dan jika berbicara soal pendapatan, RPG Laplace M ini mampu meraup keuntungan hingga sebesar US$10 ribu atau Rp142 jutaan. Wow cukup sukses kan, jadi bisa di bilang game ini salah satu game terbaik di Indonesia

 Ragnarok M: Eternal Love
Ragnarok M: Eternal Love

Kehadiran Ragnarok M: Eternal Love seakan membawa warna baru untuk MMORPG mobile. Sebab game ini menawarkan banyak sekali hal baru, seperti :

Animasi 3-D yang dinamis
User Interface yang enak dilihat
Skill dan Status yang sederhana
Fitur Adventure Handbook
Grinding Level untuk meningkatkan level karakter

Total pendapatan game ini pun bukan kaleng-kaleng, dimana game ini berhasil mendapat profit dari penjualan global sebesar US$5 juta atau setara Rp71 miliar sejak masuk ke Indonesia pada September 2019 lalu. Apakah pantas menjadi game no 1 di Indonesia ? kami rasa masih ada beberapa game menarik lainnya yang wajib anda simak dibawah.

Game of Sultans game no 1Game of Sultans

Berdasarkan sumber yang kami, game ini hanya mampu tembus 8 besar untuk tingkat kepopuleran di Indonesia, dimana Game of Sultans adalah game simulasi RPG yang dibuat oleh Mechanist Internet Technologies.

Sesuai namanya Game of Sultan ini, memiliki gameplay yang unik dan lebih kearah khayalan dimana dalam game ini kamu akan berperan seperti sultan sungguhan dengan kekuasaan, uang hingga istri yang berlimpah. Untuk dapat mengembangkan dan membesarkan kerajaan kamu harus giat untuk mengumpulkan aset dan berperang. Yang paling menarik adalah, seiring naiknya level akun maka akan semakin banyak pula jumlah istri yang bisa dimiliki.

Akan tetapi gameplay yang unik ternyata membawa kesuksesan tersendiri, dimana dalam singkat game khayalan ini mampu meraih pendapatan global tembus US$9 juta atau setara Rp128 miliar. Jadi pertanyaannya game no 1 di Indonesia apa ? bisa jadi para pemain game ini mengatakan game ini no 1 karena gameplay nya yang unik dan terkesan halu.

Baca Juga  10 Keuntungan Investasi Emas Bagi Para Investor

Lineage 2 Revolution
Lineage 2 Revolution

Game garapan Netmarble ini memiliki penggemar setia yang cukup banyak di Indonesia, dan tak heran ketika pertanyaan game no 1 di Indonesia apa ? banyak pecinta game ini mengatakan Lineage 2 Revolution walaupun faktanya, game ini hanya sukses menembus 7 besar game terpopuler di Indonesia dengan berhasil meraup keuntungan penjualan global mencapai US$1,4 juta atau Rp19 miliar.

Publisher game ini yang merupakan asal Seoul, Korea Selatan akhirnya resmi menghadirkan server Indonesia pada 2018 silam, setelah melihat animo gamer Indonesia cukup besar terhadap game yang akan membawa kamu untuk berpetualang serta menjelajahi dunia fantasi open world. Dilengkapi dengan Unreal Engine 4 kualitas grafis yang ada pada tak perlu diragukan lagi. Karena ini adalah game online, maka untuk bisa menikmatinya kamu tentunya membutuhkan koneksi internet yang baik dan lancar.

Rise of Kingdoms game no 1 di indonesia
Rise of Kingdoms

Diawal awal rilis dan kemunculannya di pasar game dunia, game strategi ini hadir dengan nama Rise of Civilization. Tapi setelah developer melakukan Rebrand sang developer merubahnya menjadi Rise of Kingdoms.
Game yang diproduksi oleh Lilith Games ini berhasil meraup keuntungan mencapai US$14 juta atau Rp199 miliaran, dengan rating 394,4 ribu pengguna Android, dan 1500 untuk pengguna iOS dan menjadi sancta popular.

Rise of Kingdoms ini hadir dengan menawarkan mekanisme item boost time yang dapat mempersingkat waktu progress. Bahkan dengan mekanisme ini kamu bisa menyelesaikan pekerjaan secara instan.

Clash of Kings (CoK) game no 1

Clash of Kings (CoK)

Apa Clash of Kings (CoK) game terabit di Indonesia ?? Hmm… Menawarkan konsep yang tidak jauh beda, Clash of Kings hadir dengan tampilan yang lebih baik dari Clash of Clans. Selain itu game real time strategy ini juga di dukung dengan User Interface yang nyaman bagi pemain. Dalam game ini pemain yang bertindak sebagai seorang raja yang mempunyai misi mengembangkan kerajaannya.

Game ini sangat populer dengan berhasil menorehkan keuntungan penjualan mencapai hingga US$8 juta atau setara dengan Rp113 miliar secara global. Sebab game ini menawarkan sesuatu yang lain dari Clash of Clans (CoC) dan para pemainnya yang bosan dengan gameplay yang itu itu saja.

 Lords Mobile: Battle of Empire
Lords Mobile: Battle of Empire

Deretan game terlaris berikutnya dihuni oleh Lords Mobile: Battle of Empire yang juga sangat populer, dimana Game hasil garapan developer asal Tiongkok, IGG ini memadukan permainan startegi serta kemampuan dalam membangun serta menghancurkan kerajaan lawan.

Game strategy multiplayer ini menghadirkan beberapa mode permainan yang dapat dinikmati para pemain dan lebih dari 40 karakter atau yang sering disebut Heroes, diantaranya:

Panggung Hero
Colosseum
The Labyrinth

Usaha dan kerja keras IGG selaku developer untuk menjadikan Lords Mobile: Battle of Empire sebagai game online terlaris tidaklah sia-sia. Terbukti pesaing sunda empire ini berhasil mencatat pendapatan secara global hingga US$27 juta atau setara Rp384 miliar.

Mobile Legends (ML)

Mobile Legends (ML)

Sudah mengurucut nah game no 1 terabit di Indonesia yang populer dan kita sudah sampai di 3 besar. ML atau mobile legend tentu sudah tidak asing lagi bukan, dimana bagi pecinta dan pemain game ini mengganggap game ML lah yang no 1 di Indonesia, akan tetapi menurut beberapa sumber walaupun ML sangat populer tetapi masih ada 2 game lagi yang masih lebih populer yang selanjut nya akan kita lanjut daftar nya kebawah.

Meskipun tidak menjadi yang nomor 1, akan tetapi game buatan developer Moonton ini sangat digandrungi pencinta game MOBA khusunya di Indonesia. Pasalnya, game dengan size yang tidak terlalu besar, bisa dimainkan dengan lancar di HP kentang atau low spek sekalipun. Istimewanya lagi, Mobile Legends (ML) termasuk game yang tidak menganut sistem Pay To Win atau game dimana akun yang paling banyak mengeluarkan uang lah yang menang dan menguasai segalanya. Jadi di game ini siapapun bisa menguasai dan kelihatan jago tergantung skill dan seberapa sering nya main ML. Berbeda dengan game pada umumnya yang mengutamakan penampilan atau skin, Mobile Legends (ML) justru menitikberatkan pada skill para pemain. Dengan kata lain, meski pemain menggunakan skin paling mahal sekalipun tapi skill masih newbie maka tidak akan banyak membantu menangkan pertandingan.

Baca Juga  8 Ide Bisnis Kreatif dan Unik

Oh iya, saking populernya di Indonesia, Mobile Legends ini sudah menjadi cabang resmi esports lho di beberapa kompetisi olahraga seperti Asean Games & Sea Games, dan juga sudah berhasil menggelar Turnamen Internasional M2 beberapa waktu lalu di Singapura.

Berbicara pendapatan, Moonton berhasil menghasilkan profit sekitar US$500 juta atau sekitar Rp6 triliun.

 PUBG game no 1 di Indonesia
PUBG

Walaupun kerap di sanjung dan sebagai game Battle royal para Sultan dengan visualisasi grafis dan fitur terbaik, namun kenyataannya game ini dapat dikategorikan sebagai game kelas atas atau “orang kaya” sebab membutuhkan perangkat dan smartphone yang mumpuni dengan spesfikasi kelas atas untuk dapat memaksimalkan game ini sehingga PUBG ini belum dapat menyaingi dominasi game rakjel (FF) di Indonesia dan gagal meraih posisi nomor 1 game terlaris di Indonesia dan hingga Saat ini PUBG hanya mampu menempati posisi nomor 2.

Kendati hanya menempati posisi kedua sebagai game online terlaris, selama tahun 2020 PUBG Mobile (PUBGM) ini berhasil mengumpulkan pendapatan mencapai 2,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 36,7 triliun selama 2020. Padahal, kalau mau jujur secara kualitas PUBG beberapa langkah lebih unggul dari game rakjel, Free Fire. Dari settingan dan kualitas grafis  contohnya, dimana jika kamu menggunakan HP Flagship atau hape dengan spek tinggi, rata kanan terasa jauh lebih nyaman dan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Game Nomor 1 di Indonesia – Free Fire (FF)

Free Fire (FF) Game no 1 di Indonesia

Jadi Game nomor 1 di Indonesia apa? Anda telah menemukan jawabannya. Dimana untuk Urutan pertama game terlaris di Indonesia di duduki oleh game Free Fire atau biasa disingkat FF. Meskipun kerap disebut sebagai game dengan grafis jelek, 8 bit, game burik dan masih banyak lagi yang lainnya akan tetapi faktanya Free Fire masih membuktikan dominasinya dengan menempati peringkat nomor 1 sebagai game online terlaris di Indonesia.

Tidak percaya ? Buktinya pada September 2020 kemarin Free Fire berhasil mencatat rekor jumlah player aktif harian mencapai lebih dari 100 juta pengguna secara global, wow sangat fantastis bukan? Sedangkan di Indonesia sendiri, tak kurang dari 514 ribu team tercatat telah mengikuti turnamen yang digelar Garena pada awal 2020 lalu.

Dengan berfokus menciptakan konten bernuansa lokal seperti karakter Jota serta fitur dan gameplay yang dihadirkan begitu ramah bagi para pemain tak ayal membuat pertumbuhan Free Fire di Indonesia begitu pesat dan makin disukai dari berbagai kalangan serta umur. Bahkan game FF ini menjadi cabang game yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2020. Atas kesuksesan ini Garena Free Fire berhasil meraih pendapatan hingga mencapai 395 juta dollar AS atau Rp 5,8 triliun, WOW sungguh angka yang fantastis untuk industri game.

Demikian 10 daftar game terlaris di Indonesia yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber. Jadi jika ada pertanyaan lagi tentang Game no 1 di Indonesia ? Anda sudah tahu jawabannya untuk saat ini, tapi tidak menutup kemungkinan akan bermunculan game-game menarik lainnya dari para developer game kreatif.