Cara Mengobati Infeksi Telinga Tengah Dengan Benar

Cara Mengobati Infeksi Telinga Tengah Dengan Benar

Makaryo.net – Infeksi telinga tengah berhubungan dengan infeksi pada lubang kecil di dalam tulang temporal yang terdiri dari tiga tulang kecil (malleus, incus, dan stapes). Infeksi telinga bagian tengah dapat bersifat akut atau kronis, supuratif (memproduksi nanah) atau sekretoris (memproduksi cairan).

Infeksi telinga bagian tengah akut biasa dialami anak-anak. Insidennya meningkat pada musim dingin, ketika sering terjadi infeksi saluran pernafasan. Dengan penanganan yang tepat, prognosisnva akan baik; bagaimanapun, pembentukan cairan pada telinga bagian tengah dalam waktu lama dapat menyebabkan infeksi telinga tengah kronis, dengan kemungkinan bocornya gendang telinga, yang berfungsi mengirim getaran suara ke bagian dalam telinga.

Infeksi supuratif kronis telinga bagian tengah akan ditandai dengan luka, adhesi, dan kerusakan berat pada telinga. Infeksi sekretoris kronis telinga bagian tengah, dengan radang dan tekanan yang menetap, dapat menyebabkan hilang pendengaran konduktif.

Cara Mengobati Infeksi Telinga Tengah

Penyebab Infeksi Telinga Bagian Tengah

Penyakit ini disebabkan kerusakan pada tuba eustachii, yang menghubungkan gendang telinga dengan daerah kerongkongan di belakang hidung (nasofaring).

Baca juga :

Cara Membesarkan Payudara Secara Alami

Kalkulator Menghitung Masa Subur Wanita

Penyebab Infeksi Supuratif

Infeksi bagian tengah telinga yang disertai nanah biasanya disebabkan oleh bakteri, yaitu bakteri dari hidung mengalir ke belakang melalui tuba eustachii dan masuk ke telinga bagian tengah. Penyebab lainnya antara lain perubahan posisi dan reaksi alergi. Anak-anak cenderung terkena infeksi supuratif karena mereka memiliki bentuk tuba eustachii yang lebar, pendek, dan lebih horizontal. Infeksi supuratif kronis pada bagian tengah telinga dapat terjadi jika episode akut tidak disembuhkan atau jika infeksi disebabkan oleh turunan bakteri yang resistan.

Penyebab Infeksi Skretoris

Infeksi sekretoris telinga bagian tengah disebabkan oleh tersumbatnya tuba eustachii. Kondisi ini mengakibatkan terbentuknya tekanan negatif di dalam telinga bagian tengah, sehingga cairan dari saluran luar masuk ke dalamnya. Semacam cairan dapat dihasilkan dari infeksi virus atau karena alergi.

Baca Juga  22 Manfaat Vaseline Petroleum Jelly atau Repairing Jelly

Pada penderita infeksi saluran pernafasan bagian atas, hal ini dapat terjadi selama naik pesawat terbang dengan kecepatan tinggi. Dapat juga terjadi pada para penyelam yang muncul ke permukaan secara cepat.

Untuk orang-orang dengan pekerjaan yang sering bepergian menggunakan kapal terbang dan juga penyelam ini, rentan untuk terkena penyakit ini. Karena perbedaan atmosfir yang besar antara satu tempat dengan tempat lain, dapat menyebabkan infeksi telinga tengah.

Penyumbatan di telinga bagian tengah, menyebabkan telinga bagian tengah menjadi vakum, yang menyebabkan aliran cairan menjadi tidak lancar. Cairan yang terhambat ini akan menyebabkan telinga menjadi sakit. Infeksi seperti ini dapat disebabkan oleh virus dari luar atau dari dalam. Bisa juga disebabkan oleh adanya bakteri-bakteri. Untuk itu perlu kebersihan telinga yang harus selalu dijaga. Kebersihan inilah yang menjadi salah satu faktor penentu kesehatan. Jika terjadi penumpukan kotoran, sebaiknya dibersihkan dengan memakai alat khusus yang dilakukan oleh dokter ahli atau seseorang yang benar-benar ahli dalam melakukannya.

Gejala Yang Timbul

Infeksi ini biasanya menyebabkan bersin, batuk, panas tinggi, hilang pendengaran ringan, merasa pusing, mual, dan susah bernafas. Bisa juga menyebabkan nanah dan bengkak di dalam gendang telinga.

Infeksi yang timbul di telinga bagian tengah juga akan menyebabkan telinga serasa hendak meletus, berdering, dan kehilangan pendengaran yang berat. Hal lain yang mungkin terjadi adalah akan bergema ketika berbicara dan merasa berat pada bagian atas telinga.

Infeksi bagian tengah yang kronis akan menyebabkan gendang telinga tebal dan tergores, merusak gerakan gendang telinga, dan mengarah ke pertumbuhan kista di dalam telinga bagian tengah. Pada kasus tertentu, infeksi kronis akan menyebabkan terbentuk nanah tanpa terasa sakit.
Pengobatan Infeksi Telinga Tengah

Untuk pengobatan infeksi telinga tengah, dapat dilakukan beberapa hal berikut :

Baca Juga  Hilangkan Kebiasaan Merokok dengan Mengkonsumsi Makanan ini

1). Pengobatan dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan antibiotik yang merupakan turunan penicillin.

2). Untuk beberapa kasus, dokter harus memotong sebagian kecil dalam telinga dan menghisap cairan atau nanah yang ada di dalam telinga untuk mengurangi tekanan.

3). Dokter juga akan memberikan antibiotik khusus untuk menghilangkan perkembangan sisa-sisa bakteri yang ada di dalamnya dan mengobati infeksi yang terjadi

4). Memasukkan alat yang dapat mengeluarkan cairan yang ada di dalam telinga bagian tengah, dan alat tersebut akan keluar denga sendirinya setelah 9 sampai dari 12 bulan. Alat ini harus dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli.

5). Menghirup dengan nafas dalam-dalam, dan ditahan serta ditegangkan dan kemudian dikeluarkan dengan sendirinya pelan-pelan.

6). Untuk sakit yang sudah kronis, harus dilakukan penanganan dengan menggunakan cangkok penggantian gendang telinga yang berlobang, atau pembedahan pada telinga bagian tengah. Pembedahan ini dilakukan untuk menghilangkan adanya kista yang menyebabkan infeksi yang ada di telinga bagian tengah.

7). Pemasangan tuba terkadang diperlukan untuk beberapa kasus. Hal ini biasanya untuk penderita yang sudah berkali-kali mengalami infeksi ini dan bisa disembuhkan, namun penyakitnya kambuh terus di hari-hari berikutnya. Biasanya pemasangan tuba ini akan diiringi dengan pemberian antibiotik. Jika tuba berfungsi dengan normal, akan keluar cairan dari dalam telinga. Tetapi jika tersumbat, maka penderita akan menderita infeksi. Artinya ia akan tersentak pada bagian telinganya, merasa demam, gelisah dan mudah marah.

Kebersihan telinga terutama bagian tengah, sangat menentukan kesehatan telinga, terutama telinga bagian tengah. Jika kebersihan dari telinga dapat terjaga melalui pemeriksaan yang teratur ke dokter yang ahli, akan dapat menurunkan resiko sakit ini menjadi ke arah kronis. Konsultasikan segera ke dokter yang terkait, jika mengalami keluhan di telinga. Jangan sampai keluhan di telinga menyebabkan penyakit infeksi telinga tengah.