Tips Cara Optimasi Channel YouTube Untuk Pemula

Tips Cara Optimasi Channel YouTube Untuk Pemula

Makaryo.net – Saran terbaik saat mempelajari cara memulai channel YouTube yang sukses adalah dengan mengikuti tips cara optimasi channel Youtube untuk pemula dan meluangkan waktu, tenaga, dan konsistensi dengan cara yang tepat. Anda akan melihat channel Anda tumbuh secara eksponensial dari waktu ke waktu.

Tips Cara Optimasi Channel YouTube Untuk Pemula

 Tips Cara Optimasi Channel YouTube Untuk Pemula

 

Setelah sebelumnya membahas Tips Cara Membuat Video Yang Menarik Agar Dapat Banyak View, Berikut adalah beberapa tips cara optimasi channel Youtube untuk pemula yang sangat penting :

 

 Fokus Pada Konten Yang  Dicari Pengguna

 

Secara realistis, meskipun Anda membuat konten yang luar biasa, Anda tidak akan memiliki peluang bagus untuk ditemukan kecuali Anda membuat konten yang secara aktif dicari orang.

 

Cara yang baik untuk memulai adalah dengan mengetikkan beberapa kata pertama dari topik Anda ke kotak pencarian youtube dan melihat apa yang muncul sebagai pencarian populer.  Anda juga dapat menggunakan alat seperti TubeBuddy, VidIQ, dan Morning Fame untuk membantu Anda memutuskan konten apa yang akan dibuat, yang banyak dicari orang.

 

 Pilih Niche Video

 

Berfokus pada niche adalah komponen kunci tentang cara memulai channel YouTube yang sukses.  Berfokus pada niche kecil itu bagus pada awalnya karena Anda akan mengembangkan audiens yang relevan yang akan melihat Anda sebagai otoritas pada subjek tersebut.

 

Setelah Anda memiliki niche videi dan mulai membangun daya tarik dengan penonton Anda, algoritme YouTube akan menyarankan video Anda ke lebih banyak orang, yang pada akhirnya akan memungkinkan Anda memperluas niche Anda.

 

Optimasi Nama channel

 

Saat membangun merek Anda, nama Anda adalah salah satu keputusan terpenting yang dapat Anda buat.

 

Menyertakan niche Anda atas nama channel Anda dapat memiliki beberapa nilai SEO.  Misalnya, jika Anda adalah channel DIY, Anda dapat menyertakan “DIY” di nama channel Anda.

 

 Kustomisasi channel

 

Ada tombol “Sesuaikan Channel” di halaman utama channel Anda.

 

Anda dapat mengekliknya untuk menambahkan beberapa karya seni di banner, mengisi bagian “Tentang”, dan menambahkan tautan apa pun ke situs web atau akun media sosial Anda.

 

 Pengaturan channel

 

Baca Juga  10 Tips Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube

YouTube telah membuat dasbor yang disebut YouTube Creator Studio yang memungkinkan pembuat konten untuk mengedit channel dan pengaturan video di satu tempat.  Ini dapat diakses dari akun YouTube utama Anda.

 

Di YouTube Creator Studio, Anda akan melihat tombol berlabel “Setelan” di kiri bawah layar.  Klik ini dan buka tab “channel”.

 

Tiga tab pertama dalam setelan channel memungkinkan Anda menyesuaikan hal-hal seperti kata kunci yang ingin Anda rangking, apakah video Anda akan ramah anak-anak, dan opsi untuk menambahkan tanda air “berlangganan” pada video Anda.

 

Tab “Kelayakan Fitur” penting untuk diperhatikan jika Anda belum terverifikasi sebagai Kreator YouTube.

 

Hingga Anda terverifikasi, Anda akan memiliki beberapa batasan pada fitur yang dapat Anda gunakan, seperti membuat gambar mini khusus atau memublikasikan video dengan durasi lebih dari 15 menit.

 

Namun, proses verifikasi dengan YouTube sangatlah mudah.  Di tab “Kelayakan Fitur”, cukup klik “Status dan Fitur”.

 

Di bawah nama channel Anda akan ada tombol yang akan memverifikasi channel Anda dengan mengirimkan pesan teks ke nomor telepon Anda.

 

  Channel Art

 

Selanjutnya, pastikan Anda meluangkan sedikit waktu untuk menyiapkan gambar profil dan sampul channel Anda.

 

Namun, jangan hanya memasang gambar biasa.  Sampul channel yang bagus menyertakan alasan singkat mengapa orang harus berlangganan Anda.  Cobalah untuk memasukkan hal-hal yang dapat diharapkan seseorang jika mereka berlangganan, serta ajakan bertindak, seperti “Video yang Diupload Mingguan” atau “Dapatkan Notifikasi Saat Saya Tayang”.

 

Canva adalah alat hebat untuk sampul channel karena memberi Anda pedoman untuk memastikan teks mudah dibaca, apa pun jenis perangkat yang digunakan penonton Anda.

 

 Optimasi Video

 

Tips lain untuk memulai channel YouTube yang sukses adalah dengan mengoptimalkan setiap video Anda.  Jika Anda akan menghabiskan waktu untuk membuat konten, gunakan waktu untuk mengoptimalkannya.

 

Semakin banyak informasi yang dapat Anda berikan kepada YouTube untuk disertakan dalam deskripsi, tag, dan judul, semakin besar peluang Anda untuk menentukan peringkat dan menjangkau audiens yang Anda tuju.

 

 Riset kata kunci

 

Ini adalah strategi yang bagus untuk melakukan semua penelitian kata kunci Anda di awal.

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, beberapa alat berbasis web terbaik untuk melakukan ini adalah TubeBuddy, Morning Fame, dan VidIQ.

 

Alat ini akan memberi Anda kerangka kerja untuk memastikan bahwa Anda menyertakan semua yang Anda butuhkan di setiap video, serta memberi Anda ide untuk judul dan kata kunci.

 

Optimasi Judul Video

 

Pastikan untuk memasukkan kata kunci Anda dalam judul video Anda.  Salah satu opsi untuk menyusun judul Anda adalah dengan menempatkan kata kunci terlebih dahulu, diikuti dengan tanda hubung atau tanda hubung, dan diakhiri dengan manfaat yang akan diberikan video Anda kepada audiens Anda.  Misalnya, “Blogging untuk Real Estat – 5 Tips Untuk Trafik Besar-besaran”.

Baca Juga  6 Hal Penting Meningkatkan SEO Website yang Anda Harus Tahu

 

Cobalah untuk membuat judul Anda hingga 70 karakter atau kurang.  Jika Anda tidak memiliki cukup ruang, cukup gunakan kata kunci sebagai judul Anda.

 

 Optimasi Deskripsi Video

 

Luangkan waktu untuk mengisi deskripsi Anda dan sertakan kata kunci Anda dalam 500 kata pertama.

 

Pastikan Anda memiliki deskripsi yang Anda inginkan untuk video Anda di awal paragraf pertama.  Jika Anda ingin menambahkan tautan apa pun, tambahkan tautan setelahnya.

 

 Optimasi Gambar Thumbnail

 

Jangan hanya menyatakan kembali judul Anda di gambar thumbnail.

 

Buat daftar istilah kunci yang memberikan gambaran kepada penonton tentang hasil yang dapat mereka harapkan dari video Anda.  Idealnya, Anda ingin menggunakan tiga kata atau kurang.

 

Jika gambar thumbnail Anda adalah foto diri Anda sendiri, jadikanlah itu foto close-up.  Idealnya, Anda tampilkan cukup dekat untuk menunjukkan bagian putih mata Anda dan menunjukkan beberapa ekspresi di wajah Anda.

 

Canva juga dapat digunakan sebagai alat bantu untuk membuat gambar thumbnail yang sempurna.

 

 Optimasi Tags Video

 

Tag adalah cara untuk mengatur dan mengkategorikan topik video Anda.  Selain itu, Youtube menggunakan tag ini untuk menentukan peringkat video Anda untuk pencarian yang relevan.

 

Tag memiliki batas 500 karakter, dan Anda bisa menggunakan semuanya jika Anda bisa.  TubeBuddy dan Morning Fame dapat memberi Anda saran tentang tag apa yang harus digunakan.

 

 Daftar Putar

 

Tip yang kurang dikenal tentang cara memulai channel YouTube yang sukses adalah dengan memanfaatkan daftar putar untuk menyusun channel Anda.

 

Biasanya, orang membuat daftar putar berdasarkan kategori yang berbeda dan kemudian memasukkan video mereka ke dalamnya.

 

Sebagai gantinya, buat daftar putar dengan rangkaian tiga sampai lima video di setiap video.

 

Mulailah dengan membuat video YouTube yang umum dan menyeluruh tentang suatu topik, lalu gunakan daftar putar untuk mempelajari semua subtopik secara mendalam.

 

Menyiapkan daftar putar seperti ini dapat membantu orang-orang menonton konten Anda, yang sangat disukai YouTube.  Jika mereka melihat ini, mereka akan mulai mempromosikan video Anda.

 

Semoga tips cara optimasi channel Youtube untuk pemula diatas dapat membantu anda dalam membuat channel yang sukses.