Modal Membuka Toko Pertanian Di Tahun 2021

Modal Membuka Toko Pertanian Di Tahun 2021

Salah satu bisnis yang sesuai dijalankan di pedesaan adalah dengan mengandalkan modal membuka toko pertanian. Lingkungannya mendukung sehingga nantinya laris. Tak mengherankan jika bisnis ini dianggap bisa mengembalikan modal dalam waktu relatif singkat.

Jika Anda tengah mencari inspirasi bisnis di desa, maka hal ini merupakan pilihan tepat. Walaupun Anda seorang pemula Anda bisa menjalankannya dengan cukup mudah. Terlebih lagi bila sejak dahulu Anda kerap berurusan dengan bidang pertanian atau hidup di tengah wilayah pertanian.

Tak membutuhkan kemampuan khusus seperti menjahit, Anda hanya perlu menyiapkan modal, menyiapkan tempat, kulak barang dagangannya, kemudian melakukan jual-beli pada umumnya. Para petani di lingkungan sekitar akan mendatangi lokasi bisnis Anda jika mereka merasa cocok dengan barang dan harganya.

Pada pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan tentang tips memulai bisnis toko pertanian dari awal. Bila Anda merasa tertarik dan tertantang dalam mencobanya, maka silakan ikuti pembahasannya hingga akhir.

Baca Juga  Berapakah Jumlah Omset Budidaya Ikan Gurame Tahun 2021?

Modal Membuka Toko Pertanian

Peluang Bisnis Toko Pertanian

Gambar oleh Duyệt Trần Văn dari Pixabay

Peluang Bisnis Toko Pertanian

Sebelum pembahasan strategi dan tips dalam mengelola modal membuka toko pertanian, berikut ini beberapa alasan mengapa potensi bisnis ini sangatlah besar.

  1. Kebutuhan obat tanaman hingga pupuk di desa yang sangat tinggi.
  2. Secara umum di beberapa wilayah desa belum ada toko pertanian yang lengkap dan mengharuskan mereka pergi ke kota.
  3. Penjualan bisa dilakukan secara offline ataupun online, yang berarti pangsa pasarnya semakin luas.
  4. Asal lokasi rumah strategis, contoh ada di pinggir jalan raya, maka bisnis ini dapat dijalankan di rumah dan tak memerlukan biaya sewa.
  5. Telah tersedia franchise jika Anda tak ingin kesulitan pada persiapan awal.
  6. Modal membuka toko pertanian yang tak terlalu besar dengan margin profit sekitar 20-30%.

Seluruh peluang di atas bisa dimaksimalkan guna meraih keuntungan dalam jumlah besar dengan waktu yang relatif singkat.

Baca Juga  8 Tips Cara Promosi Di Facebook Yang Mudah Dijalankan

Kelemahan atau Resiko Bisnis Toko Pertanian

Ketika baru pertama kali terjun menjadi pebisnis, tentu Anda harus mengetahui satu hal yaitu tak ada bisnis yang tak mempunyai resiko, termasuk diantaranya bisnis yang nantinya dijalankan di desa ini. Hal terpenting adalah sebelum mengawalinya Anda telah mempersiapkan mental serta antisipasi untuk menjadi solusi dalam mengatasi resiko itu.

  1. Persaingan harga yang sangat ketat.
  2. Banyak pebisnis lama yang bersedia “menghutangkan” produk yang mereka jual.
  3. Kecenderungan petani mencari harga paling murah.
  4. Lokasi haruslah strategis, yaitu di desa dengan mata pencaharian utamanya adalah petani, dekat dengan area sawah, dekat pasar, dekat jalan raya, dsb.
  5. Banyaknya item yang terkadang menyulitkan para penjual dalam menghafalkannya.

Setelah tahu kelemahan dan resikonya, Anda bisa menyiapkan strategi terbaik dalam mengelola modal membuka toko pertanian di pedesaan. Selanjutnya akan di bahas tentang analisa peluang usaha toko pertanian, Anda bisa baca selengkapnya di halaman ini.