Kapan Masa Panen Ikan Gurame Di Kolam Terpal ?

Kapan Masa Panen Ikan Gurame Di Kolam Terpal ?

Kapan Masa Panen Ikan Gurame Di Kolam Terpal ? – Budidaya ikan sekarang ini tidak hanya dilakukan di kolam semen atau kolam alami saja tetapi sekarang budidaya ini bisa juga dilakukan di kolam terpal juga. Dulu memang kolam terpal ini sudah dipakai tetapi hanya untuk ikan lele saja, tetapi sekarang juga bisa untuk ikan gurame.

Kalau masa panen ikan gurame di kolam terpal dan juga di kolam semen itu sama saja yaitu 5 sampai 6 bulan sejak pertama kali dimulai budidaya tersebut.

Trik Mempercepat Masa Panen Ikan Gurame di Kolam Terpal

Semua pembudidaya ikan pastinya ingin sekali panennya bisa cepat agar bisa cepat memperoleh uang dan juga tidak perlu banyak pengeluarannya. Kalau mau budidaya guramenya bisa cepat panen maka praktekan trik berikut ini saja.

  • Menentukan Ukuran Kolam

    Pertama adalah tentukan dulu ukuran kolamnya mau berapa, untuk ukurannya sendiri harus berdasarkan jumlah benih yang akan dimasukkan di kolam tersebut.

    Jika yang akan dimasukkan itu sebanyak 200 lebih maka lebar kolamnya bisa 7 meter dan juga panjangnya bisa sampai 9 meter saja.

    Dengan ukuran yang tepat bisa mempercepat masa panen ikan gurame di kolam terpal jadi tidak perlu menunggu terlalu lama sampai panennya.

    Baca : Apakah Sulit Melakukan Budidaya Ikan Gurame Rumahan?

  • Ukur Ketinggian Air

    Kedua setelah ukurannya tepat maka harus mengisi kolam tersebut dengan air bersih, ketinggian air juga perlu diukur dulu.

    Sebab ketinggian air tersebut berpengaruh pada proses pertumbuhan ikan dan juga daya hidup ikan guramenya.

    Jika ketinggian airnya sampai tidak tepat pasti ikan akan mudah matinya. Kalau ikannya masih kecil maka ketinggian airnya tidak boleh lebih dari 70 cm saja.

  • Pemilihan Benih Harus Benar

    Ketiga memilih benihnya harus yang benar, benih ikan memang menentukan sekali lamanya panen dan juga nilai jual dari ikan tersebut nantinya.

    Jika dari benihnya saja sudah jelek jangan harap panennya akan cepat dan penghasilannya banyak, agar tidak salah pilih benih maka harus memilih benih dari indukan terbaik saja.

    Baca : Berapakah Jumlah Omset Budidaya Ikan Gurame Tahun 2021?

  • Pemberian Pakan Harus Rutin

    Keempat pakan ikannya harus diberikan secara rutin dan juga jangan pakai pakan yang jelek tetapi pakailah pakan terbaik saja.

    Memang kalau pakannya bagus pasti harganya mahal, tetapi tidak jadi masalah karena mempercepat panennya.

    Untuk pemberian pakannya sendiri satu hari cukup dua kali saja, diberikan di pagi dan sore hari saja. Untuk Pakan ikan gurame bisa Anda cari di sini.

Masalah yang Seringnya Dihadapi Pembudidaya Ikan Gurame

Salah satu masalah yang umumnya dihadapi adalah ikan yang sering sekali mati, ikan gurame memang mudah sekali mati makanya kalau budidaya ikan ini harus benar-benar paham tata caranya.

Baca Juga  Payroll adalah... Berikut 3 Keuntungan dan Manfaat Menggunakan
Baca Juga  6 Cara Budidaya Ayam Kampung Biar Sukses dan Analisa Modal

Matinya ikan gurame ini dikarenakan kualitas airnya yang tidak bagus dan juga ketinggian air yang tidak tepat. Jadi jangan hanya memikirkan masa panen ikan gurame di kolam terpal saja tetapi pikirkan juga teknik budidaya ikannya.