11 Keuntungan Bermain Saham yang Wajib Diketahui

11 Keuntungan Bermain Saham yang Wajib Diketahui

Keuntungan Bermain Saham – Dewasa ini pasar saham sangat banyak diminati oleh para milenial karena keuntungannya yang bisa dikatakan sangat fantastis. Namun, selain menjanjikan keuntungan yang besar, juga terdapat resiko yang memang harus dipertimbangkan. Jika berbicara tentang saham, sangat erat hubungannya juga dengan investasi, karena saham sendiri adalah salah satu opsi yang masuk dalam kategori investasi terbaik selain tanah, bangunan dan emas. Untuk yang masih ragu dalam memilih saham sebagai pilihan investasi sebaiknya baca artikel ini sampai habis supaya kalian bisa mengetahui beberapa keuntungan bermain saham.

11 Keuntungan Bermain Saham untuk Investasi

1. Investasi

Bermain saham adalah salah satu jalan untuk berinvestasi. Investasi adalah salah satu kegiatan yang sangat penting untuk mengelola perekonomian pribadi ataupun kelompok, maraknya campaign anjuran investasi di sosial media adalah bukti dari bentuk positif dari sebuah kegiatan investasi. Pasar saham adalah investasi yang bisa dipelajari sehingga investor bisa memperkirakan strategi dalam melakukan investasinya.

2. Memperoleh Capital Gain

Keuntungan bermain saham berikutnya adalah memperoleh capital gain. Secara harafiah istilah tersebut diartikan sebagai keuntungan dari modal yang dapat diperoleh oleh seorang investor. Biasanya keuntungan ini dapat dihitung dengan rumus harga penjualan dikurangi dengan harga pembelian saham sehingga mendapatkan hasil selisih. Selisih hasil tersebutlah yang akan diperhitungkan sebagai keuntungan modal. Keuntungan yang didapat tidak berhenti disitu. Menariknya bermain saham adalah kita bisa menginvestasikan keuntungan dari capital gain sehingga dengan perencanaan yang tepat kita bisa mendapat keuntungan yang lebih besar lagi.

3. Bisa Diprediksi

Keuntungan bermain saham lainnya adalah memberikan trader kesempatan untuk membaca peluang kenaikan atau penurunan sebuah saham. Hal ini dapat dilihat dari trend yang sedang berjalan pada kurun waktu tertentu. Selain itu untuk melakukan prediksi sebuah saham, juga bisa dilakukan dengan teknik-teknik seperti risk management, analisis teknikal, money magement dan juga analisis fundamental. Jika ingin bermain saham dengan cara yang lebih mudah, modern ini mulai bermunculan jasa manajemen saham seperti reksa dana yang akan membantu investor untuk mengatur pembelian sahamnya.

Baca Juga  Mari Hitung Kebutuhan Asuransi Anda Secara Islami, Bukan Hanya yang Penting Labelnya Syariah Saja

4. Likuiditas Saham

Keuntungan bermain saham yang tak kalah penting adalah likuiditas saham. Jika diartikan secara terpisah, likuid berarti adalah cair. Sehingga arti dari likuiditas saham adalah saham yang mudah dicairkan. Dicairkan disini dalam artian jual beli, sehingga saham yang likuid adalah saham yang mudah diperjual belikan. Dengan banyaknya transaksi jual beli, berarti menandakan bahwa saham tersebut adalah saham yang baik, dikarenakan tingkat jual belinya tinggi.

5. Memperoleh Pendapatan Pasif

Keuntungan bermain saham berikutnya adalah passive income. Pendapatan ini adalah pendapatan tambahan diluar dari keuntungan modal. Pendapatan ini diberikan oleh perusahaan kepada investor ketika perusahaan mendapatkan laba bersih. Istilah ini biasanya disebut dengan dividen. Dividen didapatkan dengan jumlah yang berbeda, tergantung berapa jumlah modal yang investor investasikan.

6. Leverage

Leverage adalah pinjaman dari broker. Ketika investor hanya memiliki sedikit modal, broker bisa memberi pinjaman terhadap investor supaya investor bisa membeli saham dengan jumlah yang lebih tinggi dari modal. Jika investor menguasai money management yang baik maka seberapapun jumlah pinjaman modal yang digunakan, kemungkinan tidak akan merugikan.

7. Lebih Fleksibel

Fleksibilitas adalah keuntungan berikutnya. Yang dimaksud dengan fleksibilitas adalah kebebasan dari seorang investor untuk memperjual belikan aset portofolio pasar modal yang dimiliki. Jadi seorang investor tidak terikat jangka waktu ketika memutuskan untuk terjun ke saham.

8.Pilihan Produk

Dalam berinvestasi saham ada istilah diversifikasi yang artinya seorang investor bisa memilih instrumen keuangan yang lebih dari satu; seperti saham, reksadana, obligasi dan instrumen keuangan lainnya dalam waktu yang sama. Hal seperti ini bisa meminimalisir jika di investasi satu mengalami capital loss, investasi lainnya kemungkinan bisa terjadi capital gain. Sehingga dengan diversifikasi memungkinkan seorang investor untuk menutup kerugian atau bahkan bisa mendapatkan keuntungan lebih besar lagi daripada investasi hanya pada satu produk.

Baca Juga  Pengertian Dan Daftar Reksadana Syariah Terbaik 2021

9. Mendapatkan Relasi

Selain mendapatkan keuntungan dari modal saham, investor juga mempunyai keuntungan sosial berupa relasi yang lebih luas. Hal ini bisa didapatkan karena perusahaan biasanya mengadakan sebuah acara yang memungkinkan investor bertemu dengan investor lainnya, sehingga besar kemungkinan seorang investor bisa memperluas jaringan bisnisnya. Dengan adanya kesempatan seperti ini, seorang investor juga bisa banyak belajar kepada investor lainnya yang lebih dulu bermain saham atau lebih menguasai teknik-teknik dalam bermain saham.

10. Diawasi oleh Lembaga Negara

Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan adalah lembaga negara yang mengawasi penyelenggaraan kegiatan di pasar modal, sehingga memungkinkan kegiatan di pasar modal Indonesia berjalan sesuai dengan aturan perundang-undangan. Dengan adanya pengawasan dari lembaga negara sangat menjamin keamanan investor dari kecurangan pelaku pasar modal. Jadi hal yang harus diperhatikan oleh seorang investor adalah memastikan perusahaan/pemilik pasar modal sudah terdaftar dalam pengawasan lembaga negara tersebut.

11. Memiliki Obligasi

Keuntungan yang terakhir dengan bermain saham adalah mendapatkan obligasi, sehingga dengan obligasi sudah pasti menjamin seorang investor mendapatkan keuntungan berupa bunga. Hal ini juga bisa menghindarkan seorang investor dari yang namanya inflasi, karena jumlah bunga obligasi terkadang lebih besar dari tingkat deposito.

Setelah membaca 11 Keuntungan bermain saham diatas, hal apalagi yang harus diragukan untuk terjun ke investasi saham? Semoga ulasan ini dapat memberikan kesadaran kepada pembaca bahwa bermain saham itu sangatlah menguntungkan. Tentunya dengan mempelajari ilmu dan teknik-teknik yang baik dan benar.