Bisnis Budidaya Gurame Berikut 3 Cara Simple Untuk Memulai

Bisnis Budidaya Gurame Berikut 3 Cara Simple Untuk Memulai

Bisnis Budidaya Gurame – Indonesia saat ini sedang diserang virus yang mematikan sekali, karena serangan virus ini membuat banyak masyarakat di Indonesia menjadi pengangguran. Memang banyak perusahaan yang memecat karyawannya karena pendapatan perusahaan itu tidak bisa menutupi pengeluaran makanya karyawannya dikurangi.

Tetapi jangan takut karena ada bisnis yang bisa dilakukan saat sedang menganggur, usaha tersebut adalah Bisnis Budidaya Gurame. Bisnis ini selain mudah dilakukan juga akan menguntungkan sekali kalau sudah berjalan dengan baik, makanya tidak aneh kalau banyak yang menggelutinya.

Cara Memulai Bisnis Budidaya Ikan Gurame

Untuk yang ingin memulai bisnis ikan ini tidaklah sulit dan juga tidak ada kendala juga kalau sudah menjalaninya. Budidaya ikan bisa jadi mudah kalau sudah tahu caranya seperti apa dan berikut cara yang terbaik memulai budidaya gurame.

  1. Persiapkan Kolam

    Pertama persiapkan kolamnya dulu jika mau Bisnis Budidaya Gurame. Kolam yang disiapkan untuk ikan gurame ini tidaklah sama seperti kolam ikan jenis lainnya, sebab kalau kolamnya tidak cocok pasti ikan gurame tidak bertahan hidup lama.

    Untuk kolam yang perlunya dipersiapkan adalah kolam yang ke dalamnya kurang dari 1 meter, kolam ini bisa terbuat dari terpal atau dari semen. Untuk ketinggian airnya hanya 50 sampai 60 cm saja tidak boleh lebih. Untuk terpal kolam bisa Anda cari di sini.

  2. Memilih Benih Gurame

    Kedua setelah kolam sudah siap tinggal memilih benih ikannya, pemilihan benih ini penting sekali sebab kalau salah memilih benih bisa-bisa tidak panen karena benihnya jelek sehingga mati semuanya. Agar tahu benihnya bagus atau tidak bisa dilihat kondisi fisik benih ikannya, kalau tidak ada cacat di tubuh benih tersebut berarti benihnya bagus dan bisa dibudidaya.

  3. Memilih Jenis Pakan

    Ketiga memilih pakan ikan guramenya, pakan ikan gurame banyak sekali pilihannya. Ada pakan buatan sendiri atau pakan instan yang sudah banyak dijual, kalau pakannya itu mau yang instan seperti pelet.

    Maka perhatikan ukuran peletnya, kalau ukuran peletnya tidak cocok dengan ukuran mulut ikan pasti ikan juga sulit memakan pakan tersebut.

    Kalau ikannya masih kecil baiknya pakannya juga yang terkecil saja, seiring bertambahnya ukuran ikan maka peletnya juga harus berganti menjadi yang lebih besar.

Baca Juga  6 Aplikasi WFH Terbaik yang Bisa Anda Gunakan Saat Ini
Baca Juga  Reksadana Pendapatan Tetap Adalah Pilihan Investasi Anda

Keuntungan Bisnis Budidaya Gurame

Ikan gurame dipilih sebagai ikan yang dibudidayakan karena ikan jenis ini lebih unggul dari pada ikan lainnya, keunggulan tersebut dari harga jual ikannya. Rata-rata harga ikan di pasaran itu termahal hanya 25 ribu saja tetapi kalau ikan gurame ini satu kg harganya bisa sampai 60 kg, itu kalau mentah jika sudah jadi makanan lebih mahal lagi. Makanya sekarang ini banyak sekali yang menekuni Bisnis Budidaya Gurame karena modal dan keuntungan yang diperoleh itu perbandingannya berbeda jauh sekali.